Apem Gosong

Dulu bisa jadi Apem adalah makanan yang paling enak yang paling menarik, karena adalah salah satu dari sedikit makanan olahan, sedangkan yang lain adalah makanan yang tidak diolah. Bahkan menjadi makanan wajib setiap ada hajatan. Menjadi suguhan utama untuk tamu-tamu yang dihormati, dan menyenangkan mereka dengan makanan yang istimewah.

Saat ini sudah banyak berbagai jenis makanan olahan. Apem hanya menjadi makanan saat ada acara 'selametan', dan biasanya hanya sebagai pelengkap dan diremehkan oleh banyak orang, untuk tidak dimakan. Bahkan banyak anak kecil yang menjadikannya hanya sebagai mainan.

Tentu saja tidak semua seperti itu. Ada juga yang suka apem. Makanan empuk dengan rasa kas. Bahkan ada seorang teman yang suka apem gosong. Biasanya yang gosong memang disisihkan, karena tampilannya kurang menarik untuk disuguhkan. Padahal bagi yang suka tadi, yang gosong lebih gurih dan lebih renyah.

(Foto dari Arif Gresik)

 apem-hanya-menjadi-makanan-saat-ada.html  apem-hanya-menjadi-makanan-saat-ada.html


Buku siswa ini berbasis kegiatan (activity based)

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas VI

1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.

3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi

Kata Pengantar

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Selain itu juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Buku yang ditulis mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.


Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasispenemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), danpenyelesaiaan masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas VI SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas dan urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini juga mengarahkan halhal yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.

Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai siswa sehari-hari. Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan. Materi-materi berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multidisipliner dan interdisipliner, agar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, agar tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

Buku ini merupakan penjabaran dari hal-hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus menerus diperbaiki dan disempurnakan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi itu, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan, kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Jakarta, Januari 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

(Disalin dari Buku Sekolah kelas 6 SD, Tema 4 Globalisasi)

Daftar pustaka untuk pendidikan agama Islam SMP


Al Asqalani, Ibnu Hajar. Tt. Bulughul Maram. Beirut: Darul Fikr.
Al-Qur’an al-Karim.
Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. 1998. Al Islam 2. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Asy’ari, Sukmadjaja dan Rosy Yusuf. 1984. Indeks Al-Qur’an. Bandung: Pustaka.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah.
Bahreisj, Hussein. Tt. Hadist Shahih Bukhari Muslim. Surabaya: Karya Utama.
Departemen Agama RI. 2004. Al Quran dan Terjemahnya.
Ensiklopedi Hukum Islam. 1997. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Ensiklopedi Islam untuk Pelajar. 2001. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Ensiklopedi Islam. 1993. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Haekal, Muhammad Husain. 2005. Sejarah Hidup Muhammad (terj. Ali Audah).
Jakarta: Pustaka Jaya.
Halim, M. Nipan Abdul. 2000. Menghias Diri dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Hamka. 2003. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hidayat. Komaruddin, dan Gaus AF, Ahmad (editor). 2006. Menjadi Indonesia; 1
Abad Eksistensi Islam di Bumi Nusantara. Jakarta: Penerbit Mizan bekerja sama dengan Yayasan Festival Istiqlal.
K. Ali. 1996. Sejarah Islam: Tarikh Pra Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Miskawaih, Ibn.1994. Menuju Kesempurnaan Akhlak (alih bahasa: Helmi Hidayat).
Bandung: Mizan.
Qardhawi, Yusuf. 2000. Halal Haram dalam Islam (terj. Wahid Ahmadi et al.).
Solo: Era Intermedia.
Rahardjo, M. Dawam. 1996. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.

Rasyid, Sulaiman. 2001. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru al-Gresindo.
Shihab, M. Quraish.1996. Wawasan Al Qur’an: Tafsir Madhu‘i Atas Pelbagai Persoalan
Umat. Bandung: Mizan.
______ . 1999. Haji Bersama M. Quraish Shihab. Bandung: Mizan.
Thalbah, Hisam, Abdul Majid Zindani, Abd Al-Basith Muhammad Sayyid, dkk.
2008. Ensiklopedi Mukjizat Alquran dan Hadis. Bekasi: Sapta Pesona.
Munawwir, A.W. 1984. Kamus Al Munawir Arab–Indonesia. Surabaya: Penerbit
Pustaka Progresif.
Tim Puslitbang Lektur Keagamaan. 2003. Pedoman Transliterasi Arab Latin. Jakarta:
Proyek Pengkajian dan Pengembangan Lektur Pendidikan Agama.

Contoh soal Agama untuk SMP untuk persiapan UN dan ujian sekolah

Jawablah dengan tepat!
1. Tulislah Surah asy-Syarh. [94] ayat kelima dengan harakat yang tepat!
2. Jelaskan kandungan Surah asy-Syarh. [94] ayat kedua dan ketiga!
3. Apa hikmah yang terkandung dalam Surah asy-Syarh. [94] ayat keenam?
4. Sebutkan hukum bacaan tajwid yang terdapat pada ayat keenam Surah asy-Syarh. [94]!
5. Apakah pengertian mad jaiz munfas.il?
6. Jelaskan pentingnya bertawakal kepada Allah Swt.!
7.
Tulislah terjemahan dan kandungan ayat di atas!
8. Mengapa bekerja keras tidak cukup tanpa disertai dengan berdoa?
9. Sebutkan contoh kerja keras bagi pelajar!
10. Tulislah Surah asy-Syarh. [94] ayat ketujuh dengan benar!

Jawablah dengan tepat!
1. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa kebersihan adalah setengah dari iman!
2.
Jelaskan kandungan hadis di atas!
3. Jelaskan kandungan Surah al-Baqarah [2] ayat 222!
4. Sebutkan tiga tingkatan kebersihan menurut Imam al-Gazali!
5.
Jelaskan maksud potongan hadis di atas!
6. Jelaskan konsep Islam tentang kebersihan harta!

Unsur-unsur peta - Skala, garis, warna, legenda


kerudung-anakfida.html
Unsur-unsur peta

Peta yang baik memberikan informasi yang benar. Peta yang baik memberikan informasi keadaan suatu daerah. Peta yang baik menunjukkan letak dan jarak suatu tempat secara jelas dan pasti. Peta yang baik memuat sejumlah unsur. Unsur-unsur itu membantu kita mengetahui keadaan sebenarnya. Apa saja unsur-unsur tersebut? Mari kita mulai dengan mengamati peta berikut!


Peta yang baik memiliki beberapa unsur. Simaklah dengan saksama gambar peta di bawah ini! Coba sebutkan lima unsur peta yang terdapat dalam gambar peta tersebut!



Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Membaca dan Menggambar Peta Lingkungan Setempat ...
kerudung-anakfida.html Mengenal Unsur-unsur Peta ..
  Membaca Peta Lingkungan Setempat ..
  Menggambar Peta Lingkungan Setempat ..
  Mengukur Jarak Memakai Skala Sederhana .

 Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam .
 Keanekargaman Kenampakan Alam ..
 Gejala-gejala Alam ....
  Perilaku Masyarakat dan Peristiwa Alam .
 Keragaman Sosial Budaya karena Keragaman Kenampakan Alam....

 Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat 
  Macam-macam Sumber Daya Alam ...
  Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia .
 Memanfaatkan Sumber Daya Alam 
  Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam .

Kuliner Suwur

Berikut posting kuliner diambil dari blog kuliner suwur.

Sarapan Gembili (polo pendem)

Afandi Kusuma Ini sarapanku pagi ini. Ada yang tahu, ini namanya apa? Sujiati Asmani Iku ge...

KUE Karakter - makanan ringan lucu-lucu

Afandi Kusuma Wong Gresik emang kreatif. makanan ringan bisa jadi lucu-lucu seperti ini. kayaknya...

Makanan/Jajanan khas Gresik yang aku tau

Mois Gresik ini beberapa makanan/jajanan khas Gresik yg aku tau : 1. Pudak 2. Ayas 3. Nasi krawu...

Polo pendem - buah - kue basa - untuk suguhan

Afandi Kusuma Jika disuguhkan tiga macem makanan seperti ini, kamu pilih yang mana sob? La...

Warung Mbak Har

Afandi Kusuma Nasi, Udang, Kerang, Sayur Asem, Sambel ala warung Mbak Har Ummi Achmad Prasetyo ...

Ayo Belajar TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN

. LINGKUP PEKERJAAN DAN PERATURAN BANGUNAN
. Ruang Lingkup Pekerjaan Bangunan
Ruang Lingkup Pekerjaan Bangunan
Lingkup Pekerjaan dan Proyek Bangunan
Jenis pekerjaan konstruksi
Bidang Ilmu dalam Teknik Bangunan


. Peraturan Bangunan
. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Pelatihan Program K3
. Kriteria Desain dalam Penyelenggaraan Bangunan
. Manajemen Pelaksanaan Konstruksi
Pelelangan Proyek Konstruksi

Pertanyaan pemahaman TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN:

1. Jelaskan lingkup pekerjaan teknik bangunan?
2. Sebutkan bidang-bidang ilmu pendukung bidang teknik bangunan?
3. Sebutkan peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyelenggaraan bangunan?
4. Jelaskan fungsi K3 pada pekerjaan konstruksi bangunan?
5. Sebutkan prinsip-prinsip kerja untuk mendukung K3?
6. Jelaskan aspek-aspek penting pelaksanaan K3 di lapangan?
7. Sebutkan kelengkapan dan peralatan K3 khususnya untuk pekerjaan konstruksi, beserta fungsinya?
8. Sebutkan persyaratan-persyaratan bangunan?
9. Jelaskan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan proyek konstruksi!
10. Bagaimanakan organisasi sebuah proyek konstruksi?
11. Jelaskan prosedur pelelangan untuk proyek negara/pemerintah!
12. Jelaskan fungsi kontrak dan jenis-jenis kontrak yang umum di bidang konstruksi bangunan!

Tugas pendalaman:

1. Carilah contoh dokumen kontrak pelaksanaan sebuah proyek bangunan gedung. Identifikasikan kelengkapan yang ada di dalam kontrak tersebut.
2. Pada pelaksanaan pembangunan sebuah proyek gedung, tinjaulah bagaimana kesesuaian pelaksanaan K3 sesuai yang dipersyaratkan.


. PENGGUNAAN PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN
. Aplikasi Komputer dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program MS Office dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program MS Project dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program STAAD/Pro dalam Teknik Bangunan
 . Aplikasi Program AutoCad dalam Teknik Bangunan

Pertanyaan pemahaman PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN:

13. Sebutkan dan jelaskan elemen-elemen lengkan suatu sistem komputer?
14. Sebutkan pengelompokan kategori program komputer dalam bidang teknik bangunan?
15. Jelaskan fungsi dari program MS Office?
16. Jelaskan fungsi dari program MS Project?
17. Jelaskan fungsi dari program STAAD/Pro?
18. Jelaskan fungsi dari program AutoCad?

Tugas pendalaman PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN:

3. Carilah sebuah contoh dokumen administrasi suatu perusahaan jasa konstruksi. Buatlah kembali dokumen tersebut dengan memanfaatkan program MS Office khususnya dengan Program MS Word!
4. Carilah sebuah Rancangan Anggaran Biaya (RAB) sebuah proyek bangunan sederhana. Buat kembali dokumen tersebut dengan Program MS Excel!
5. Presentasikan data perusahaan dengan Program MS PowerPoint dengan menggunakan data tugas nomor 1!
6. Selesaikan beberapa soal mekanika sederhana dengan Program STAAD/Pro, khususnya yang berkaitan dengan statika balok sederhana dan rangka batang sederhana!
7. Gambarlah sebuah rancangan denah, tampak dan potongan bangunan rumah tinggal dengan Program AutoCad.

DAFTAR PUSTAKA TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN


ISTILAH-ISTILAH TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN

STATIKA BANGUNAN

Polo pendem - buah - kue basa - untuk suguhan

Polo pendem - buah - kue basa - untuk suguhan

Afandi Kusuma
Jika disuguhkan tiga macem makanan seperti ini, kamu pilih yang mana sob?

RAFFA TRANS

Jl. Simpang Darmo Permai Selatan 3 no 7 Surabaya

Telepon : 0851-0212-3698 / 081-857-1198

 e-mail : raffael_ej @ yahoo . com

RAFFA TRANS telah berdiri sejak tahun 2005 dan telah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah di Surabaya Barat, dan kami juga melayani jasa antar jemput karyawati / karyawan  di beberapa perusahaan swasta dengan tujuan dari Surabaya barat  ke Pusat kota dan sekitarnya. Kami berusaha memberikan pelayanan yang sebaiknya dengan cara memberikan kenyamanan kendaraan dimana kami selalu melakukan peremajaan armada tiap 5 ( Lima ) tahun sekali, dimana kendaraan yang kami pakai untuk antar jemput pelajar antara lain : Toyota Kijang Inova G, Avanza G, Daihatsu Xenia Xi, Daihatsu Luxio Dan Grand Max , ketepatan waktu antar dan jemput dengan cara membatasi jumlah penumpang maksimum 7 (tujuh) penumpang per rute sehingga penumpang yang kami antar – jemput tidak terlalu lama dalam perjalanan sehingga dapat mengoptimalkan waktu belajar dirumah, ketersediaan layanan antar jemput dalam 6 hari dalam 1 minggu juga sebagai moto kami.

