Kabupaten/Kota di Jawa Timur + Ibu Kota
Daftar Kabupaten/Kota di Jawa Timur serta Ibu Kota Kabupaten-nya ini disalin dari JagadTrans.com
Rumah saya ada di Kabupaten Sidoarjo. Di JagadTrans.com melayani seluruh kabupaten yang disebutkan ini.
Kabupaten Pacitan Pacitan
Kabupaten Ponorogo Ponorogo
Kabupaten Trenggalek Trenggalek
Kabupaten Tulungagung Tulungagung
Kabupaten Blitar Kanigoro
Kabupaten Kediri Ngasem
Kabupaten Malang Kepanjen
Kabupaten Lumajang Lumajang
Kabupaten Jember Jember
Kabupaten Banyuwangi Banyuwangi
Kabupaten Bondowoso Bondowoso
Kabupaten Situbondo Situbondo
Kabupaten Probolinggo Kraksaan
Kabupaten Pasuruan Bangil
Kabupaten Sidoarjo Sidoarjo
Kabupaten Mojokerto Mojosari
Kabupaten Jombang Jombang
Kabupaten Nganjuk Nganjuk
Kabupaten Madiun Caruban
Kabupaten Magetan Magetan
Kabupaten Ngawi Ngawi
Kabupaten Bojonegoro Bojonegoro
Kabupaten Tuban Tuban
Kabupaten Lamongan Lamongan
Kabupaten Gresik Gresik
Kabupaten Bangkalan Bangkalan
Kabupaten Sampang Sampang
Kabupaten Pamekasan Pamekasan
Kabupaten Sumenep Sumenep
Kota Kediri –
Kota Blitar –
Kota Malang –
Kota Probolinggo –
Kota Pasuruan –
Kota Mojokerto –
Kota Madiun –
Kota Surabaya –
Kota Batu –
Rumah saya ada di Kabupaten Sidoarjo. Di JagadTrans.com melayani seluruh kabupaten yang disebutkan ini.
Kabupaten Pacitan Pacitan
Kabupaten Ponorogo Ponorogo
Kabupaten Trenggalek Trenggalek
Kabupaten Tulungagung Tulungagung
Kabupaten Blitar Kanigoro
Kabupaten Kediri Ngasem
Kabupaten Malang Kepanjen
Kabupaten Lumajang Lumajang
Kabupaten Jember Jember
Kabupaten Banyuwangi Banyuwangi
Kabupaten Bondowoso Bondowoso
Kabupaten Situbondo Situbondo
Kabupaten Probolinggo Kraksaan
Kabupaten Pasuruan Bangil
Kabupaten Sidoarjo Sidoarjo
Kabupaten Mojokerto Mojosari
Kabupaten Jombang Jombang
Kabupaten Nganjuk Nganjuk
Kabupaten Madiun Caruban
Kabupaten Magetan Magetan
Kabupaten Ngawi Ngawi
Kabupaten Bojonegoro Bojonegoro
Kabupaten Tuban Tuban
Kabupaten Lamongan Lamongan
Kabupaten Gresik Gresik
Kabupaten Bangkalan Bangkalan
Kabupaten Sampang Sampang
Kabupaten Pamekasan Pamekasan
Kabupaten Sumenep Sumenep
Kota Kediri –
Kota Blitar –
Kota Malang –
Kota Probolinggo –
Kota Pasuruan –
Kota Mojokerto –
Kota Madiun –
Kota Surabaya –
Kota Batu –
Persewaan Mobil Seluruh Indonesia

persewaan mobil untuk di Seluruh wilayah Indonesia
Memberikan layanan antara lain:
- sewa mobil lepas kunci tanpa ribet per day
- sewa mobil lepas kunci tanpa ribet bulanan
- sewa mobil + driver
- pickup dan truk bak, melayani, mobil + sopir + kuli
- angkutan atau pengiriman barang
Menggali lebih dalam ke dalam layanan persewaan mobil di seluruh wilayah Indonesia, JagadTrans.com menawarkan beragam opsi yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai segmen pelanggan. Dengan fokus pada kenyamanan dan fleksibilitas, JagadTrans.com menyediakan layanan sewa mobil lepas kunci tanpa ribet baik untuk harian maupun bulanan. Pelanggan dapat dengan mudah mengakses armada mobil yang berkualitas tanpa perlu repot dengan proses pengambilan dan pengembalian yang sederhana.
Selain itu, JagadTrans.com juga menawarkan pilihan sewa mobil dengan sopir untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan pelanggan. Dengan tenaga pengemudi berpengalaman, pelanggan dapat menikmati perjalanan tanpa harus memikirkan aspek logistik atau rute perjalanan. Opsi ini sangat cocok untuk keperluan bisnis, wisata, atau kegiatan spesial lainnya di mana pelanggan menginginkan tingkat pelayanan yang lebih tinggi.
JagadTrans.com tidak hanya terbatas pada layanan persewaan mobil pribadi, tetapi juga menawarkan opsi angkutan barang menggunakan pickup dan truk bak. Layanan ini mencakup mobil, sopir, dan kuli untuk memastikan kebutuhan logistik dan distribusi pelanggan terpenuhi dengan baik. Dengan berbagai opsi yang disajikan, JagadTrans.com berkomitmen untuk menjadi mitra yang handal dalam memenuhi kebutuhan transportasi dan logistik di seluruh Indonesia.
Untuk memudahkan proses informasi, pemesanan, dan kerja sama lebih lanjut, JagadTrans.com menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi. Ini merupakan langkah strategis untuk memberikan pelayanan yang lebih personal dan responsif kepada pelanggan serta mitra bisnis potensial. Dengan demikian, JagadTrans.com tidak hanya menyediakan layanan persewaan mobil yang berkualitas, tetapi juga menciptakan konektivitas yang lebih erat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya.
Unit yang tersedia antara lain:
– Alphard
– Velfire
– Fortuner
– Pajero
– Innova
– Avanza
– Bus
– Medium Bus
– Hi – ACE
– Elf Long
– Truck
– Pick up
Kawasan yang dilayani atau cabang yang ada meliputi :
Provinsi dan kota di seluruh Indonesia
Sumatera
Kepulauan Nusa Tenggara
Jawa
Sumatera
Sulawesi
Kalimantan
Kepulauan Maluku
Papua
Provinsi di Indonesia
Aceh
Bali
Banten
Bengkulu
Gorontalo
Jakarta
Jambi
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Kepulauan Bangka Belitung
Kepulauan Riau
Lampung
Maluku
Maluku Utara
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Papua
Papua Barat
Riau
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Utara
Sumatera Barat
Sumatera Selatan
Sumatera Utara
Yogyakarta
Meliputi Kota-kota di Indonesia antara lain:
Banda Aceh
Denpasar
Serang
Bengkulu
Gorontalo
Jakarta
Jambi
Bandung
Semarang
Surabaya
Pontianak
Banjarmasin
Palangkaraya
Samarinda
Tanjungselor
Pangkalpinang
Tanjung Pinang
Bandar Lampung
Ambon
Sofifi
Mataram
Kupang
Jayapura
Manokwari
Pekanbaru
Mamuju
Makassar
Palu
Kendari
Manado
Padang
Palembang
Medan
Yogyakarta
"JagadTrans: Pilihan Kendaraan Luas dan Cakupan Layanan Terluas di Seluruh Indonesia"
JagadTrans menyediakan beragam unit kendaraan untuk memenuhi kebutuhan transportasi Anda. Pilihan unit yang tersedia mencakup berbagai jenis kendaraan, seperti Alphard, Velfire, Fortuner, Pajero, Innova, Avanza, Bus, Medium Bus, Hi-ACE, Elf Long, Truck, dan Pick up. Dengan ragam pilihan ini, JagadTrans berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik untuk perjalanan pribadi maupun keperluan bisnis.
Ketika Anda memilih JagadTrans, Anda tidak hanya mendapatkan akses ke berbagai unit kendaraan berkualitas, tetapi juga cakupan layanan yang luas di seluruh Indonesia. JagadTrans melayani berbagai wilayah, termasuk provinsi dan kota di seluruh Indonesia, seperti Sumatera, Kepulauan Nusa Tenggara, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Maluku, dan Papua. Daftar kota dan provinsi yang dilayani mencakup Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Manado, Medan, dan masih banyak lagi. Ini memberikan keleluasaan bagi pelanggan di berbagai wilayah Indonesia untuk memanfaatkan layanan transportasi berkualitas dari JagadTrans.
Selain itu, JagadTrans menonjolkan pelayanan di setiap kota dan provinsi dengan menghadirkan armada yang terawat dengan baik dan sopir yang berpengalaman. Pelanggan dapat merasa yakin bahwa perjalanan mereka dengan JagadTrans akan nyaman, aman, dan tepat waktu. Pilihan unit kendaraan yang luas dan cakupan wilayah yang komprehensif menjadikan JagadTrans sebagai mitra transportasi yang dapat diandalkan di seluruh Indonesia.
Sebagai perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, JagadTrans juga memastikan bahwa proses pemesanan dan layanan pelanggan berjalan lancar. Dengan pilihan unit yang bervariasi dan cakupan wilayah yang luas, JagadTrans memberikan solusi transportasi yang terpercaya dan efisien bagi setiap kebutuhan perjalanan Anda di berbagai sudut Indonesia.
Harga Wiremesh Bulan Ini Maret 2018
[iklan] Harga Wiremesh berikut disalin dari JayaSteel.com
Berikut adalah harga wiremesh bulan Maret 2018. Sesuai yang ada di website JayaSteel.com. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, untuk update harga silakan menghubungi kontak yang ada di website tersebut.
Harga wiremesh terbatu :
M8 = 664.300 per lembar
M9 = 840.700 per lembar
M10 = 1.047.500 per lembar
M4 = 192.400 per lembar
M5 = 264.400 per lembar
M6 = 373.700 per lembar
M7 = 508.600 per lembar
7,7 = 615.400 per lembar
8,7 = 785.600 per lembar
9,7 = 985.700 per lembar
4 = 192.400 per lembar
4,7 = 233.600 per lembar
5,7 = 337.300 per lembar
6,7 = 466.000 per lembar
Harga tersebut adalah harga per lembar. Untuk harga roll dikalikan dengan 10. Pada gambar tabel harga berikut, ditampilkan harga per kg, berat per lembar, selain harga per lembar. Harga per lembar adalah harga per kg x berat per lembar dan dibulatkan ke nilai 100 terdekat.

Berikut adalah harga wiremesh bulan Maret 2018. Sesuai yang ada di website JayaSteel.com. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, untuk update harga silakan menghubungi kontak yang ada di website tersebut.
