Apem Gosong
Saat ini sudah banyak berbagai jenis makanan olahan. Apem hanya menjadi makanan saat ada acara 'selametan', dan biasanya hanya sebagai pelengkap dan diremehkan oleh banyak orang, untuk tidak dimakan. Bahkan banyak anak kecil yang menjadikannya hanya sebagai mainan.
Tentu saja tidak semua seperti itu. Ada juga yang suka apem. Makanan empuk dengan rasa kas. Bahkan ada seorang teman yang suka apem gosong. Biasanya yang gosong memang disisihkan, karena tampilannya kurang menarik untuk disuguhkan. Padahal bagi yang suka tadi, yang gosong lebih gurih dan lebih renyah.
(Foto dari Arif Gresik)
Buku siswa ini berbasis kegiatan (activity based)
1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi
Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasispenemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), danpenyelesaiaan masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Jakarta, Januari 2015
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
(Disalin dari Buku Sekolah kelas 6 SD, Tema 4 Globalisasi)
Daftar pustaka untuk pendidikan agama Islam SMP
Al Asqalani, Ibnu Hajar. Tt. Bulughul Maram. Beirut: Darul Fikr.
Al-Qur’an al-Karim.
Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. 1998. Al Islam 2. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Asy’ari, Sukmadjaja dan Rosy Yusuf. 1984. Indeks Al-Qur’an. Bandung: Pustaka.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah.
Bahreisj, Hussein. Tt. Hadist Shahih Bukhari Muslim. Surabaya: Karya Utama.
Departemen Agama RI. 2004. Al Quran dan Terjemahnya.
Ensiklopedi Hukum Islam. 1997. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Ensiklopedi Islam untuk Pelajar. 2001. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Ensiklopedi Islam. 1993. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Haekal, Muhammad Husain. 2005. Sejarah Hidup Muhammad (terj. Ali Audah).
Jakarta: Pustaka Jaya.
Halim, M. Nipan Abdul. 2000. Menghias Diri dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Hamka. 2003. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hidayat. Komaruddin, dan Gaus AF, Ahmad (editor). 2006. Menjadi Indonesia; 1
Abad Eksistensi Islam di Bumi Nusantara. Jakarta: Penerbit Mizan bekerja sama dengan Yayasan Festival Istiqlal.
K. Ali. 1996. Sejarah Islam: Tarikh Pra Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Miskawaih, Ibn.1994. Menuju Kesempurnaan Akhlak (alih bahasa: Helmi Hidayat).
Bandung: Mizan.
Qardhawi, Yusuf. 2000. Halal Haram dalam Islam (terj. Wahid Ahmadi et al.).
Solo: Era Intermedia.
Rahardjo, M. Dawam. 1996. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.
Rasyid, Sulaiman. 2001. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru al-Gresindo.
Shihab, M. Quraish.1996. Wawasan Al Qur’an: Tafsir Madhu‘i Atas Pelbagai Persoalan
Umat. Bandung: Mizan.
______ . 1999. Haji Bersama M. Quraish Shihab. Bandung: Mizan.
Thalbah, Hisam, Abdul Majid Zindani, Abd Al-Basith Muhammad Sayyid, dkk.
2008. Ensiklopedi Mukjizat Alquran dan Hadis. Bekasi: Sapta Pesona.
Munawwir, A.W. 1984. Kamus Al Munawir Arab–Indonesia. Surabaya: Penerbit
Pustaka Progresif.
Tim Puslitbang Lektur Keagamaan. 2003. Pedoman Transliterasi Arab Latin. Jakarta:
Proyek Pengkajian dan Pengembangan Lektur Pendidikan Agama.
Contoh soal Agama untuk SMP untuk persiapan UN dan ujian sekolah
1. Tulislah Surah asy-Syarh. [94] ayat kelima dengan harakat yang tepat!
2. Jelaskan kandungan Surah asy-Syarh. [94] ayat kedua dan ketiga!
3. Apa hikmah yang terkandung dalam Surah asy-Syarh. [94] ayat keenam?
4. Sebutkan hukum bacaan tajwid yang terdapat pada ayat keenam Surah asy-Syarh. [94]!
5. Apakah pengertian mad jaiz munfas.il?
6. Jelaskan pentingnya bertawakal kepada Allah Swt.!
7.

Tulislah terjemahan dan kandungan ayat di atas!
8. Mengapa bekerja keras tidak cukup tanpa disertai dengan berdoa?
9. Sebutkan contoh kerja keras bagi pelajar!
10. Tulislah Surah asy-Syarh. [94] ayat ketujuh dengan benar!
Jawablah dengan tepat!
1. Tulislah hadis yang menjelaskan bahwa kebersihan adalah setengah dari iman!
2.

Jelaskan kandungan hadis di atas!
3. Jelaskan kandungan Surah al-Baqarah [2] ayat 222!
4. Sebutkan tiga tingkatan kebersihan menurut Imam al-Gazali!
5.

Jelaskan maksud potongan hadis di atas!
6. Jelaskan konsep Islam tentang kebersihan harta!
Unsur-unsur peta - Skala, garis, warna, legenda


Peta yang baik memberikan informasi yang benar. Peta yang baik memberikan informasi keadaan suatu daerah. Peta yang baik menunjukkan letak dan jarak suatu tempat secara jelas dan pasti. Peta yang baik memuat sejumlah unsur. Unsur-unsur itu membantu kita mengetahui keadaan sebenarnya. Apa saja unsur-unsur tersebut? Mari kita mulai dengan mengamati peta berikut!
Peta yang baik memiliki beberapa unsur. Simaklah dengan saksama gambar peta di bawah ini! Coba sebutkan lima unsur peta yang terdapat dalam gambar peta tersebut!

Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Membaca Peta Lingkungan Setempat ..
Menggambar Peta Lingkungan Setempat ..
Mengukur Jarak Memakai Skala Sederhana .
Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam .
Keanekargaman Kenampakan Alam ..
Gejala-gejala Alam ....
Perilaku Masyarakat dan Peristiwa Alam .
Keragaman Sosial Budaya karena Keragaman Kenampakan Alam....
Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat
Macam-macam Sumber Daya Alam ...
Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia .
Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam .
Kuliner Suwur
Warung Mbak Har
Ayo Belajar TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN
. LINGKUP PEKERJAAN DAN PERATURAN BANGUNAN
. Ruang Lingkup Pekerjaan Bangunan
Ruang Lingkup Pekerjaan Bangunan
Lingkup Pekerjaan dan Proyek Bangunan
Jenis pekerjaan konstruksi
Bidang Ilmu dalam Teknik Bangunan
. Peraturan Bangunan
. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Pelatihan Program K3
. Kriteria Desain dalam Penyelenggaraan Bangunan
. Manajemen Pelaksanaan Konstruksi
Pelelangan Proyek Konstruksi
Pertanyaan pemahaman TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN:
1. Jelaskan lingkup pekerjaan teknik bangunan?
2. Sebutkan bidang-bidang ilmu pendukung bidang teknik bangunan?
3. Sebutkan peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan
dengan penyelenggaraan bangunan?
4. Jelaskan fungsi K3 pada pekerjaan konstruksi bangunan?
5. Sebutkan prinsip-prinsip kerja untuk mendukung K3?
6. Jelaskan aspek-aspek penting pelaksanaan K3 di lapangan?
7. Sebutkan kelengkapan dan peralatan K3 khususnya untuk pekerjaan
konstruksi, beserta fungsinya?
8. Sebutkan persyaratan-persyaratan bangunan?
9. Jelaskan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan
proyek konstruksi!
10. Bagaimanakan organisasi sebuah proyek konstruksi?
11. Jelaskan prosedur pelelangan untuk proyek negara/pemerintah!
12. Jelaskan fungsi kontrak dan jenis-jenis kontrak yang umum di bidang
konstruksi bangunan!
Tugas pendalaman:
1. Carilah contoh dokumen kontrak pelaksanaan sebuah proyek bangunan gedung. Identifikasikan kelengkapan yang ada di dalam
kontrak tersebut.
2. Pada pelaksanaan pembangunan sebuah proyek gedung, tinjaulah
bagaimana kesesuaian pelaksanaan K3 sesuai yang dipersyaratkan.
. PENGGUNAAN PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN
. Aplikasi Komputer dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program MS Office dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program MS Project dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program STAAD/Pro dalam Teknik Bangunan
. Aplikasi Program AutoCad dalam Teknik Bangunan
Pertanyaan pemahaman PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN:
13. Sebutkan dan jelaskan elemen-elemen lengkan suatu sistem
komputer?
14. Sebutkan pengelompokan kategori program komputer dalam bidang
teknik bangunan?
15. Jelaskan fungsi dari program MS Office?
16. Jelaskan fungsi dari program MS Project?
17. Jelaskan fungsi dari program STAAD/Pro?
18. Jelaskan fungsi dari program AutoCad?
Tugas pendalaman PROGRAM KOMPUTER DALAM TEKNIK BANGUNAN:
3. Carilah sebuah contoh dokumen administrasi suatu perusahaan jasa
konstruksi. Buatlah kembali dokumen tersebut dengan
memanfaatkan program MS Office khususnya dengan Program MS
Word!
4. Carilah sebuah Rancangan Anggaran Biaya (RAB) sebuah proyek
bangunan sederhana. Buat kembali dokumen tersebut dengan
Program MS Excel!
5. Presentasikan data perusahaan dengan Program MS PowerPoint
dengan menggunakan data tugas nomor 1!
6. Selesaikan beberapa soal mekanika sederhana dengan Program
STAAD/Pro, khususnya yang berkaitan dengan statika balok
sederhana dan rangka batang sederhana!
7. Gambarlah sebuah rancangan denah, tampak dan potongan
bangunan rumah tinggal dengan Program AutoCad.
DAFTAR PUSTAKA TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN
Polo pendem - buah - kue basa - untuk suguhan
Polo pendem - buah - kue basa - untuk suguhan
Jika disuguhkan tiga macem makanan seperti ini, kamu pilih yang mana sob?
RAFFA TRANS
Telepon : 0851-0212-3698 / 081-857-1198
e-mail : raffael_ej @ yahoo . com
.jpg)
RAFFA TRANS telah berdiri sejak tahun 2005 dan telah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah di Surabaya Barat, dan kami juga melayani jasa antar jemput karyawati / karyawan di beberapa perusahaan swasta dengan tujuan dari Surabaya barat ke Pusat kota dan sekitarnya. Kami berusaha memberikan pelayanan yang sebaiknya dengan cara memberikan kenyamanan kendaraan dimana kami selalu melakukan peremajaan armada tiap 5 ( Lima ) tahun sekali, dimana kendaraan yang kami pakai untuk antar jemput pelajar antara lain : Toyota Kijang Inova G, Avanza G, Daihatsu Xenia Xi, Daihatsu Luxio Dan Grand Max , ketepatan waktu antar dan jemput dengan cara membatasi jumlah penumpang maksimum 7 (tujuh) penumpang per rute sehingga penumpang yang kami antar – jemput tidak terlalu lama dalam perjalanan sehingga dapat mengoptimalkan waktu belajar dirumah, ketersediaan layanan antar jemput dalam 6 hari dalam 1 minggu juga sebagai moto kami.
MOTO PERUSAHAAN
ketepatan waktu antar - jemput dan melayani 6 hari dalam 1 minggu adalah moto kami ,