wanita yang berusaha melepaskan dirinya dari suaminya

ISTERI DURHAKA

Oleh : Abu Fadhel Majalengka

Wanita di zaman salaf terdahulu begitu memuliakan dan menghormati suaminya. Kedudukan suami bagi mereka begitu agung dan sangat terhormat, tidak sebagaimana sebagian wanita di zaman kini yang banyak durhaka kepada suaminya. Banyak membantah, membentak, melawan, memarahi dan ada juga yang berani memukul suaminya. Bahkan memboikot dan mengancam meminta cerai tanpa alasan yang dibenarkan syariat.

Wanita seperti ini digolongkan sebagai wanita munafik dan tidak diterima atau sedikit pahala shalatnya serta tidak akan mencium baunya surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمُنْتَزِعَاتُ وَالْمُخْتَلِعَاتُ هُنَّ الْمُنَافِقَاتُ

“Para wanita yang berusaha melepaskan dirinya dari suaminya, yang suka khulu’ (gugat cerai) dari suaminya, mereka itulah para wanita munafiq.” (HR. Nasa’i. Berkata Syeikh Al-Albani : Hadits Shahih).

Berkata Al-Munawi rahimahullah

نفاقاً عملياً والمراد الزجر والتهويل فيكره للمرأة طلب الطلاق بلا عذر شرعي

‘Munafiq amali (munafiq kecil). Maksudnya adalah sebagai larangan keras dan ancaman. Karena itu, sangat dibenci bagi wanita meminta cerai tanpa alasan yang dibenarkan secara syariat.’ (At-Taisiir bi Syarh al-Jaami’ as-Shogiir, 1:607).

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

اثْنَانِ لا تُجَاوِز صَلاتُهُمَا رُءُوسَهُمَا عَبْدٌ آبِقٌ مِنْ مَوَالِيهِ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ وَامْرَأَةٌ عَصَتْ زَوْجَهَا حَتَّى تَرْجِعَ

“Ada dua orang yang shalatnya tidak melampaui kepalanya; seorang budak yang lari dari tuannya sampai ia kembali dan seorang wanita yang tidak taat kepada suaminya sampai ia bertaubat (kembali taat).” [HR. Ath-Thabrani. Berkata Syeikh Al Albani : Hadits Shahih).

Berkata Al-Munawi rahimahullah :

ولا يلزم من عدم القبول عدم الصحة فالصلاة صحيحة لا يجب قضاؤها لكن ثوابها قليل أو لا ثواب فيها أما لو أبق لعذر كخوف قتل أو فعل فاحشة أو تكليفه على الدوام ما لا يطيقه أو عصت المرأة بمعصية كوطئه في دبرها أو حيضها فثواب صلاتهما بحاله ولا طاعة لمخلوق في معصية الخالق


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118