Harga wiremesh terbatu :
M8 = 664.300 per lembar
M9 = 840.700 per lembar
M10 = 1.047.500 per lembar
M4 = 192.400 per lembar
M5 = 264.400 per lembar
M6 = 373.700 per lembar
M7 = 508.600 per lembar
7,7 = 615.400 per lembar
8,7 = 785.600 per lembar
9,7 = 985.700 per lembar
4 = 192.400 per lembar
4,7 = 233.600 per lembar
5,7 = 337.300 per lembar
6,7 = 466.000 per lembar
Harga tersebut adalah harga per lembar. Untuk harga roll dikalikan dengan 10. Pada gambar tabel harga berikut, ditampilkan harga per kg, berat per lembar, selain harga per lembar. Harga per lembar adalah harga per kg x berat per lembar dan dibulatkan ke nilai 100 terdekat.

Harga besi beton terbaru bisa dilihat di sini.
- Wiremesh Besi 6 - Wiremesh Brc - Wiremesh Bekas - Wiremesh Cor - Wiremesh Cor Harga - Wiremesh Conveyor
Paket Depo Air Minum Isi Ulang Global Water

HARGA Paket Depo Air Minum Isi Ulang Global Water
Air Omasae mempersembahkan harga paket depo air minum isi ulang dari Global Water dengan pilihan yang menarik dan terjangkau. Dua paket unggulan yang ditawarkan adalah Paket Cantik dengan harga 22 juta dan Paket Lengkap seharga 27 juta. Paket Cantik ini mencakup peralatan dasar yang diperlukan untuk memulai usaha depo air minum, seperti mesin pengisian, galon, dispenser, dan perlengkapan pendukung lainnya. Sementara itu, Paket Lengkap memberikan solusi komprehensif dengan penambahan fasilitas tambahan yang dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas layanan. Kedua paket tersebut tidak hanya dirancang untuk membantu calon pengusaha depo air minum memulai usaha mereka dengan mudah tetapi juga untuk memastikan bahwa mereka dapat bersaing di pasar yang semakin ketat.
Paket Cantik menjadi pilihan ideal bagi mereka yang memulai usaha dengan anggaran terbatas. Dengan investasi 22 juta, pelanggan dapat memperoleh peralatan dasar dengan kualitas terjamin dari Global Water. Mesin pengisian yang efisien dan galon berkualitas tinggi merupakan bagian dari paket ini, memberikan dasar yang solid untuk memulai operasi depo air minum. Di samping itu, Paket Lengkap menawarkan keunggulan lebih dengan peningkatan kapasitas produksi. Dengan investasi tambahan sebesar 27 juta, calon pengusaha dapat memperoleh peralatan yang lebih canggih dan fitur tambahan, seperti sistem pengolahan air lebih mutakhir atau dispenser dengan teknologi modern. Dengan begitu, mereka dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih efisien dan meningkatkan daya saing bisnis mereka di pasar yang kompetitif.
Komitmen Air Omasae terhadap kualitas terlihat dalam kemitraan dengan Global Water, merek terpercaya dalam industri air minum isi ulang. Harga yang ditawarkan tidak hanya mencakup peralatan, tetapi juga nilai tambah berupa dukungan pelanggan, pelatihan operator, dan layanan purna jual yang handal. Dengan demikian, pelanggan tidak hanya mendapatkan peralatan berkualitas tinggi, tetapi juga mendapatkan dukungan yang berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan bisnis mereka dalam jangka panjang. Melalui berbagai paket yang disediakan, Air Omasae berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya bagi mereka yang ingin memulai atau mengembangkan usaha depo air minum isi ulang dengan menyediakan opsi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan dan anggaran.
"Air Omasae: Mendefinisikan Kesuksesan dalam Industri Air Minum dengan Solusi Inovatif Global"
Paket Global 1 untuk memproduksi air miniral biasa yang bagus.
Paket Global 2 untuk memproduksi air minum dalam kemasan galon yang BUKA Selengkapnya HARGA Paket Depo Air Minum Isi Ulang Global Water →
Paket Global 2 untuk memproduksi air minum dalam kemasan galon yang BUKA Selengkapnya HARGA Paket Depo Air Minum Isi Ulang Global Water →
Paket Global 1 dari Air Omasae menawarkan solusi komprehensif untuk memproduksi air mineral biasa dengan kualitas yang luar biasa. Melalui paket ini, Air Omasae berkomitmen untuk memberikan pelanggan pengalaman produksi air mineral yang optimal dengan menggunakan teknologi terkini dan proses yang teruji. Paket ini tidak hanya mencakup peralatan produksi yang andal, tetapi juga menjamin ketersediaan bahan baku berkualitas tinggi untuk memastikan hasil akhir yang memenuhi standar kualitas yang ketat. Dengan pilihan ini, para pelaku usaha dalam industri air mineral dapat memulai atau meningkatkan produksi mereka dengan percaya diri, mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar yang kompetitif.
Sementara itu, Paket Global 2 menargetkan produsen air minum dalam kemasan galon, menawarkan solusi yang teruji dan terpercaya. Dengan membuka akses ke informasi lebih lanjut tentang harga dan spesifikasi paket ini, Air Omasae berusaha memberikan transparansi kepada pelanggan potensial. Paket ini mencakup peralatan khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan produksi air minum dalam kemasan galon dengan efisiensi tinggi. Dari mesin pengisi galon hingga sistem penguncian dan segala perlengkapan pendukungnya, Paket Global 2 menyediakan solusi terpadu yang memudahkan pengusaha air minum dalam kemasan untuk mencapai hasil produksi yang optimal dan menjaga kualitas produk mereka.
Dalam menjelajahi lebih lanjut, Air Omasae memberikan penjelasan mendalam tentang HARGA Paket Depo Air Minum Isi Ulang Global Water. Informasi ini mencakup rincian harga yang jelas untuk memastikan pelanggan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang investasi yang diperlukan untuk memulai atau mengembangkan bisnis air minum isi ulang mereka. Dengan memberikan transparansi harga, Air Omasae berusaha mendukung pengusaha dalam membuat keputusan yang tepat sesuai dengan anggaran dan tujuan bisnis mereka.
Selain itu, Air Omasae turut memberikan poin-poin utama yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengimplementasikan paket-paket ini. Penekanan pada aspek-aspek teknis, keberlanjutan, dan strategi pemasaran memberikan panduan berharga bagi para pelaku usaha yang mungkin memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tertentu sebelum mengambil langkah dalam industri air minum. Dengan menyediakan informasi yang mendalam dan terstruktur, Air Omasae tidak hanya menjadi penyedia peralatan produksi air minum, tetapi juga mitra yang peduli terhadap kesuksesan jangka panjang pelanggan di dalam industri yang begitu dinamis ini.
Rumah Syariah developer PT Indo Tata Graha
Membagikan info mengenai Rumah yang bisa di beli dengan skema pembayaran Syariah dari developer ---.
1. Bumi Madina Asri Bangah
2. Graha Permata Juanda
3. Wage Indah

Town house yang berada di Wage Kecamatan Gedangan Sidoarjo ini, banyak diminati. Hingga saat post ini dikirim, hanya tinggal satu unit saja dan ditawarkan hanya untuk skema pembayaran cash. Beberapa unit sudah siap huni dan yang lainnya dalam proses pembangunan dan bisa serah terima dalam bulan ini.
4. Puri Pogot
Selengkapnya mengenai tulisan ini bisa dilihat disini.
1. Bumi Madina Asri Bangah
2. Graha Permata Juanda
3. Wage Indah

Town house yang berada di Wage Kecamatan Gedangan Sidoarjo ini, banyak diminati. Hingga saat post ini dikirim, hanya tinggal satu unit saja dan ditawarkan hanya untuk skema pembayaran cash. Beberapa unit sudah siap huni dan yang lainnya dalam proses pembangunan dan bisa serah terima dalam bulan ini.
Mutu bangunan yang bagus di tempat yang strategis, menjadikan hunian ini
banyak diminati. Ditambah lagi dengan desain yang bagus, modern
minimalis dan harga yang murah untuk kawasan yang sedang berkembang ini.
Info lebih lengkap mengenai townhouse Wage Indah ini bisa dilihat di sini. Jika ada pertanyaan, bisa melalui kontak yang ada di website tersebut.
4. Puri Pogot
Selengkapnya mengenai tulisan ini bisa dilihat disini.
Apakah ini? Ppn Bphtb Pph Bbn ?

Ppn
Bphtb
Pph
Bbn
?
Pajak petambahan Nilai = 10%
BPHTB= Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan= pajak pembeli =5%
Pph 21= pajak penghasilan pasal 21= pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honor, fee marketing, dll. = 20% (sesuai pasal 26)
BBN= bea balik nama =ngurus ke BPN.
Pemerintah kita suka majakin rakyatnya ya. Dari berbagai sisi dipajaki semua.
IMAN, KEPATUHAN DAN PEMBELAAN TERHADAP DAKWAH
Buletin Kaffah no. 08, 9 Muharram 1439 H/29 September
2017 M
IMAN,
KEPATUHAN DAN PEMBELAAN TERHADAP DAKWAH
Ada tiga ideologi yang berkembang di dunia ini yakni: Islam, Komunisme-Sosialisme,
Kapitalisme-Liberalisme.
Ketiganya mencerminkan
pertarungan antara kebenaran (al-haqq)
dan kebatilan (al-bâthil). Ketiganya tegak di atas asas atau akidah yang bertentangan
satu sama lain.
Islam tegak di atas asas akidah Islam. Akidah Islam tegak di atas
keimanan tentang
keberadaan Allah SWT dan keesaan-Nya.
Dialah Al-Khâliq Yang Azali. Akidah Islam
menuntut pemeluknya untuk mengesakan Allah SWT sebagai satu-satunya Zat Yang wajib disembah dan
diibadahi.
Kapitalisme-Liberalisme tegak di atas
asas akidah sekularisme (pemisahan
agama dari
kehidupan). Sekularisme mengakui keberadaan
Tuhan (agama), namun menolak
peran Tuhan
(agama) dalam mengatur
kehidupan. Dengan kata lain, agama diakui sebatas sebagai sebuah keyakinan,
ritualitas dan
moralitas belaka. Pandangan demikian juga berlaku
untuk Islam. Dalam arti, oleh kaum sekular, Islam pun diperlakukan sama dengan agama-agama lain; sebatas sebagai sebuah keyakinan,
ritualitas dan
moralitas belaka; bukan sebagai sebuah ideologi yang memiliki seperangkat
aturan kehidupan.
Adapun Komunisme-Sosialisme tegak di atas
asas materialisme (ateisme). Dalam praktiknya, Komunisme bukan hanya tidak mengakui keberadaan Tuhan (agama), tetapi bahkan anti Tuhan (anti
agama). Dalam pandangan orang-orang komunis, agama adalah “candu” atau “minuman keras”
spiritual yang tidak layak mempengaruhi dan memperdaya manusia. Jelas, pandangan materialisme (ateisme) ini menyalahi
fitrah dan akal
manusia. Sungguh aneh
ateisme (ketidakyakinan pada keberadaan
Tuhan) bisa ada dalam benak orang-orang
yang berakal. Padahal binatang, tumbuhan dan segala sesuatu yang ada di langit
dan di bumi pun
hakikatnya “bertuhan”. Semuanya bahkan bertasbih, sujud dan tunduk pada ketentuan Allah SWT, sang Pencipta. Allah SWT
berfirman:
﴿أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ
لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ
وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ﴾
Tidakkah kamu tahu bahwa kepada Allahlah bersujud siapa
saja yang ada di langit dan di bumi; juga matahari, bulan, bintang, gunung, pepohonan,
binatang-binatang melata dan sebagian besar manusia? (TQS al-Hajj [22]: 18).
Allah SWT juga berfirman:
﴿تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَوَاتُ السَّبْعُ
وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ
لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا﴾
Langit
yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Tak ada
suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji Dia, tetapi kalian tidak mengerti
tasbih mereka. Sungguh Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun (TQS al-Isra’ [17]: 42-44).
Jika semua makhluk mengakui keberadaan Allah SWT bahkan
bertasbih, tunduk dan sujud kepada-Nya, tentu aneh jika ada manusia tidak
meyakini keberadaan-Nya (ateis). Apalagi secara fitrah setiap manusia memiliki gharizah tadayyun atau naluri beragama
(religiusitas). Keberadaan naluri ini dibuktikan dengan kecenderungan setiap
manusia untuk menyucikan dan mensakralkan sesuatu atau zat yang dianggap
memiliki kemampuan dan kekuatan luar biasa yang mempengaruhi dan mengendalikan
dirinya.
Apalagi setiap manusia dikaruniai
akal untuk berpikir. Siapa pun yang menggunakan akalnya pasti
akan sampai pada kesimpulan bahwa seluruh jagad raya ini, termasuk manusia,
dengan segala kesempurnaannya mustahil tidak ada Penciptanya. Pencipta semua
yang ada tidak lain adalah Allah SWT. Zat Yang Wajib al-Wujud (Azali).
Alhasil, mengingkari keberadaan Tuhan (ateisme) yang
dipraktikan oleh orang-orang komunis bertentangan dengan fitrah dan akal manusia. Allah
SWT menilai sikap ateis sebagai kesesatan
bahkan lebih
sesat dari binatang ternak. Allah SWT berfirman:
﴿...لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ
بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ
بِهَا أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ﴾
Mereka mempunyai kalbu (akal), tetapi tidak digunakan untuk
memahami (ayat-ayat Allah). Mereka mempunyai mata, tetapi tidak digunakan untuk
melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah). Mereka mempunyai
telinga, tetapi tidak
digunakan untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu bagaikan binatang ternak,
bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai (TQS al-A’raf [7]:
179).
Ateisme jelas merupakan produk dari
sikap manusia yang tidak mau menggunakan akal, mata, dan telinga untuk memahami,
menyaksikan dan mendengar ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) Allah SWT. Sikap
ini sangat buruk. Sikap ini sesat bahkan lebih sesat dari
binatang
ternak. Karena itulah, sebagaimana buruk dan sesatnya ideologi
Kapitalisme-Liberalisme, sebagaimana dipraktikkan saat ini (termasuk di negeri
ini), ideologi Komunisme yang dibangun di atas ateisme juga buruk dan
menyesatkan. Kedua ideologi ini sama-sama berbahaya bagi kehidupan manusia.
Yang satu menolak peran Tuhan (agama) dalam mengatur kehidupan. Satunya lagi menolak keberadaan Tuhan (agama)
sama sekali, yang bahkan melahirkan kebencian terhadap agama dan para pemeluknya, termasuk Islam dan kaum Muslim, yang ingin menjalani hidup dan mengatur kehidupan berdasarkan
ketentuan Islam. Pembantaian
atas ratusan ribu (bahkan ada yang mengatakan lebih dari satu juta) kaum Muslim
pada masa lalu oleh Uni Soviet
yang berideologi Komunisme
hanyalah sebagian bukti.
Iman Mengharuskan Kepatuhan
Pengakuan akan keberadaan Allah SWT saja tidaklah cukup
jika tidak disertai dengan kepatuhan dan ketundukan pada semua hukum dan
ketentuan-Nya. Dengan kata lain, keimanan kepada Allah SWT mengharuskan
keterikatan dengan seluruh syariah-Nya,
dan sebaliknya, meninggalkan semua aturan selain aturan-Nya.
﴿أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ
وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ﴾
Apakah
mereka mencari agama selain agama Allah? Padahal kepada Allahlah semua makhluk yang
di langit dan di bumi menyerahkan diri, baik dengan suka ataupun terpaksa, dan
hanya kepada Dia, mereka dikembalikan (TQS Ali Imran [3]: 83).
Tegasnya, keimanan mengharuskan kepatuhan dan keterikatan
pada semua yang dibawa oleh Rasul saw. dan menjauhi semua yang beliau larang
(QS al-Hasyr [59]: 7). Keimanan mengharuskan untuk hanya berhukum dengan hukum-hukum
Allah SWT dalam menyelesaikan
segala persoalan di masyarakat (QS an-Nisa [4]: 65).
Iman Mengharuskan Pembelaan Terhadap Dakwah
Selain mengharuskan ketaatan total kepada Allah SWT dengan
selalu terikat dengan syariah-Nya, keimanan pun meniscayakan dakwah, yakni
mengajak umat manusia seluruhnya untuk masuk Islam, tanpa paksaan. Allah SWT
memerintahkan kita untuk berdakwah,
yakni mengajak
manusia ke jalan-Nya (QS an-Nahl
[16]: 125). Allah SWT memerintahkan kita
untuk menyeru
manusia agar
masuk Islam (QS
asy-Syura [42]: 15). Allah SWT pun menyifati dakwah (mengajak manusia kepada Allah) sebagai sebaik-baik ucapan (QS Fushshilat [41]: 33).
Dakwah tentu memerlukan dukungan dan pembelaan dari semua
yang mengaku mengimani Allah SWT
dan Rasul-Nya.
Sebaliknya, orang-orang yang beriman tidak selayaknya menelantarkan dakwah. Mereka wjib berdakwah dan
membela dakwah. Tak pantas mereka menghalangi dakwah, apalagi memusuhi dakwah
dan para pengembannya. Sikap menghalangi dakwah, yakni menghalangi manusia
dari jalan Allah SWT, adalah sifat dan karakter setan (QS az-Zukhruf [43]: 37);
perilaku orang-orang musyrik dan kafir (QS al-A’raf [7]: 45; Hud [11]: ); sikap
orang yang angkuh lagi sombong (QS al-Anfal [8]: 47); serta sikap orang-orang
yang lebih mencintai dunia daripada akhirat dan berada dalam kesesatan yang
jauh (QS Ibrahim [14]: 3). Sikap menghalangi dakwah dan memusuhi para pengembannya juga merupakan sikap orang-orang munafik (QS an-Nisa’ [4]:
61).
Dengan demikian, jelas sekali keimanan kepada allah SWT
dan Rasul-Nya juga mengharuskan untuk menentang apa saja yang menghalangi dan
memberangus dakwah Islam, termasuk
di antaranya menentang Perppu no. 2/2017 tentang Ormas. Pasalnya, Perppu
itu telah nyata-nyata dijadikan alat kekuasaan untuk memberangus dakwah Islam
yang menghendaki penerapan syariah Islam secara kâffah. Perppu ini sekaligus dijadikan alat untuk mengkriminalisasi
para pengemban dakwah dan ormas-ormas Islam yang nyata-nyata menghendaki
penerapan syariah Islam secara kâffah
dalam seluruh apek kehidupan.
Alhasil, orang beriman selayaknya menolak Perppu
tersebut. Mereka harus menentang apa saja yang dapat menghalangi dakwah Islam dan
menghalangi penerapan syariah Islam secara kâffah
dalam seluruh aspek kehidupan. WalLâh
a’lam bi ash-shawâb. []
Hikmah:
وَمَا يُؤْمِنُ أَكْثَرُهُمْ بِاللَّهِ إِلَّا
وَهُمْ مُشْرِكُونَ (106) أَفَأَمِنُوا أَنْ تَأْتِيَهُمْ غَاشِيَةٌ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ
أَوْ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ (107) قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي
أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ
وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ (108)
Sebagian besar
dari mereka tidak mengimani Allah melainkan dalam keadaan mempersekutukan-Nya.
Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka atau
kedatangan Hari Kiamat kepada mereka secara mendadak, sedangkan mereka tidak
menyadari hal itu?
Katakanlah,
"Inilah jalan (agama)-ku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak
(kalian) kepada Allah dengan hujjah yang nyata. Mahasuci Allah. Aku tiada
termasuk orang-orang musyrik.”
(TQS Yusuf [12]: 106-108).
Buletin KAFFAH semua edisi dilihat DISINI
Labels:
Islam
Mewujudkan Makna Lâ ilâha illâlLâh
Buletin Kaffah no. 06, 15 September 2017/24 Dzulhijjah
1438 H
Mewujudkan Makna Lâ
ilâha illâlLâh
Kecenderungan
untuk mensucikan, mensakralkan atau menyembah sesuatu merupakan fitrah setiap
manusia. Itulah naluri beragama (gharîzah
at-tadayyun) yang ada pada setiap manusia. Karena itu manusia akan merasa
tenang ketika melaksanakan ibadah karena tuntutan gharizah tadayyun (naluri beragama)-nya telah terpenuhi.
Akal dapat membuktikan bahwa Al-Khâliq itu wâjib al-wujûd
(keberadaannya mutlak), bersifat azali (tidak berawal dan tidak berakhir) serta
memiliki kesempurnaan mutlak. Berdasarkan itu ibadah hanya boleh dan layak
dilakukan kepada Al-Khâliq semata dan
tidak boleh dilakukan kepada selain Diri-Nya. Jika manusia telah meyakini keberadaan
Al-Khâliq maka keyakinan itu
mengharuskan dia untuk hanya menyembah dan mengabdi kepada Allah SWT, tidak kepada
selain Diri-Nya.
Jadi fitrah dan akal manusia mengharuskan ibadah hanya kepada
sang Pencipta (Al-Khâliq) semata. Karena itu Islam
datang untuk menjelaskan kepada manusia bahwa ibadah dan pengabdian tidak boleh
dilakukan kecuali hanya kepada Zat yang ‘azali
(tidak berawal dan tidak berakhir) dan wâjib
al-wujûd (keberadaannya mutlak). Dialah Allah SWT. Dalam hal ini Allah SWT
berfirman:
﴿قُلْ مَن رَّبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ
﴿٨٦﴾ سَيَقُولُونَ
لِلَّهِۚ قُلْ أَفَلَا
تَتَّقُونَ ﴿٨٧﴾ قُلْ مَن بِيَدِهِ
مَلَكُوتُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ يُجِيرُ وَلَا يُجَارُ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
﴿٨٨﴾ سَيَقُولُونَ
لِلَّهِۚ قُلْ فَأَنَّىٰ
تُسْحَرُونَ ﴿٨٩﴾
بَلْ أَتَيْنَاهُم بِالْحَقِّ وَإِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ ﴿٩٠﴾
Katakanlah, "Siapakah Tuhan Pencipta lagit langit
yang tujuh dan Pemilik 'Arsy yang agung?" Mereka akan menjawab,
"Kepunyaan Allah." Katakanlah, "Lalu apakah kalian tidak
bertakwa?" Katakanlah, "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan
atas segala sesuatu, sedangkan Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat
dilindungi dari (azab)-Nya jika kalian tahu?" Mereka akan menjawab,
"Kepunyaan Allah." Katakanlah, "(Kalau demikian), lalu dari
jalan manakah kalian ditipu?" Sebenarnya Kami telah membawa kebenaran
kepada mereka dan sungguh mereka benar-benar orang-orang yang berdusta. (TQS al-Mu’minun [23]: 86-90).
Dengan demikian, pengakuan manusia bahwa Allah SWT adalah
Al-Khâliq, Yang menciptakan segala sesuatu dan memiliki kekuasaan atas
segala sesuatu, mengharuskan diri mereka untuk hanya menyembah dan mengabdi
kepada Allah SWT semata. Dalam banyak ayat al-Quran Allah SWT telah menegaskan bahwa
Dialah satu-satunya Zat Yang layak disembah. Allah SWT, misalnya, berfirman:
﴿وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ لَّا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ
الرَّحِيمُ﴾
Tuhan
kalian adalah Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha
Pemurah lagi Maha Penyayang (TQS al-Baqarah
[2]:
163).
﴿اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ
الْقَيُّومُ﴾
Allah,
tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Mahahidup dan terus-menerus
mengurus makhluk-Nya (TQS Ali Imran [3]: 2).
﴿وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا اللَّهُ
الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ﴾
Sekali-kali
tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan Maha Mengalahkan (TQS Shad [38]:
65).
Ayat-ayat al-Quran juga menunjukkan secara qath’i
penafian atas berbilangnya ilâh (tuhan). Karena itu ayat-ayat al-Quran sekaligus
menafikan secara pasti berbilangnya al-ma’bûd (zat yang disembah). Ayat-ayat
al-Quran juga datang membatasi ibadah hanya kepada Tuhan Yang satu. Dialah Allah
SWT. Dialah Al-Ma’bûd. Dialah Zat Yang wâjib al-wujûd.
Kata ilâh baik secara bahasa maupun secara syar’i
hanya memiliki satu makna, yaitu al-ma’bûd (zat yang disembah). Jadi,
makna lâ ilâha tidak lain adalah lâ ma’bûda (tidak ada zat yang
berhak disembah/diibadahi). Karena itu makna syahadat Lâ ilâha illâlLâh
bukan hanya kesaksian atas keesaan Al-Khâliq saja, tetapi sekaligus kesaksian
bahwa tidak ada yang berhak untuk disembah dan diibadahi kecuali Allah SWT Yang
wâjib al-wujûd. Hal ini berkonsekuensi pada upaya mengesakan Allah SWT semata
dalam wujud ibadah kepada Allah SWT dalam segala bentuknya sekaligus menolak segala
bentuk ibadah kepada selain Diri-Nya.
Ibadah dan pengabdian kepada Allah SWT mencakup segala
jenis ibadah dan pengabdian. Karena itu syahadat Lâ ilâha illâlLâh
mencakup ibadah mahdhah (ritual) sesuai dengan apa yang telah Allah SWT syariatkan
dan tidak menyekutukan Dia dengan apapun dalam ibadah mahdhah itu.
Syahadat Lâ ilâha illâlLâh mencakup penisbatan segala sifat kesempurnaan
secara mutlak dan nama-nama agung kepada Allah SWT. Syahadat Lâ ilâha
illâlLâh mencakup pengesaan dalam hal permohonan dan doa hanya kepada Allah
SWT saja. Syahadat Lâ ilâha illâlLâh juga mencakup ibadah dan pengabdian
kepada Allah SWT dengan selalu terikat hanya pada syariah-Nya. Tidak boleh
seorang Muslim terikat dengan aturan apapun yang bertentangan dengan
syariah-Nya. Syariah Allah SWT sendiri mengatur segala aspek kehidupan manusia
baik dalam konteks individu, masyarakat maupun negara.
Allah SWT telah melarang ibadah dan pengabdian kepada
selain Diri-Nya. Dengan kata lain Allah SWT melarang tunduk dan patuh pada
aturan atau hukum yang bertentangan dengan syariah-Nya. Ketundukan dan
kepatuhan pada selain syariah-Nya dipandang sebagai bentuk ibadah dan
pengabdian kepada selain Diri-Nya. Allah SWT berfirman:
﴿اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ
دُونِ اللَّهِ ... ﴾
Mereka
(kaum Yahudi dan Nasrani) telah menjadikan para pendeta dan para rahib mereka
sebagai tuhan-tuhan selain Allah
(TQS at-Taubah [9]: 31).
