Ibaratan /Analogi

2.1 Ibaratan /Analogi
Arthoer Koestler (The Act of Creation)
Ibaratan adalah sebuah proses penalaran tentang penyebab-penyebab atau dari penyebab-penyebab atau dari dan tentang alasan-alasan yang sejajar atau berkemiripan.
Berkemiripan bukan berarti sama, sebab proses penalaran ini selalu berbicara tentang adanya dua situasi atau peristiwa yang memiliki sejumlah kesamaan tapi tidak semua.

Dari sini kita lihat bahwa ibaratan adalah proses penalaran untuk memberikan penjelasan dan mencari kejelasan terhadap obyek tadi dengan peristiwa atau situasi yang sudah diketahui, dikuasai dan diakrabi. Ibaratan seperti ini bisa dilihat pada Wayne O. Attoe pada bab 2 Introduction to Architecture.
Ciri ibaratan :
· Tidak boleh persis sama (jelasnya).
· Kejelasan dan penjelasan tentang (B) di contoh untuk menjelaskan dan menyelesaikan (A) ibaratan bukan perumpamaan, ibaratan adalah sebuah proses.
· Proses merancang bukan hanya 1 (satu), salah satunya adalah ibaratan.
· (B) sekaligus sebagai sumber ide, namun bukan hanya sumber ide tetapi juga menentukan macam proses untuk menggarap (A).
· Ibaratan harus diciptakan oleh imajinasi atau intuisi.
Kalau kita sudah berketetapan menggunakan ibaratan, maka kita mengakui bahwa kita boleh berimajinasi.
Di dalam berarsitektur, imajinasi merupakan sumber penentu macam jenis corak ibaratan. Di dalam berarsitektur, kita punya kebebasan seluas-luasnya.
· Ibaratan sebagai proses penalaran mempunyai macam yang tidak terbatas jumlahnya. Setiap orang boleh dan bisa mencari atau membuta ibaratannya sendiri.

Attoe: Arsitek tidak jarang menggunakan ibaratan untuk menjelaskan apakah arsitektur itu sebagai penjelas. Analogi/ibaratan adalah alat yang digunakan oleh arsitek dalam menjelaskan dan mempertanggungjawabkan karyanya sebagai karya arsitektur. Tidak memberikan penekanan pada penggunaan analogi/ibaratan dalam upaya berarsitektur dari seorang arsitek. Karya ada dulu baru dijelaskan dan dipertanggungjawabkan olehnya, alatnya adalah ibaratan.

Broadbent: Tidak diragukan, tapi mekanisme sentral dalam menerjemahkan analisa-analisa ke dalam sintesa adalah analogi/ibaratan. Sudut tinjaunya lain:
Attoe à menjelaskan, Broadbent à posisi berlawanan. Disini Broadbent menggunakan ibaratan untuk menerjemahkan analisa-analisa ke dalam sintesa. Ibaratan digunakan di dalam kegiatan berarsitektur. Pada waktu membuat karya arsitektur ada langkah-langkah, kegiatan. Ada bagian dari langkah-langkah itu dimana arsitek menggunakan ibaratan.

Chris Abel: Penggubah konsep adalah analogi/ibaratan (The analogical view of Aristoteles metafor). Hampir sama dengan Broadbent, bedanya Broadbent membatasi diri pada bagian dari langkah/kegiatan dari analisa ke sintesa. Abel lebih memperluas lagi, tidak hanya menerjemahkan dari analisa ke sintesa tapi menggubah konsep. Fungsi ibaratan seperti yang dikemukakan oleh Abel, oleh dia sendiri diletakkan dalam posisi salah satu arti dari metafora yang dibuat oleh Aristoteles. Dimana Aristoteles memberikan dua pengertian terhadap metafora:
1. Benda à contoh : Toko makanan yang sekilas mirip donut, merupakan aplikasi dari metafora sebagai benda. Dengan adanya toko makanan, orang ingat donut.
2. Kegiatan à metafora sebagai kegiatan, inilah oleh Abel dijabarkan lebih jauh ke dalam arsitektur.

Antara benda dan kegiatan saling memperjelas dan memperkuat.
Ketiganya (Attoe, Chris Abel, dan Broadbent) sepakat bahwa ibaratan mempunyai/memberikan manfaat yang besar bagi para arsitek, karena dengan menggunakan ibaratan, kreatifitas dan intuisi/imajinasi dan segenap kegiatan-kegiatan berarsitektur yang tergolong kedalam kegiatan yang ilmiah dan rutin.
Ibaratan punya hak hidup dalam proses berarsitektur. Ini memberikan aspek artistik yang punya hak hidup bukan hanya ilmiah tapi juga ‘nyeni’.
Ibaratan ini tidak dianalisa, tidak dicari, bukan merupakan kesimpulan dari hasil-hasil analisa. Ibaratan, penjelasan, menerjemahkan, penggubahan.


Untuk Broadbent, pada saat mengadakan penggabungan mekanisme yang menggunakan proses pengubahan dari hasil-hasil pilihan dan penyatuan dalam bentukan yang disebut arsitektur, di situ digunakan ibaratan.
Ada istilah lain yang digunakan oleh Broadbent maupun Abel yaitu alih bentuk (transformasi). Ibaratan tidak harus dicari: pada waktu melakukan pemilihan akan menghasilkan keputusan, waktu digabungkan menjadi bentukan tidak mencari bentuk-bentuk yang akan dihadirkan. Ada ide, feeling yang merupakan jembatan untuk memperoleh bentukan.


Cris AbelPenggolongan ibaratan Wayne O’AttoeMacam ibaratan Geofrey BroadbentJenis Proses rancangan yang bersesuaian
1. Isolated Pictoral
Adochist analogy
- Bacis form analogy
Iconic design
2. Structural
- Mechanical
- Linguistic
- Biological
- Mathematical (Formula)
- Dsb.
Canonic design
3. Textural
Romantic Analogy
Pragmatic


Ad.1. Peniruan-peniruan dalam bentukan-bentukan yang sudah ada.
Analisa dan sintesa menggunakan bentuk-bentuk fisik, abstrak yang sudah ada dengan modifikasi kecil. Ditinjau dari bentuk-bentuk saja (secara fisik) -> bangunan post modern yang menghadirkan tiang-tiang Yunani menggunakan Isolated Pictorial. Yang menjadi dasar adalah bentuk-bentuk ragawi (fisik) yang dijadikan alat untuk mengubah dari analisa menjadi sintesa. Dalam hal intuisinya masuk dan empiris.
Ad.2. Structural à Intuisi Intelectual
Bukan pada bentuk-bentuk fisik tapi pada kesejajaran dalam susunan (struktur) yang ada.
Ad.3. Textural à Romantic Analogy
Sulit karena penekanan pada hasil/hal-hal yang sangat artistik. Puitis sangat ditonjolkan. Yang diambil hanya lirik, jiwa dan semangat.


Mendukung Stop Dreaming Start Action





.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini