KASUS IBU PENDERITA KANKER PAYUDARA untuk diskusi psikologi perawat

KASUS IBU PENDERITA KANKER PAYUDARA

Ada sebuah keluarga yang berbahagia dengan dua anak yang mulai tumbuh menjadi remaja, namun kebahagiaan itu seolah-olah pupus dengan diketahuinya bahwa ibu mereka yang berusia 45 tahun telah divonis dokter menderita penyakit kanker payudara stadium dua. Hari-hari yang ada saat ini hanyalah air mata saja sebab ibu tersebut oleh dokter untuk sementara waktu diharuskan tinggal di rumah sakit dalam proses penyembuhan melalui Kemotherapi, namun usaha ini gagal karena bibit kanker seolah-olah tidak kompromi lagi sehingga hampir saja menjalar ke payudara satunya, sementara alternatif lain adalah pengangkatan salah satu payudaranya agar bibit kanker tidak menjalar ke bagian tubuh lain. Ibu tersebut mengalami dilema yang tak kunjung habis, di pihak satu, ia dapat sembuh namun di pihak lain payudaranya harus diambil. Akhirnya terdapat kesepakatan bersama antara ia, suami dan ke dua anak mereka, yaitu diputuskan untuk mengoperasi payudara ibu tersebut dengan mengangkat salah satu payudaranya, hal ini menimbulkan shock berat pada ibu tersebut.
 Ibu tersebut sebenarnya harus bersyukur karena suaminya memiliki pemahaman yang baik terhadap beliau namun ibu ini cenderung selalu berpikiran negatif terhadap suami dan kedua anaknya, dan timbul rasa cemas, ketakutan untuk menghadapi realita yang ada, karena ia takut ke dua anaknya malu, suaminya berselingkuh atau meninggalkannya.
 
     DISKUSI :
1. Bagaimana anda sebagai seorang perawat jika menghadapi pasien seperti Ibu tersebut, saran apa yang diberikan pada dirinya ?
2. Bagaimana tinjauan dari aspek psiko sosialnya ? Jelaskan
3. Kesimpulan apa yang dapat diambil dari kasus tersebut, ditinjau dari segi psikologisnya ?


SELAMAT BEKERJA DAN SUKSES SELALU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118