SURAT 64. AT TAGHAABUN (Hari ditampakkan kesalahan-kesalahan)

.Surat ini terdiri atas 18 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah dan diturunkan sesudah surat At Tahrim.
Nama At Taghaabun, diambil dan kata “at taghaabun” yang terdapat pada ayat ke 9 yang artinya: hari dinampakkan kesalahan-kesalahan


Pokok-pokok isinya:
Keimanan:
Seluruh isi alam bertasbih kepada Allah s.w.t., penjelasan tentang kekuasaan Allah s.w.t. serta keluasan ilmuNya; penegasan bahwa semua yang terjadi dalam alam ini adalah atas izin Allah.

Hukum-hukum:
Perintah ta’at kepada Allah dan Rasul; perintah supaya bertakwa dan menafkahkan harta.

Dan lain.lain:
Peringatan kepada orang-orang kafir tentang nasib orang-orang dahulu yang mendurhakai Rasul-rasul; di antara isteri-isteri dan anak-anak seorang ada yang menjadi musuh baginya; harta dan anak-anak adalah cobaan dan ujian bagi manusia.

.Pada surat At Taghaabun Allah memberi peringatan kepada kaum musyrikin tentang azab yang ditimpakan kepada umat-umat sebelumnya dan memberi hiburan kepada Nabi bahwa keingkaran orang-orang kafir itu tidak akan mendatangkan mudarat kepadanya.

HUBUNGAN SURAT AT TAGHAABUN DENGAN SURAT ATH THALAAQ.
Dalam surat At Taghaabun diterangkan bahwa di antara isteri-isteri dan anak-anak ada yang menjadi musuh, dan permusuhan antara suami dan isteri mungkin membawa kepada perceraian (talaq), maka dalam surat Ath Thalaaq diterangkan hukum-hukum talak cara ringkas.
3 komentar 


[ BACA SELENGKAPNYA ]

1 komentar:











.





.

.














Tampil di blog ini