MOTO PERUSAHAAN
 ketepatan waktu antar - jemput dan melayani 6 hari dalam 1 minggu adalah moto kami ,




 Prinsip Kerja kami adalah “ Kepercayaan, Keamanan, Kenyamanan dan Ketepatan Waktu “, dimana
-   Kepercayaan
 Dengan pengalaman dan dedikasi kami dapat dipercaya untuk mengantar jemput siswa - siswi sehingga para orangtua dapat mempercayakan putra – putrinya pada kami.
-   Keamanan
 Dengan tenaga kerja Sopir yang handal dan berpengalaman, dimana akan menjaga keamanan siswa - siswi sampai dengan tujuan
-   Kenyamanan
 Dengan peremajaan armada setiap 5 (lima) tahun sekali dan membatasi jumlah penumpang maksimum 7 (tujuh) orang per rute sebagai jaminan kenyamanan dari kami
-   Ketepatan Waktu
 Dengan pengaturan waktu dan rute yang tepat, maka kami dapat mengusahakan mengantar dan menjemput siswa – siswi tepat waktu ke tujuan


Rute Utara : Dari Wiyung - Darmo Permai - Hr Mohamad Ke Mayjen Sungkono - Raya Darmo - Tunjungan - Embong Malang - Indrapura dan Perak
Jadwal Penjemputan Rute I  Masuk Kerja Jam 8 : 06:20 - Pulang 17:00
                   Rute II Masuk Kerja Jam 9 : 07:20 - Pulang 17:00
Rute Timur : Dari Wiyung - Darmo Permai - Hr Mohamad Ke Mayjen Sungkono - Raya Darmo - Raya Gubeng - Bilition - Kertjaya - Dharmahusada
Jadwal Penjemputan Rute I  Masuk Kerja Jam 8 : 06:20 - Pulang 17:00
                   Rute II Masuk Kerja Jam 9 : 07:20 - Pulang 17:00
Rute Kota : Dari Wiyung - Darmo Permai - Hr Mohamad Ke Mayjen Sungkono - Raya Darmo
Jadwal Penjemputan Rute I  Masuk Kerja Jam 8 : 07:20 - Pulang 17:00
Rute Pelajar : Dari Wiyung ( Wisata Bukit Mas , Royal Residance , Prambanan , Babatan Mukti )
 Rute I : SD Petra 10 Darmo harapan , Karitas
 Rute II : SMP Petra 1 Patung Kuda , SMA Petra I Depan Ptc
 Rute III : Surabaya Gramar School Wisata Bukit Mas, IVI Scholl, dan sekitrrnya


Harga Wiremesh M10 2015 dan M8

Harga Wiremesh 8mm dan 10mm

Harga Wiremesh 8mm dan 10mm berikut ini dicopy dari jayasteel.com. Untuk informasi harga wiremesh dengan ukuran tersebut atau ukuran yang lain bisa langsung menghubungi kontak yang ada di website tersebut. Selain wiremesh jayasteel juga menjual besi beton, brf, kawat bendrat, dan wirerod. Anda bisa mendapatkan harga loco pabrik, dan dengan harga sudah termasuk ppn.

Sebagai penulis konten di website resmi Jayasteel, kami dengan bangga menyajikan informasi terkini mengenai harga Wiremesh 8mm dan 10mm. Anda dapat menemukan data yang akurat dan terpercaya langsung di jayasteel.com. Kami memahami bahwa kejelasan dalam harga sangat penting bagi pelanggan yang sedang merencanakan proyek konstruksi atau renovasi. Oleh karena itu, kami menawarkan kemudahan akses ke informasi harga Wiremesh dengan berbagai ukuran, termasuk ukuran 8mm dan 10mm. Selain itu, Jayasteel bukan hanya menjadi penyedia Wiremesh, tetapi juga menawarkan berbagai material konstruksi berkualitas, seperti besi beton, BRC (Beton Reinforce Coil), kawat bendrat, dan wirerod, semuanya dengan harga yang bersaing.

Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118