Penganalisa Spektrum tersapu Analisa Ranah Frekuensi Tradisional

 PENGANALISA SPEKTRUM

Jenis-jenis Penganalisa Spektrum

Penganalisa Spektrum tersapu Analisa Ranah Frekuensi Tradisional

Pengaturan sapuan, penganalisa spektrum superheterodin merupakan arsitektur tradisional yang pertama kali memungkinkan seorang insinyur membuat pengukuran ranah frekuensi beberapa dekade yang lalu.

Aslinya dibangun dengan komponen analog murni, sapuan SA telah dikaitkan dengan aplikasi layanan. Generasi SA sapuan meliputi unsur-unsur digital seperti ADCS, DSPS, dan mikro prosesor. Sapuan SA sebanding pengukuran frekuensi dengan pengubah sinyal turun dari sapuan melalui filter bandwidth resolusi bandpass (RBW). Filter RBW diikuti dengan detektor yang menghitung amplitudo setiap titik frekuensi dalam cakupan yang dipilih.

Sementara metoda ini dapat memberikan cakupan dinamis tinggi, kelemahannya yaitu hanya dapat menghitung data amplitudo untuk satu frekuensi pada satu waktu. Penyapuan penganalisis melebihi cakupan frekuensi yang diambil pada saat kasus kedua. Pendekatan ini didasarkan pada asumsi bahwa penganalisa dapat melengkapi beberapa sapuan tanpa perubahan yang signifikan dari sinyal yang sedang diukur. Akibatnya, relatip stabil tidak membutuhkan perubahan sinyal yang diukur.

Jika terdapat perubahan sinyal yang sangat cepat, secara statistik ini memungkinkan perubahan akan lepas dari pengamatan. Sebagaimana ditunjukkan dalam gambar Arsitektur tipikal penganalisa spektrum sapuan. sapuan dilihat pada unsur frekuensi Fa sementara spektrum sesaat terjadi pada Fb (diagram di sebelah kiri). Dengan waktu sapuan mencapai unsur Fb, peristiwa telah lenyap dan tidak dapat dideteksi ( diagram bagian kanan). SA tidak memberikan cara memicu pada sinyal transien, maupun dapat menyimpan rekaman keseluruhan perilaku sinyal, dari waktu ke waktu.


Gambar Arsitektur tipikal penganalisa spektrum sapuan


Gambar Arsitektur tipikal penganalisa spektrum sapuan melukiskan arsitektur SA modern tersapu. Melengkapi resolusi luas bidang analog yang luas ( RBW) menyaring sinyal dengan teknik digital untuk menggantikan saringan yang lebih sempit. Penyaringan, pencampuran, dan penguatan terutama pada ADC merupakan pemroses analog untuk cakupan lebar band BW1, BW2, BW3. Bila pemfilteran lebih sempit dari BW3 diperlukan, diaplikasikan dengan pemroses sinyal digital (DPS) dalam langkah-langkah pengubah analog ke digital.

Pekerjaan ADC dan DPS agak lebih menuntut, non linieritas dan tantangan noise dalam area ADC meskipun beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi murni dibatasi penganalisa spektrum analog.


Selengkapnya tentang ALAT UKUR DAN TEKNIK PENGUKURAN

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.


Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118


Keuntungan Property Syariah

 + Lokasi Strategis+ Lokasi yang dekat dengan pusat perekonomian, pendidikan, perkantoran dan memiliki nilai investasi yang terus tumbuh. + ...