KEHIDUPAN ANAK KOST

SISTIM SOSIAL DAN BUDAYA SUATU DAERAH YANG BERPENGARUH TERHADAP

1.Latar Belakang

Kehidupan anak kost yang berasal dari daerah lain atau kota lain yang biasa dikatakan dengan anak pendatang, sangat berbeda dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini contohnya bisa kita lihat dari segi sosial, budaya mereka dari asal mereka sendiri dan ekonomi mereka sangatlah jauh berbeda dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini. Sehingga mau tak mau mereka yang berasal dari daerah lain atau kota lain harus bisa menyesuaikan dengan daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini. Tentu saja dengan tidak melupakan sistim sosial dan budaya mereka masing-masing. Karena jika mereka melupakan budaya mereka sendiri, berarti mereka tidak menyenangi budaya daerah mereka sendiri.
Masalahnya yang kita tahu, sampai sekarang ini, makin lama seseorang yang tinggal di daerah lain atau kota lain yang mereka tinggali saat ini. Mereka justru akan melupakan budaya dan sistim sosial mereka sendiri. Contohnya bisa kita lihat dari segi bahasa. Misalnya saja antara bahasa di jawa tengah, dengan bahasa di jawa timur sangatlah jauh berbeda, Karena bahasa orang Jawa Tengah di kenal dengan gaya bahasa yang halus. Sedangkan bahasa orang Jawa Timur dikenal dengan gaya bahasa yang agak-agak kasar. Sehingga apabila ada seorang mahasiswa yang kebetulan berasal dari Jawa Tengah yang sudah terbiasa dengan bahasa yang halus, ketika ia mendengar pembicaraan antara orang Jawa Timur dengan orang Jawa Timur ia akan menganggap bahwa orang itu sedang bertengkar atau dengan anggapan yang lain. Sedangkan anggapan bagi orang Jawa Timur dia akan menganggap pembicaraan itu biasa-biasa saja.

Hal seperti itulah yang kiranya dapat mempengaruhi kehidupan anak kost, mereka akan berfikir jika mereka tidak menyesuaikan cara ataupun sistim sosial dan budaya daerah yang mereka tinggali untuk sekarang ini khususnya daerah Jawa Timur (Surabaya) mereka akan merasa kurang percaya diri. Hal yang dapat menyebabkan kurangnya raya percaya diri yaitu kebanyakan dari orang akan menganggap, orang manakah itu kok logat bahasanya bukan logat Jawa Timur. Dengan adanya anggapan seperti itu akan memacu keinginan mereka untuk menguasai logat bahasa Jawa Timur.

Dengan lamanya seseorang yang tinggal di daerah lain yang bukan merupakan daerahnya sendiri mereka akan cenderung lupa dengan budaya mereka sendiri. Karena jika mereka tinggal lama di daerah lain mereka akan terbiasa dengan sistim sosial dan kebudayaan daerah, yang mereka tinggali untuk sekarang ini.

11. Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan dalam perumusan masalah sebagai berikut :
Benarkah bahwa makin lama mahasiswa yang tinggal di daerah lain yang bukan merupakan daerahnya sendiri mereka cenderung akan melupakan budaya atau sistim sosial mereka sendiri contohnya: dari segi bahasa.


111. Tujuan dan manfaat penelitian

3.1. Tujuan penelitian
Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah benar jika seseorang mahasiswa yang tinggal terlalu lama atau sudah lama tinggal di daerah lain yang mereka tinggali untuk sekarang ini, mereka akan cenderung melupakan budaya dan sistim sosial mereka terutama dalam segi bahasa.

3.2. Manfaat penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan :
Manfaat bagi penulis
Dengan penelitian ini akan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang permasalahan yang terjadi pada kehidupan anak kost.
Manfaat bagi ilmu pengetahuan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan guna mengadakan tindakan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut, khususnya tentang permasalahan yang diteliti.


1V. Tinjauan pustaka Hipotesis

4.1. Tinjauan pustaka


Dari hasil beberapa pertanyaan yang saya ajukan pada beberapa mahasiswa yang tinggalnya kost dan berasal dari daerah-daerah yang berbeda: Jawa Tengah, Madura, Jawa Timur dan yang lainnya.


4.2. Landasan teori

A. Pengertian sistim sosial
Pada dasarnya sistim sosial adalah: susunan sosial masyarakat dalam kesehari-hariannya bisa dalam lingkungan keluarga. Dalam wilayah tertentu, karena tiap wilayah maupun keluarga. Mempunyai gaya hidup yang berbeda-beda, mulai dari kehidupan sehari-harinya.
B. Pengertian budaya
Budaya adalah: ciri khas suatu daerah atau wilayah tertentu yang di miliki daerah itu misalnya saja: kerajinan tangan, atau kerajinan-kerajinan yang lainnya begitu juga dengan bahasa, tari-tarian daerah bisa dikatakan dengan budaya.


Penelitian sebelumnya

Dalam hal ini penelitian di lakukan oleh penulis pada beberapa mahasiswa yang tinggalnya kost. Dan berasal dari daerah atau kota lain, juga dilakukan penelitian pada beberapa mahasiswa yang berasal dari Surabaya. Kebanyakan pendapat dari mereka mengatakan, bahwa mereka cenderung mengikuti gaya bahasa Jawa Timur. Karena jika mereka menggunakan gaya bahasa mereka sendiri, orang lain tidak akan mengerti bahasa mereka, kata seorang mahasiswa yang berasal dari Madura. Begitu juga dengan kata mahasiswa-mahasiswa yang lain, mengatakan hal serupa. Walaupun mereka mengikuti gaya bahasa orang Jawa Timur, khususnya Surabaya, tapi mereka tidak melupakan semua kebudayaan mereka sendiri.

4.3. Hipotesis
Dari latar belakang dan perumusan masalah yang ada maka dapat diambil suatu hipotesa sebagai berikut: bahwa mereka mahasiswa yang tinggal lama di Surabaya cenderung melupakan budaya daerah mereka sendiri khususnya dalam bahasa.


4.4. Metodologi Penelitian

A. Metode pengumpulan data


- Interview
Pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab langsung pada beberapa
mahasiswa yang bukan berasal dari jawa timur dan yang berasal dari Jawa Timur.
observasi
pengumpulan data dengan mengadakan penelitian langsung.
Studi pustaka

Yaitu metode pengumpulan data dengan membaca literatur atau mempelajari berbagai buku terutama tentang teori-teori yang berhubungan dengan permasalahan.

B. Ruang Lingkup Analisis

Ruang lingkup analisis penelitian di adakan di beberapa tempat kost, yang berada di kawasan Nginden 1. gang Nginden tembusan.


C. Pembahasan Masalah

Masalah yang kita pertanyakan disini adalah benarkah bila seseorang yang tinggal di daerah lain yang bukan daerahnya sendiri, mereka cenderung akan melupakan gaya bahasa mereka sendiri. Sedangkan yang kita tahu sampai saat ini kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa mereka cenderung melupakan gaya bahasa mereka sendiri. Alasannya jika mereka menggunakan bahasa asal mereka, kebanyakan dari yang lain tidak akan mengerti arti bahasanya. Yang menonjol dari penelitian ini adalah bahwa mereka cenderung melupakan gaya bahasa daerahnya sendiri.


D. Analisis Data

a. Analisis kualitatif
yaitu: menganalisa data dengan menggunakan pendekatan secara teoritis untuk
mendapatkan kesimpulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini