Jepang dan Benua Asia

Mencoba mengenal lebih jauh contoh negara di Asia, yaitu Jepang. Penjelasan tentang Jepang adalah sebagai berikut.

a. Bentuk pemerintahan Jepang
Jepang merupakan negara dengan sistem pemerintahan kekaisaran. Kepala negaranya disebut dengan Kaisar dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Negara ini beribu kota di Tokyo yang terletak di Pulau Honshu.

b. Letak dan luas Jepang
Jepang merupakan negara kepulauan dengan 3000 buah pulau, tetapi bagian dari Benua Asia. Benua Asia dan kepulauan Jepang dipisahkan oleh laut Jepang.
Pulau terbesar dan menjadi daerah aktivitas adalah Pulau Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Negara Jepang terletak antara 129o BT – 147o BT dan 20o LU – 50o LU dengan luas keseluruhan negara Jepang sekitar 377.815 km2 .
.
c. Iklim Jepang
Sebagian besar negara ini beriklim sedang dan sebagian kecil beriklim tropis. Waktu matahari beredar ke utara (Juni – September) maka terjadi musim panas, karena itu wilayah pantai timur negara Jepang dipengaruhi angin laut dari samudra Pasifik, sedangkan wilayah timur terjadi angin kering. Pada waktu matahari beredar di selatan (Oktober – Mei) bergerak angin dari wilayah Siberia yang dingin yang menimbulkan hujan salju di wilayah pantai barat, sedangkan wilayah pantai timur terjadi angin kering. Curah hujan tahunannya berkisar antara 1000 – 3.000 mm dengan suhu rata – rata 23o C. selain angin dari laut, wilayah pantai timur dipengaruhi arus panas yang dikenal Kurosyiwo, sehingga wilayah pantai timur kondisi udaranya hangat.

d. Keadaan alam Jepang
Wilayah Jepang dilalui oleh pegunungan Sirkum Pasifik, maka sebagian besar (71 %) terdiri atas wilayah pegunungan, sehingga banyak gunung api yang aktif, sedangkan daratannya yang dipisahkan pegunungan sempit yang dijadikan aktivitas penduduk negara Jepang. Masalah alam yang sering melanda negara ini yaitu: Letusan  gunung api, banjir, gempa bumi, dan angin topan.

e. Flora dan fauna Jepang
Sebagian besar pegunungan, maka daerah tersebut dijadikan lahan hijau yang tidak diganggu dan tertutup hutan. Karena daerahnya bersalju dengan iklim sedang, maka tumbuh hutan konifer, sedangkan sebelah selatan yang dipengaruhi angin laut tumbuh berdaun lebat.
Fauna yang dapat hidup di wilayah ini yaitu babi hutan, rusa, serigala dan monyet. Fauna ini sesuai dengan kondisi alam yang hampir sama dengan daerah
beriklim tropis.

f. Penduduk Jepang
Kondisi iklim memengaruhi aktivitas penduduk karena itu aktivitas penduduk sebagian besar berada di pulau Honshu. Penduduk asli Jepang adalah bangsa Ainu. Penduduk Jepang mempunyai sifat yang perlu ditiru seperti: ulet, rajin, disiplin.
Sifat ini yang mengantarkan negara Jepang menjadi negara maju.

g. Perekonomian Jepang
Sifat orang Jepang yang ulet, rajin, disiplin, menghargai karya sendiri dan bangga terhadap negara sendiri menjadi dasar bagi perkembangan negara. Dengan sifat ini orang Jepang membangun negerinya sampai menjadi negara industri utama dan maju. Kemajuan negaranya berdampak terhadap pendapatan rata-rata penduduk yang tinggi sekitar US $ 28.220/ kapita.
Pertanian Jepang berkembang pada lahan yang sempit sekitar 16% yang menghasilkan beras, gandum, kedelai jelai (jenis gandum) sayuran dan buah-buahan  serta ulat sutra. Peternakan sapi yang berkembang menghasilkan susu.

h. Perikanan Jepang
Perairan sebelah timur Jepang dipengaruhi arus laut panas (kurosyiwo) dan arus dingin (oyasyiwo) sehingga daerah ini menjadi tempat perikanan terbesar bagi negara Jepang. Selain perairan yang bagus ditunjang oleh alat dan perlengkapan perikanan yang modern, sehingga produk perikanan ini dapat memenuhi kebutuhan penduduk Jepang.

i. Pertambangan Jepang
Jepang merupakan negara yang miskin barang tambang, sehingga kebutuhan barang tambang didatangkan dari negara lain seperti minyak, gas bumi, batu bara, bijih besi, tembaga, timah, seng, belerang batu kapur dan gypsum.

j. Perindustrian Jepang
Kemampuan orang Jepang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dapat bersaing, sehingga industri yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Produk perindustrian Jepang seperti: elektronik, bahan kimia dasar, tekstil industri berat dan otomotif.


Benua Asia
Benua Asia terletak antara 26o BT – 169o   BB dan 11o LS – 77o LU. Benua Asia merupakan benua terbesar (hampir 1/3 daratan permukaan bumi). Wilayahnya membentang dari wilayah kutub utara sampai equator dan sebelah barat dari Laut Tengah, Laut Merah, pegunungan Ural sampai Samudra Pasifik.

Beberapa negara yang ada di Benua Asia ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa kawasan sebagai berikut.

Tabel Kawasan Di Benua Asia

No Kawasan Negara
1 Asia Utara Wilayah negara Rusia
2 Asia Barat Siprus, Turki
3 Asia Barat Daya Lebanon, Israel, Palestina, Suriah, Yordania, Irak, Iran, Afganistan, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman
4 Asia Selatan Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Srilangka,Maladewa
5 Asia Tengah Mongolia, Azerbaijan, Kazakstan, Tajikistan, Turkmenistan, Armenia, Uzbekistan
6 Asia Timur RRC, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan
7 Asia Tenggara Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina.


Sirkum Pasifik dari pegunungan di Jazirah tenggelam dan muncul pegunungan di Kep. Jepang tenggelam muncul pegunungan di Filipina tenggelam muncul sebagai gunung di Sulawesi Utara, pegunungan di Halmahera dan berakhir di Kep. Maluku.


Jepang dan Benua Asia 
Brazil dan Benua Amerika
Mesir dan Benua Afrika 
Belanda dan Benua Eropa
Benua Australia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar











.





.

.














Tampil di blog ini