Surah Al-Mu’minu-n [23] Ayat 12–14 tentang Proses Penciptaan Manusia

Surah Al-Mu’minu-n [23] Ayat 12–14 tentang Proses Penciptaan Manusia

وَلَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِن سُلَٰلَةٍۢ مِّن طِينٍۢ
ثُمَّ جَعَلْنَٰهُ نُطْفَةًۭ فِى قَرَارٍۢ مَّكِينٍۢ
ثُمَّ خَلَقْنَا ٱلنُّطْفَةَ عَلَقَةًۭ فَخَلَقْنَا ٱلْعَلَقَةَ مُضْغَةًۭ فَخَلَقْنَا ٱلْمُضْغَةَ عِظَٰمًۭا فَكَسَوْنَا ٱلْعِظَٰمَ لَحْمًۭا ثُمَّ أَنشَأْنَٰهُ خَلْقًا ءَاخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ أَحْسَنُ ٱلْخَٰلِقِينَ

Wa laqad khalaqnal-insa - na min sula - latim min t.i-n(in). S.umma ja'alna – hu nut.fatan fi- qara - rim maki-n(in). S.umma khalaqnan-nut.fata 'alaqatan fa khalaqnal-‘alaqata mudgatan fa khalaqnal-mudgata 'iz.a - man fa kasaunal-'iz. a - ma lah.man s.umma ansya’na - hu khalqan a-khar(a), fa taba-rakalla - hu ah. Sanulkha liqin(a)

Artinya: Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kukuh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik. (Q.S. al-Mu’minu-n [23]: 12–14)

1. Kosakata
وَلَقَدْ خَلَقْنَا : dan sungguh, Kami telah menciptakan
ٱلْإِنسَٰنَ : manusia
سُلَٰلَةٍۢ : saripati
طِينٍۢ : tanah
نُطْفَةًۭ : air mani
قَرَارٍۢ مَّكِينٍۢ : tempat yang kukuh (rahim)
عَلَقَةًۭ : sesuatu yang melekat
مُضْغَةًۭ : segumpal daging
عِظَٰمًۭا : tulang belulang
فَكَسَوْنَا : Kami bungkus
لَحْمًۭا : daging
أَنشَأْنَٰهُ : Kami menjadikannya
خَلْقًا ءَاخَرَ : makhluk yang (berbentuk) lain
فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ : Mahasuci Allah
أَحْسَنُ ٱلْخَٰلِقِينَ : Pencipta yang paling baik

2. Penerapan Ilmu Tajwid
Dalam Surah al-Mu’minu - n [23] ayat 12-14 terdapat beberapa bacaan tajwid. Di antaranya sebagai berikut.
a. Qalqalah S.ugra -
Bacaan qalqalah s.ugra - adalah bacaan memantul ringan saat huruf-huruf qalqalah diberi harakat sukun. Bacaan ini dapat Anda gunakan untuk membaca kata وَلَقَدْ خَلَقْنَا. Dalam kata tersebut terdapat dua huruf qalqalah yang berharakat sukun yaitu huruf qaf dan dal. Kedua huruf tersebut dibaca memantul ringan.
b. Bacaan Lam Jalalah Tafkhi-m
Bacaan ini terjadi pada huruf jalalah atau lafal Allah. Saat lafal Allah didahului oleh huruf berharakat fathah, ia dibaca dengan bacaan tebal seperti kata فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ.

3. Kandungan Surah Al-Mu’minu -n [23] Ayat 12–14



Proses perkembangan janin dalam kandungan diatur oleh Allah Swt.

Terkait dengan Surah al-Mu’minu -n [23] ayat 12–14 ini, Allah Swt. menyatakan suatu proses perkembangan penciptaan anak manusia saat masih berada dalam kandungan. Untuk melengkapi sekaligus membuktikan kebenaran ayat ini secara ilmiah, Anda diajak untuk menelusuri proses perkembangan penciptaan seorang anak manusia berdasarkan ayat Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan terkini.

Tugas ini menjadi tugas kelompok kedua. Temukanlah informasi sedetail mungkin tentang proses penciptaan manusia menurut ilmu pengetahuan sejak awal hingga dilahirkan ke dunia ini sebagai manusia. Selanjutnya, bandingkan dengan informasi yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Susunlah hasil penelusuran dan pembandingan yang Anda lakukan dalam lembar tugas. Selanjutnya, jadikanlah bahan diskusi kelas. Dengan perbaikan seperlunya, kumpulkanlah lembar tugas Anda itu kepada guru untuk dievaluasi.

Selengkapnya tentang Belajar Agama Islam di Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

busana muslim busana muslim Blus terbaru

Komentar Teman-teman

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Tampil di blog ini