Jenis Konstruksi Sambungan pada Struktur Baja

Penggunaan Konstruksi Baja : Dasar Perencanaan Struktur Baja 

Batang Tarik | Batang Tekan | Batang Lentur | Kombinasi Lentur dan Gaya Aksial Gelagar Plat

...
Jenis Konstruksi Sambungan pada Struktur Baja

Jenis konstruksi sambungan pada struktur baja dapat dikategorikan sebagai berikut:

1.  Sambungan Portal Kaku:  Sambungan ini memiliki kontinuitas penuh, di mana sudut pertemuan antara batang-batang tidak berubah secara signifikan. Pengekangan rotasi sekitar 90% atau lebih diperlukan. Sambungan ini sering digunakan dalam metode perancangan plastis.

2.  Sambungan Kerangka Sederhana:  Sambungan ini memiliki pengekangan rotasi pada ujung batang sekecil mungkin. Suatu kerangka dianggap sederhana jika sudut awal antara batang-batang yang berpotongan dapat berubah sampai 80% dari besarnya perubahan teoritis yang diperoleh dengan menggunakan sambungan sendi tanpa gesekan.

3.  Sambungan Kerangka Semi Kaku:  Sambungan ini memiliki pengekangan antara 20-90% dari yang diperlukan untuk mencegah perubahan sudut. Dalam jenis sambungan ini, ada sebagian pengekangan rotasi, namun masih memungkinkan adanya perubahan sudut yang signifikan.
Sambungan balok sederhana 

Sambungan balok sederhana

Sambungan balok sederhana umumnya digunakan untuk menghubungkan satu balok dengan balok lain atau dengan sayap kolom. Ada beberapa jenis sambungan balok sederhana yang umumnya digunakan, baik yang dilas maupun yang dibaut, seperti yang terlihat pada gambar. Pada gambar a, sambungan menggunakan 5 lubang baut yang ditunjukkan dengan lingkaran lubang baut berwarna hitam. Sementara itu, pada gambar b, terdapat sambungan dengan badan balok yang memiliki lubang baut yang dikerjakan di bengkel, ditandai dengan lingkaran tanpa blok. Sambungan juga dapat dilakukan dengan penggunaan siku penyambung yang dilas, seperti yang terlihat pada gambar c dan d.

Dalam praktek konstruksi modern, sambungan yang dibuat di bengkel umumnya menggunakan teknik pengelasan, sedangkan sambungan yang dilakukan di lapangan bisa menggunakan baut atau pengelasan. Ketika dua balok disambungkan sehingga sayap balok berada pada tingkat yang sama, sayap balok perlu dipotong atau ditori. Meskipun kehilangan sebagian sayap, ini tidak signifikan mengurangi kekuatan geser, karena bagian sayap hanya memikul gaya geser yang kecil.

Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118