Akuisisi

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Salah satu tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham, mengingat di era sekarang persaingan begitu ketat. Untuk itu perusahaan dituntut untuk menemukan terobosan-terobosan baru dibidang manajemen yang dinilai layak dan mempunyai potensi laba yang tinggi, sehingga mampu memperkuat struktur modal serta dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Terobosan manajemen tersebut berupa penggabungan badan usaha antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik sejenis atau tidak yang merupakan perwujudan ekspansi yang bersifat eksternal.

Akuisisi mulai ada setelah pasar modal di Indonesia, dimana BAPEPAM melalui suratno. S-456/PM/1991 tanggal 21 April 1991 telah mengatur perkembangannya. Menurut catatanBapepam, perusahaan yang go publik yang pertama kali melakukan akuisisi adalah PT. Jakarta International Hotel Development, yaitu pada tanggal 25 Agustus 1990. Perusahaan ini mengakuisisi PT. Danareksa Arthatama melalui pembelian sebesar 100% saham perusahaan senilai U$ $650 juta. Akuisisi ini dilakukan oleh masing-masing perusahaan dengan pihak yang sebelumnya tidak mempunyai hubungan bisnis, dengan kata lain transaksi akuisisi dilakukan dengan pihak-pihak yang independent.

Selanjutnya, masih pada tahun 1990, PT. Pan Brothers melakukan akuisisi terhadap empat perusahaan yang semuanya masih berada di dalam satu grup perusahaan, yaitu PT. Pancaprima Eka Brothers, PT. Pancaprima Plaszaindo Textile, PT. Charpen Buana dan PT. Panca Brothers Swakarso. Transaksi akuisisi ini digolongkan sebagai akuisisi internal karena dilakukan terhadap perusahaan yang sebelumnya telah mempunyai hubungan atau berada dalam satu pengendalian.

Lazimnya akuisisi dilakukan oleh perusahaan yang sehat terhadap perusahaan yang sakit dengan motivasi utama dimana kondisi dari perusahaan yang bergabung mempunyai nilai besar dibanding sebelum melakukan akuisisi yang berarti memaksimalkan nilai saham perusahaan.

1.2. Rumusan Masalah

Pemahaman tentang akuisisi merupakan suatu faktor penting, karena pembelian unit tertentu. Pada umumnya berkaitan dengan jalan jumlah uang yang besar dan waktu yang lama, sehingga bagi perusahaan pengambilalihan sebelum memutuskan untuk akuisisi terhadap perusahaan lain terlebih dahulu berusaha memahami secara jelas mengenai prospek perusahaan lain terlebih dahulu berusaha memahami secara jelas mengenai prospek dan susunan yang akan dicapai setelah melakukan akuisisi dengan perusahaan lain.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:

“Adakah perbedaan yang signifikan terhadap kinerja keuangan PT. - sebelum dan sesudah akuisisi ?”

1.3. Tujuan Penelitian

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah:

a. Untuk mengetahui kinerja keuangan PT. - sebelum dan sesudah akuisisi berdasarkan analisa rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio saham.

b. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang bermakna, kinerja keuangan PT. - sebelum dan sesudah akuisisi.

1.4. Manfaat Penelitian

a. Bagi PT. -

Dapat memberikan masukan atau saran serta memberikan informasi mengenai akuisisi dan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan PT. - sesudah melakukan akuisisi.

b. Bagi Penulis

Dapat menambah pengetahuan serta wawasan mengenai akuisisi dan merupakan kesempatan yang baik untuk menerapkan teori yang diperoleh selama kuliah.

c. Bagi Ilmu Pengetahuan

Dapat dijadikan referensi dan tambahan pengetahuan yang bermanfaat oleh penelitian sejenis serta berkesempatan membahasnya lebih mendalam.

1.5. Sistematika Penulisan Skripsi

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini berisikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah yang menjadi inti penulisan, selain itu juga dikemukakan mengenai tujuan penelitian yang ingin dicapai, manfaat yang diharapkan dan sistematika skripsi.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini akan dibahas tentang landasan teori yang berisikan mengenai penjelasan tentang keterkaitan antara problematika yang diajukan dengan teori yang merupakan penjelasan acuan-acuan teori yang relevan dengan metode penelitiannya.

BAB III : ANALISIS

Dalam bab ini dibahas deskripsi hasil penelitian yang berisikan data-data yang diperoleh dari perusahaan yaitu mulai dari sejarah berdirinya perusahaan sampai dengan data-data yang mendukung pembahasan terhadap masalah yang diteliti dan mengenai pembahasan hasil penelitian.

BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini merupakan bab penutup yang berisikan mengenai kesimpulan yang dapat ditarik dari analisis hasil penelitian sehubungan dengan pokok permasalahannya serta saran ataupun usulan demi perbaikan yang berguna bagi perusahaan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini