PENDAHULUAN

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Proyek
Perekonomian di Sidoarjo belakangan ini terus berkembang seiring dengan berkembangnya perekonomian kota-kota lain di Indonesia. Dengan letaknya yang strategis, wilayah Sidoarjo memiliki banyak potensi dalam hal perekonomian khususnya perdagangan. Hal ini merupakan salah satu pemicu para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya di seluruh wilayah Sidoarjo. Guna mendukung hal tersebut maka banyak sekali dibangun rumah-toko (ruko) dan rumah-kantor (rukan). Jenis bangunan yang sekarang sedang banyak dikembangkan sebagai tempat usaha sekaligus sebagai tempat tinggal.
Pembangunan Ruko dan Rukan Palm Royal yang terletak di Jalan Raden Patah Sidoarjo adalah salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi penting lahan perkotaan. Sehingga lahan di sini yang dulunya kurang produktif diharapkan sekarang dapat hidup dan berfungsi dengan baik untuk memberikan citra tersendiri bagi kawasan ini.
Selain itu, dengan adanya bangunan ini, masyarakat dapat menggunakannya sebagai tempat mengembangkan usahanya. Baik itu usaha perdagangan, jasa maupun usaha produksi. Dengan adanya usaha baru itu maka penyerapan tenaga kerja akan meningkat dan masyarakat umum dapat lebih dekat memanfaatkan pelayanan yang ditawarkan itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
1.2. Tujuan dan Sasaran
1.2.1. Tujuan
1) Ruko ini dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan perluasan/pengembangan usahanya, baik di bidang perdagangan maupun jasa dan produksi.
2) Dibangun untuk tujuan peningkatan fungsi lahan perkotaan sehingga lahan proyek yang dulunya kurang bermanfaat, sekarang ini dapat berguna lebih optimal. Sehingga dapat memenuhi target yang diinginkan oleh pemilik proyek.
3) Menyediakan tempat pelayanan jasa dan perdagangan, sehingga masyarakat umum dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan lebih mudah dan lebih dekat.
1.2.2. Sasaran
Ditujukan untuk para pelaku bisnis (pengusaha) segala tingkatan untuk pengembangan/perluasan usahanya dibidang perdagangan, jasa, dan produksi, untuk melayani masyarakat kota Sidoarjo dan sekitarnya.
1.3. Batasan Proyek
Sesuai dengan tujuan dan sasaran dalam latar belakang, proyek ini hanya membangun rumah-toko dan rumah-kantor yang dapat difungsikan oleh para pembeli atau penyewa untuk berbagai bidang usahanya, sekaligus sebagai tempat tinggal.
1.4. Sistematika Pembahasan
Pembahasan laporan Kerja Praktek di Ruko dan Rukan Palm Royal disusun dalam bab-bab pembahasan, sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Bab ini berisi tentang uraian umum proyek yang meliputi latar belakang proyek, tujuan dan sasaran, batasan, dan sistematika pembahasan.
Bab II Tinjauan Umum
Berisi tentang uraian umum konsultan perencana dan konsultan pengawas yang meliputi syarat, tugas dan kewajiban, tata kerja, dan cara konsultan perencana mendapatkan proyek, kerangka acuan kerja, pihak-pihak yang terlibat dalam pekerjaannya, penyusunan RKS, dan peran dan tugas mahasiswa dalam proyek.
Bab III Tinjauan Khusus
Berisi tentang uraian konsultan perencana dan konsultan pengawas, tempat melakukan kerja praktek dan membahas tentang data-data umum proyek, cara mendapatkan proyek, dan data-data proyek.
Bab IV Data dan Analisa Aspek-Aspek Perancangan Dalam Proyek
Berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perancangan dan perencanaan sebuah bangunan sehingga tercapai tujuan dan fungsi yang diinginkan. Meiputi pemilihan desain, pembahasan aspek fungsional dan non-fungsional, jaringan infrastruktur, area parkir dan fasilitas umum, analisa struktur dan pemilihan struktur.
Bab V Mekanisme Pelaksanaan Proyek
Bab ini menjelaskan tentang tata kerja praktek konsultan perencana dan konsultan pengawas dalam menjalankan batas pokoknya, khususnya terhadap proyek tempat kerja praktek. Tata kerja yang dijelaskan adalah hal-hal yang menjadi hasil dari pengamatan selama melaksanakan kerja praktek. Tata kerja yang dijelaskan adalah perbandingan terhadap tinjauan proyek yang sesungguhnya. Mekanisme pelaksanaan proyek yang dibahas meliputi aspek administrasi maupun pelaksanaan lapangan. Penjelesan tersebut meliputi pemberian gambar bestek, RAB, dan RKS, pengawasan teknik dan administrasi proyek, serta pembuatan gambar bangunan terlaksana (ass. build drawing).
Bab VI Kesimpulan Dan Saran
Berisi tentang kesimpulan dan saran mengenai proses perencanaan dan pengawasan proyek terutama adanya temuan dan masukan di tempat kerja praktek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar











.





.

.














Tampil di blog ini