Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Beragama

Berikut ini sebagian jawaban tugas yang telah dibuat oleh Amnan untuk pekerjaan rumahnya kali ini. Amnan yang bersekolah di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Sidoarjo, mendapat hasil jawaban tugas dari internet. Dan ini diposting lagi di salah satu blog yang dikelolahnya. Soal selengkapnya yang telah dibuat oleh Amnan adalah 1. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik; 2. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi 3. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Pertahanan dan Keamanan Negara; 4. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Beragama. Semoga berguna bagi teman-teman semua dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh sekolah. Sehingga lebih mudah dengan mendapatkan jawaban seseuai pertanyaan atau tugas yang diberikan. Langsung kita simak ya.



4. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Beragama

Pasal 29 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berbunyi, ”Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.” Ketentuan pasal tersebut mengandung pengertian adanya jaminan negara atas hak kebebasan penduduk untuk memeluk agama dan dan beribadah menurut agama yang dianutnya.

Kerjasama antarumat beragama dalam berbagai bidang kehidupan dilakukan untuk mewujudkan kerukunan hidup.  Kerjasama antarumat beragama ditandai dengan adanya sikap-sikap sebagai berikut.
  1. Saling menghormati umat seagama dan berbeda agama; 
  2. Saling menghormati lembaga keagamaan yang seagama dan berbeda agama;
  3. Sikap saling menghormati hak dan kewajiban umat beragama. 
Dalam mengembangkan sikap kerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat, setiap warga negara harus menghindari sikap tidak terpuji seperti di bawah ini.
  1. Sikap fanatik sempit, yaitu sifat yang merasa diri sendiri paling benar.
  2. Sikap individualis, yaitu sifat yang lebih mendahulukan kepentingan sendiri.
  3. Sikap eksklusivisme, yaitu sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah.
  4. Sikap primordialisme, yaitu perasaan kesukuan yang berlebihan. 
Kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara akan terwujud apabila setiap anggota masyarakat dapat mengembangkan sikap saling menghormati, saling menghargai antar suku, agama, ras, dan antargolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

busana muslim busana muslim Blus terbaru

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini