Hadist Mengenai Pengemis (Peminta-minta)

Mengenai Peminta-minta (Pengemis) Hadist

 "Seseorang senantiasa meminta-minta kepada orang lain sehingga ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya".
Muttafaqun ‘alaihi. HR al-Bukhâri (no. 1474) dan Muslim (no. 1040 (103)).

"Barang siapa meminta-minta kepada orang lain tanpa adanya kebutuhan, maka seolah-olah ia memakan bara api"
ShahĂ®h. HR Ahmad (IV/165), Ibnu Khuzaimah (no. 2446), dan ath-Thabrâni dalam al-Mu’jamul-KabĂ®r (IV/15, no. 3506-3508).

"Minta-minta itu merupakan cakaran, yang seseorang mencakar wajahnya dengannya, kecuali jika seseorang meminta kepada penguasa, atau atas suatu hal atau perkara yang sangat perlu"
ShahĂ®h. At-Tirmidzi (no. 681), Abu Dawud (no. 1639), an-Nasâ`i (V/100) dan dalam as-Sunanul-Kubra (no. 2392), Ahmad (V/10, 19), Ibnu Hibbân (no. 3377 –at-Ta’lĂ®qâtul Hisân), ath-Thabrâni dalam al-Mu’jamul KabĂ®r (VII/182-183, no. 6766-6772), dan Abu Nu’aim dalam Hilyatul-Auliyâ` (VII/418, no. 11076).

"Wahai Hakiim! Sesungguhnya harta itu indah dan manis. Barang siapa mengambilnya dengan berlapang hati, maka akan diberikan berkah padanya. Barang siapa mengambilnya dengan kerakusan (mengharap-harap harta), maka Allah tidak memberikan berkah kepadanya, dan perumpamaannya (orang yang meminta dengan mengharap-harap) bagaikan orang yang makan, tetapi ia tidak kenyang (karena tidak ada berkah padanya). Tangan yang di atas (yang memberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (yang meminta)".
Shahîh. Al-Bukhâri (no. 1472), Muslim (no. 1035), dan lainnya.

“Wahai Qabiishah! Sesungguhnya meminta-minta itu tidak halal, kecuali bagi salah satu dari tiga orang: (1) seseorang yang menanggung hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, kemudian berhenti, (2) seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan (3) seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan, ‘Si fulan telah ditimpa kesengsaraan hidup,’ ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup. Meminta-minta selain untuk ketiga hal itu, wahai Qabishah! Adalah haram, dan orang yang memakannya adalah memakan yang haram”.
ShahĂ®h. HR Muslim (no. 1044), Abu Dâwud (no. 1640), Ahmad (III/477, V/60), an-Nasâ`i (V/89-90), ad-Dârimi (I/396), Ibnu Khuzaimah (no. 2359, 2360, 2361, 2375), Ibnu Hibbân (no. 3280, 3386, 3387 –at-Ta’lĂ®qtul-Hisân)

"Sungguh, seseorang dari kalian mengambil talinya lalu membawa seikat kayu bakar di atas punggungnya, kemudian ia menjualnya sehingga dengannya Allah menjaga wajahnya (kehormatannya), itu lebih baik baginya daripada ia meminta-minta kepada orang lain, mereka memberinya atau tidak memberinya".
Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 1471, 2075).

"Barang siapa yang ditimpa suatu kesulitan lalu ia mengadukannya kepada manusia, maka tidak akan tertutup kefakirannya. Dan barangsiapa yang mengadukan kesulitannya itu kepada Allah, maka Allah akan memberikannya salah satu diantara dua kecukupan: kematian yang cepat atau kecukupan yang cepat".
Shahîh. HR Ahmad (I/389, 407, 442), Abu Dâwud (no. 1645), at-Tirmidzi (no. 2326), dan al-Hâkim (I/408).

"Sungguh beruntung orang yang masuk Islam, diberikan rizki yang cukup, dan dia merasa puas dengan apa yang Allah berikan kepadanya".
Shahîh. HR Muslim (no. 1054) dan lainnya

"Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia"


Abd Hkim 
Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia. diwujudkan dalam sikap mental dan tingkah laku serta amal perbuatan sikap mental. Sikap mental dan tingkah laku mempunyai ciri khas, ar tinya dapat dibedakan dengan Bangsa lain. Ciri Khas inilah yang dimaksud dengan kepribadian. Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan adanya Bangsa Indonesia. Jadi Pancasila lahir dari jiwa kepribadian bangsa Indonesia yang terkristalisasi nilai-nilai yang dimilikinya.pancasila sebagai Pandangan hidup Bangsa Indonesia Pancasila sebagai Pandangan Hidup bangsa atau Way of Life mengandung makna bahwa semua aktifitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila daipada Pancasila, karena Pancasila juga merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki dan bersumber dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai yang dimiliki dan bersumber dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Artinya Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk hidup sehari-hari dan juga merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisah antara satu dengan yang lain.
Norma - norma yang terkandung dalam pancasila :

Norma Kesusilaan, yaitu norma tentang perilaku yang bersumber dari hati nurani kita agar kita dapat menghindari perbuatan tercela dan menjunjung tinggi perbuatan terpuji. Norma Kesopanan, yaitu norma yang menuntun kita sejak dini agar berperilaku sopan atau ramah terhadap orang orang di lingkungan kita. Contohnya adalah Menghormati orang yang lebih tua.
Norma Agama, yaitu norma yang berasal dari Tuhan yang disampaikan melalui Rasul-Nya yang berisi perintah atau larangan arangan. Pelanggar dari norma agama ini tidak mendapatkan sanksi secara langsung yang artinya pelanggar akan diberikan sanksi ketika di akhirat seperti siksaan api neraka.
Norma Hukum, yaitu norma dari pemerintah atau lembaga embaga pemerintahan yang bersifat tegas dan memaksa supaya kita dapat mengikuti aturan aturan yang sudah tertata di dalamnya. Pelanggar dari norma hukum ini akan mendapatkan sanksi yang tegas seperti dipenjara, dan hukuman mati

Jadi kelas kandungan dan isi dlam pancasila


Abd Hkim 
Istilah “Pancasila” pertama kali dapat ditemukan dalam buku Sutasoma karangan Mpu Tantular yang ditulis pada Zaman Majapahit (Abad 14). Dalam buku tersebut, istilah Pancasila diartikan sebagai lima perintah kesusilaan (Pancasila Krama), yang berisi lima larangan sebagai berikut:
a. Melakukan kekerasan
b. Mencuri
c. Berjiwa dengki
d. Berbohong
e. Mabuk akibat minuman keras

Selanjutnya istilah “sila” itu sendiri dapat diartikan sebagai aturan yang melatar belakangi perilaku seseorang atau bangsa; kelakuan atau perbuatan menurut ada; dasar; adab; akhlak; dan moral .

Maka jelas klau kita pahami dan telaah kandungan isi dari filsafat pancasila .jelas pancasila berisi perintah dan larangan dalam bermasyarakat ,berbansa dan ber negara.

1. KETUHANAN YANG MAHA ESA

klu.kita sudah bicara KETUHANAN YANG MAHA ESA berarti kita ngomong agama .dan agama mengatur perilaku kita sehari hari .




Makna sila ini adalah: * Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. * Saling mencintai sesama manusia. *Mengembangkan sikap tenggang rasa. * idak semena-mena terhadap orang lain. * Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. * Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. * Berani membela kebenaran dan keadilan. * Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari masyarakat Dunia Internasional dan dengan itu harus mengembangkan sikap saling hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

Selengkapnya di https://gresiksuara.blogspot.com/2013/08/pancasila-sebagai-kepribadian-bangsa.html

 

Manfaat Belimbing Wuluh, Daun Sirih, dan Pandan

Tersedia daun pisang (biasanya untuk bungkus makanan)

Gratis
Syarat : maksimal tiga daun, Ambil sendiri

Jl. Awikoen Madya no 5, Gresik (0878 525 808 85)

(Tersedia juga daun sirih, daun pandan, serai, blimbong wuluh : semua gratis, syarat secukupnya)
   


Historiyono Kusdaryanto 
wah enak gae mbothok, semakin langkah di gresik kota, ambil ah......


Afandi Kusuma 
tinggalane Eyang (almarhum) sayang tidak ada yang memanfaatkan daunnya, jadi kering.


Afandi Kusuma
Foto Afandi Kusuma.


Zulfikar Baharudin Fikar
Foto Zulfikar Baharudin Fikar.


Afandi Kusuma 
apa itu Zulfikar yang akan dibudidayakan di Gresik ?


Zulfikar Baharudin Fikar 
bibit2 apotik hidup yg sudah meredup di kota pudak ini dan itu adanya dihutan larangan ,,,


Afandi Kusuma 
aku ada tempat untuk menanam, senang sekali aku kalau bisa ikut membudidayakannya. dan nanti kalau bisa tumbuh dan berkembang, bisa dibagikan kepada yang membutuhkan.


Afandi Kusuma
Foto Afandi Kusuma.


Historiyono Kusdaryanto 
sirih antibiotik alami, bisa nyembuhkan sakit mata, radang tenggorokan, bagi kaum hawa, bisa tuk obat tolak selingkuh


Afandi Kusuma 
tapi tidak bisa tolak nambah lagi Pak Historiyono 


Historiyono Kusdaryanto 
itu yg diharapkan


Afandi Kusuma 
hehehe

Edy Prianto 
Kalo mau buat manisan blimbing wuluh di sekarkurung juga siap banyak kalo mau ambil


Afandi Kusuma
Foto Afandi Kusuma.


Muhammad Samsul 
Mas Afandi, mas edy Priayanto semua bisa Biji bijian bisa dipetik jug daun pisang bisa dipapas, kalau sudah banyak telepon aku, tak bawakan pick up, tak jadikan duwet, enak kan ?


Historiyono Kusdaryanto 
Manfaat belimbing wuluh – Belimbing wuluh adalah termasuk jenis buah-buahan yang sangat bagus untuk kesehatan, khasiat belimbing wuluh diyakini mampu untuk mengobati berbagi jenis penyakit yang sedang kita derita.
Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita, yaitu :

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah untuk mengobati batuk. caranya adalah

Taman Wisata Giri Wana Tirta (Telaga Ngipik)

Giri wana Tirta yang lebih popular dengan nama Telaga Ngipik merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola apik oleh PT Swabina Gatra, salah satu Grup dari PT Petrokimia Gresik sejak tahun 2002 silam. Nama giri wana Tirta diadopsi dari karakteristik lokasi telaga Ngipik.

Taman Wisata Giri Wana Tirta, tapi orang Gresik pada umumnya mengenal tempat tersebut dengan "Telogo Ngipik". karena memang lokasinya masuk dalam wilayah kelurahan Ngipik, kecamatan Gresik kota, tepatnya di sebelah utara pintu masuk KAWASAN INDUSTRI GRESIK (K.I.G). berada di Jl.Tri Dharma yang berjarak hanya sekitar 300 meter dari PT.PETROKIMIA GRESIK.

Dulunya Telaga Ngipik adalah bekas penambangan tanah sebagai bahan baku membuat semen oleh PT. SEMEN GRESIK, karena tiap hari dikeruk akhirnya lahan itu menjadi sebuah kubangan besar yang luasnya mencapai puluhan hektar, lalu kemudian terisi air hujan hingga akhirnya jadilah sebuah telaga.

BACA SELENGKAPNYA ]
1 komentar 

SURAT 64. AT TAGHAABUN (Hari ditampakkan kesalahan-kesalahan)

.Surat ini terdiri atas 18 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah dan diturunkan sesudah surat At Tahrim.
Nama At Taghaabun, diambil dan kata “at taghaabun” yang terdapat pada ayat ke 9 yang artinya: hari dinampakkan kesalahan-kesalahan


Pokok-pokok isinya:
Keimanan:
Seluruh isi alam bertasbih kepada Allah s.w.t., penjelasan tentang kekuasaan Allah s.w.t. serta keluasan ilmuNya; penegasan bahwa semua yang terjadi dalam alam ini adalah atas izin Allah.

Hukum-hukum:
Perintah ta’at kepada Allah dan Rasul; perintah supaya bertakwa dan menafkahkan harta.

Dan lain.lain:
Peringatan kepada orang-orang kafir tentang nasib orang-orang dahulu yang mendurhakai Rasul-rasul; di antara isteri-isteri dan anak-anak seorang ada yang menjadi musuh baginya; harta dan anak-anak adalah cobaan dan ujian bagi manusia.

.Pada surat At Taghaabun Allah memberi peringatan kepada kaum musyrikin tentang azab yang ditimpakan kepada umat-umat sebelumnya dan memberi hiburan kepada Nabi bahwa keingkaran orang-orang kafir itu tidak akan mendatangkan mudarat kepadanya.

HUBUNGAN SURAT AT TAGHAABUN DENGAN SURAT ATH THALAAQ.
Dalam surat At Taghaabun diterangkan bahwa di antara isteri-isteri dan anak-anak ada yang menjadi musuh, dan permusuhan antara suami dan isteri mungkin membawa kepada perceraian (talaq), maka dalam surat Ath Thalaaq diterangkan hukum-hukum talak cara ringkas.
3 komentar 


[ BACA SELENGKAPNYA ]

Kapan Hari Jadi Kota Gresik?

Pada akhir tahap pembahasan, maka anggota Pansus yang terdiri dari 17 orang memberikan keputusan, antara lain, 3 anggota memilih Prasasti Karang Bogem, 7 anggota memilih penobatan Sunan Giri sebagai Raja Giri, 1 anggota memilih awal kedatangan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, 3 anggota abstain, dan 3 anggota tidak hadir. Berdasarkan hasil itulah maka dikeluarkan Surat Keputusan DPRD Tingkat II GresikNomor KPTS/30/DPRD II/1991, tanggal 1 Agustus 1991, tentang hasil keputusan rapat penentuan Hari Jadi Kota Gresik tanggal 9 Maret 1487 M (12 Rabiul Awal 894 M).

Sebagai tindak lanjutnya, maka Bupati Kepala Daerah Tingkat II Gresik mengeluarkan Surat Keputusan tanggal 2 November 1991 Nomor 248 tahun 1991 tentang penetapan Hari Jadi Kota Gresik tanggal 9 Maret 1487 M dan diumumkan dalam lembaran Daerah Kabupaten Gresik. (Soekarman, 2003)
Walaupun Hari Jadi Kota Gresik merupakan keputusan politik, namun ketika penobatan Sunan Girisebagai raja, Giri/Gresik secara teoritis sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah kota sebagaimana yang dikemukakan oleh Max Weber dan Cooling Wood, antara lain:....

SURAT 63. AL MUNAAFIQUUN (Orang-orang Munafik)

Surat ini terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat Al Hajj. Surat ini dinamai Al Munaafiquun yang artinya orang-orang munafiq, karena surat ini mengungkapkan sifat-sifat orangorang munafiq.

Pokok-pokok Lainnya:
Keterangan tentang orang-orang munafiq dan sifat-sifat mereka yang buruk diantaranya ialah pendusta, suka bersumpah palsu, sombong, kikir dan tidak menepati janji, peringatan kepada orang-orang mu'min supaya harta benda dan anak-anaknya tidak melalalkan mereka, inyaf kepada Allah dan anjuran supaya menafkahkan sebagian rezki yang diperoleh.

.Surat Al Munaafiquun menerangkan sifat-sifat orang munafiq dan mengandung anjuran untuk berkorban dengan harta benda.

HUBUNGAN SURAT AL MUNAAFIQUUN DENGAN SURAT AT TAGHAABUNI
1. Dalam surat Al Munaafiquun diterangkan sifat-sifat orang munafiq sedang pada surat At Taghaabun diterangkan sifat-sifat orang kafir.
2. Dalam surat Al Munaafiquun Allah memperingatkan bahwa harta benda dan anak-anak jangan sampai melalaikan seseorang dan mengingat Allah dan path surat At Taghaabun ditegaskan bahwa harta benda dan anak-anak itu adalah cobaan dan ujian bagi keimanan seseorang.
3. Kedua surat ini sama-sama mengajak agar menafkahkan harta untuk menegakkan agama Allah.
3 komentar 

[ BACA SELENGKAPNYA ]

Sekilas tentang Gresik, Lambang, dan Moto

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur.
Kabupaten Gresik beribukota di Kecamatan Gresik.
Luas wilayah Kabupaten Gresik yaitu sekitar 1.191,25km²
Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa.
Kode area telepon untuk wilayah Kabupaten Gresik yaitu +62 31 atau 031.
Wilayah Kabupaten Gresik dibagi menjadi 18 kecamatan.


Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik yaitu:

Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto
Sebelah timur berbatasan dengan Selat Madura
Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Lamongan

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Beberapa industri di Gresik antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri perkayuan/ Plywood dan Maspion.

Beberapa makanan khas dari Kabupaten Gresik yaitu nasi krawu, otak-otak bandeng, Bonggolan, pudak, Jubung, ayas, ubus, Gajih pinggir, dan Bontosan Giri.

Beberapa kawasan wisata yang ada di Kabupaten Gresik antara lain :
Makam Maulana Malik Ibrahim (di Gapuro),
Makam Sunan Giri (di desa Giri),
Makam Sunan Prapen (Cucu Sunan Giri) di desa Klangonan,
Makam Fatimah binti Maimun,
Makam Kanjeng Sepuh dan Petilasan sunan kalijaga di Kawasan Gunung Surowiti kecamatan Panceng
Pulau Bawean
Muara Bengawan Solo

Arti Lambang Kabupaten Gresik

Google Emoticon List, Yahoo, Facebook (untuk membuat komentar)

Berikut beberapa Emoticon / Icon / Smile yang biasa digunakan di percakapan google, yahoo atau facebook.

                                                   



Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118