Surah Al-Mu’minu-n [23] Ayat 12–14 tentang Proses Penciptaan Manusia

Surah Al-Mu’minu-n [23] Ayat 12–14 tentang Proses Penciptaan Manusia

ูˆَู„َู‚َุฏْ ุฎَู„َู‚ْู†َุง ูฑู„ْุฅِู†ุณَٰู†َ ู…ِู† ุณُู„َٰู„َุฉٍۢ ู…ِّู† ุทِูŠู†ٍۢ
ุซُู…َّ ุฌَุนَู„ْู†َٰู‡ُ ู†ُุทْูَุฉًۭ ูِู‰ ู‚َุฑَุงุฑٍۢ ู…َّูƒِูŠู†ٍۢ
ุซُู…َّ ุฎَู„َู‚ْู†َุง ูฑู„ู†ُّุทْูَุฉَ ุนَู„َู‚َุฉًۭ ูَุฎَู„َู‚ْู†َุง ูฑู„ْุนَู„َู‚َุฉَ ู…ُุถْุบَุฉًۭ ูَุฎَู„َู‚ْู†َุง ูฑู„ْู…ُุถْุบَุฉَ ุนِุธَٰู…ًุۭง ูَูƒَุณَูˆْู†َุง ูฑู„ْุนِุธَٰู…َ ู„َุญْู…ًุۭง ุซُู…َّ ุฃَู†ุดَุฃْู†َٰู‡ُ ุฎَู„ْู‚ًุง ุกَุงุฎَุฑَ ۚ ูَุชَุจَุงุฑَูƒَ ูฑู„ู„َّู‡ُ ุฃَุญْุณَู†ُ ูฑู„ْุฎَٰู„ِู‚ِูŠู†َ

Wa laqad khalaqnal-insa - na min sula - latim min t.i-n(in). S.umma ja'alna – hu nut.fatan fi- qara - rim maki-n(in). S.umma khalaqnan-nut.fata 'alaqatan fa khalaqnal-‘alaqata mudgatan fa khalaqnal-mudgata 'iz.a - man fa kasaunal-'iz. a - ma lah.man s.umma ansya’na - hu khalqan a-khar(a), fa taba-rakalla - hu ah. Sanulkha liqin(a)


Artinya: Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kukuh (rahim). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik. (Q.S. al-Mu’minu-n [23]: 12–14)

1. Kosakata
ูˆَู„َู‚َุฏْ ุฎَู„َู‚ْู†َุง : dan sungguh, Kami telah menciptakan
ูฑู„ْุฅِู†ุณَٰู†َ : manusia
ุณُู„َٰู„َุฉٍۢ : saripati
ุทِูŠู†ٍۢ : tanah
ู†ُุทْูَุฉًۭ : air mani
ู‚َุฑَุงุฑٍۢ ู…َّูƒِูŠู†ٍۢ : tempat yang kukuh (rahim)
ุนَู„َู‚َุฉًۭ : sesuatu yang melekat
ู…ُุถْุบَุฉًۭ : segumpal daging
ุนِุธَٰู…ًุۭง : tulang belulang
ูَูƒَุณَูˆْู†َุง : Kami bungkus
ู„َุญْู…ًุۭง : daging
ุฃَู†ุดَุฃْู†َٰู‡ُ : Kami menjadikannya
ุฎَู„ْู‚ًุง ุกَุงุฎَุฑَ : makhluk yang (berbentuk) lain
ูَุชَุจَุงุฑَูƒَ ูฑู„ู„َّู‡ُ : Mahasuci Allah
ุฃَุญْุณَู†ُ ูฑู„ْุฎَٰู„ِู‚ِูŠู†َ : Pencipta yang paling baik

2. Penerapan Ilmu Tajwid
Dalam Surah al-Mu’minu - n [23] ayat 12-14 terdapat beberapa bacaan tajwid. Di antaranya sebagai berikut.
a. Qalqalah S.ugra -
Bacaan qalqalah s.ugra - adalah bacaan memantul ringan saat huruf-huruf qalqalah diberi harakat sukun. Bacaan ini dapat Anda gunakan untuk membaca kata ูˆَู„َู‚َุฏْ ุฎَู„َู‚ْู†َุง. Dalam kata tersebut terdapat dua huruf qalqalah yang berharakat sukun yaitu huruf qaf dan dal. Kedua huruf tersebut dibaca memantul ringan.
b. Bacaan Lam Jalalah Tafkhi-m
Bacaan ini terjadi pada huruf jalalah atau lafal Allah. Saat lafal Allah didahului oleh huruf berharakat fathah, ia dibaca dengan bacaan tebal seperti kata ูَุชَุจَุงุฑَูƒَ ูฑู„ู„َّู‡ُ.

3. Kandungan Surah Al-Mu’minu -n [23] Ayat 12–14



Proses perkembangan janin dalam kandungan diatur oleh Allah Swt.

Terkait dengan Surah al-Mu’minu -n [23] ayat 12–14 ini, Allah Swt. menyatakan suatu proses perkembangan penciptaan anak manusia saat masih berada dalam kandungan. Untuk melengkapi sekaligus membuktikan kebenaran ayat ini secara ilmiah, Anda diajak untuk menelusuri proses perkembangan penciptaan seorang anak manusia berdasarkan ayat Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan terkini.

Tugas ini menjadi tugas kelompok kedua. Temukanlah informasi sedetail mungkin tentang proses penciptaan manusia menurut ilmu pengetahuan sejak awal hingga dilahirkan ke dunia ini sebagai manusia. Selanjutnya, bandingkan dengan informasi yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Susunlah hasil penelusuran dan pembandingan yang Anda lakukan dalam lembar tugas. Selanjutnya, jadikanlah bahan diskusi kelas. Dengan perbaikan seperlunya, kumpulkanlah lembar tugas Anda itu kepada guru untuk dievaluasi.

Selengkapnya tentang Belajar Agama Islam di Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118