Delapan Elemen Fisik Pembentuk Kota

Edge berarti pinggir, tepi, tebing atau batas. Dalam konteks ini adalah batas tegas dari district yang kita pilih, yaitu garis yang memisahkan antara bagian wilayah ini dengan bagian wilayah disekitarnya, sehingga secara tegas dan jelas kita dapat melihat batas dan luasan distrik.
Dengan adanya elemen edge, citra kota terbentuk. Bahwa suatu kota terkotak-kotak, atau terbagi-bagi dengan batas-batas yang dapat kita saksikan secara jelas dan tegas. Dari tiap-tiap batas itu, terbentuk berbagai wilayah yang memberikan ciri masing-masing, sehingga kota semakin semarak dan lebih menarik untuk di saksikan.

Luas district ‘FOOD CITY’ = 95 m x 125 m = 11.875 m2
William D. Powel, program "Ahli Bahasa", PT Atlantis Programma Prima, 1998.
Dhanny R. Cyssco dan Dr. Jack Dawson, World Dictionary: English-Indonesian/Indonesian-English, 1999, Jakarta: PT. Pustaka Delapratasa.


Pathway berarti jalan kecil atau jalur sirkulasi. Dalam masalah ini berarti jalur sirkulasi atau rute yang digunakan untuk pergerakan, baik itu kendaraan, barang, atau orang.
Sirkulasi atau lalu lintas merupakan salah satu jenis aktivitas terpenting dalam suatu ruang atau kawasan. Hampir tidak ada kegiatan manusia yang tidak memerlukan adanya pergerakan, perpindahan atau lalu lintas. Perpindahan itu dapat dilakukan dengan kendaraan (dengan berbagai jenis kendaraan: bermotor, tidak bermotor, roda dua, roda empat dll), atau berjalan kaki. Demikian juga dengan pathway di district ini, ada jalur pejalan kaki, ada juga jalur kendaraan bermotor. Dan secara baik jalur-jalur itu dipisahkan dan ditata sehingga tidak saling mengganggu, dan saling mendukung adanya citra kawasan ini yang sangat berperan dalam memberikan citra pada district yang lebih luas.

Node berarti pusat aktivitas atau titik pertemuan berbagai kegiatan. Dalam hal ini berarti pusat aktivitas yang dapat dijadikan sebagai ciri suatu kawasan karena aktivitas tersebut dapat kita saksikan dari luar.
Citra kota banyak terbentuk dari elemen ini. Keramaian, memang sudah menjadi ciri umum dari suatu kota, termasuk masing-masing kawasannya. Aktivitas yang menonjol hingga tampak dari luar atau batas district memberikan citra khusus pada kawasan itu, yang berdampak pada citra kota secara keseluruhan.

Landmark berarti kejadian atau sesuatu yang penting, sesuatu yang mudah dilihat atau dikenal, atau hal yang menonjol. Dalam pembahasan ini, berarti bentuk visual yang menonjol atau lain dari pada yang lain dan atau mempunyai nilai sejarah bagi kawasan tersebut.
keadaan
sehingga dapat dijadikan sebagai ciri atau tanda kawasan tersebut
Landmark berarti keadaan atau sesuatu yang penting, sesuatu yang mudah dilihat atau dikenal, atau hal yang menonjol. Dalam pembahasan ini, berarti bentuk visual yang menonjol atau lain dari pada yang lain dan atau mempunyai nilai sejarah bagi kawasan tersebut, sehingga benda itu dapat dijadikan sebagai ciri atau tanda kawasan itu.

Land Use Building Form And Massing
Circulation And Parking Pedestrian Way
Open Space Activity Support Signage
Preservation USULAN-USULAN
MATRIK EVALUASI DAN KESIMPULAN
URAIAN SECARA EKSISTING
URAIAN KEBIJAKAN-KEBIJAKAN
Land Use Building Form And Massing
Circulation And Parking Pedestrian Way
Open Space Activity Support Signage
Preservation
Arsitektur Kota
SITE PLAN
PENATAAN KAWASAN

8 Elemen Fisik Pembentuk Kota
(land use, building form and massing, circulation and parking, pedestrian way, open space, activity support, signage, preservation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118