Saat mendengar
ayat di atas, Adi bin Hatim berkata, “Wahai
Rasulullah, mereka tidaklah menyembah para pendeta dan rahib mereka.” Namun,
beliau menyanggah pernyataan itu:
« بَلَى، إِنَّهُمْ حَرَّمُوْا
عَلَيْهِمْ الْحَلاَلَ، وَأَحَلُّوْا لَهُمْ الْحَرَامَ، فَاتَّبِعُوْهُمْ، فَذَلِكَ
عِبَادَتُهُمْ إِيَاهُمْ »
Benar
(mereka menyembah para pendeta dan para rahib mereka). Sungguh para pendeta dan
para rahib itu telah mengharamkan yang halal atas mereka dan menghalalkan yang
haram untuk mereka. Lalu mereka mengikuti para pendeta dan para rahib mereka
itu. Itulah ibadah (pengabdian) mereka kepada para pendeta dan para rahib
mereka (HR Ahmad dan Tirmidzi).
Mewujudkan semua bentuk ibadah dan pengabdian itulah yang
menjadi seruan dakwah dan misi yang diemban oleh Rasul saw., yang dilanjutkan
oleh para sahabat dan generasi kaum Muslim. Rasul saw. menyeru manusia untuk
beriman dan masuk Islam. Berikutnya beliau menyeru mereka yang beriman dan
masuk Islam untuk menjalankan ibadah serta menjalankan semua hukum Islam dan
meninggalkan semua hukum selain hukum Islam. Rasul saw. pun menyeru mereka yang
tidak mau beriman dan masuk Islam untuk tunduk pada hukum dan kekuasaan Islam. Yunus
bin Bukair menuturkan bahwa Rasulullah saw. pernah menulis surat kepada penduduk Najran. Di
antara isinya:
«... أَمّا بَعْدُ فَإِنّي
أَدْعُوكُمْ إلَى عِبَادَةِ اللّهِ مِنْ عِبَادَةِ الْعِبَادِ وَأَدْعُوكُمْ إلَى وِلَايَةِ
اللّهِ مِنْ وِلَايَةِ الْعِبَادِ ... »
“Amma ba’du, aku menyeru kalian untuk
beribadah (menghambakan diri) kepada Allah dengan meninggalkan penghambaan
kepada sesama hamba (manusia). Aku pun menyeru kalian untuk tunduk pada
kekuasaan Allah dengan meninggalkan ketundukan pada kekuasaan hamba (manusia)… (Ibn
Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah,
v/553, Maktabah al-Ma’arif, Beirut).
Rasul saw. pun langsung menerapkan hukum-hukum Islam di
wilayah-wilayah yang bergabung atau wilayah-wilayah yang dibebaskan tanpa
menunda-nunda pelaksanaannya seperti di wilayah Bahrain, Yaman dan seluruh Jazirah
Arab hingga Tabuk yang berbatasan dengan Syam. Hal yang sama dilakukan oleh
para sahabat pada masa Khulafaur Rasyidin seperti di wilayah Syam, Persia,
Mesir dan lainnya. Hukum-hukum Islam itu diterapkan kepada siapapun yang ada di
bawah kekuasaan Rasul saw., yakni di bawah kekuasaan pemerintahan Islam.
Alhasil, syahadat Lâ
ilaha illâlLâh mencakup pengesaan Allah SWT dalam wujud ibadah dan pengabdian
dengan segala bentuknya. Makna syahadat itulah yang mesti diwujudkan oleh
setiap Muslim dalam semua aspek kehidupan mereka. Mewujudkan makna syahadat Lâ ilaha illâlLâh sebagaimana diamalkan
oleh Rasul saw., para sahabat dan generasi kaum Muslim terdahulu itu menjadi
tugas dan tanggung jawab kita. Karena itu memperjuangkan tegaknya syariah Islam
secara kâffah dalam seluruh aspek kehidupan—sebagai konsekuensi dari
syahadat Lâ ilaha illâlLâh—adalah hal
yang niscaya. WalLâh a’lam bi ash-shawâb.
[]
Hikmah:
وَلَقَدْ
بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ
فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ فَسِيرُوا
فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ
Sungguh
Kami telah mengutus seorang rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan),
"Sembahlah Allah saja dan jauhilah thâghût itu." Lalu di antara mereka
ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula orang-orang yang
telah pasti kesesatan atas dirinya. Karena itu berjalanlah kalian di atas bumi,
lalu perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (para rasul)
itu (TQS an-Nahl
[16]: 36).
إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّهِ أَمَرَ أَلَّا تَعْبُدُوا
إِلَّا إِيَّاهُ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
Hak membuat
hukum itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kalian tidak
menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak
tahu (TQS
Yusuf [12]: 40).
Buletin KAFFAH semua edisi dilihat DISINI
Labels:
Islam
ARSITEKTUR
Agama
Air
Akuntansi
Artikel
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bank Soal
Biologi
Budaya
Cerita
Cerpen
Fiksi
Fisika
Gizi
Internet
Kesehatan
Kesenian
Kimia
Komputer
Latihan Soal
Marketing
Matematika
Naskah Drama
Patiseri
Pengetahuan
Puisi
Resep Masakan
Sejarah
Sekretaris
Seks
Struktur
Teknologi
Tips
USAHA
bisnis
iklan
manajemen