PROPORSI - PRINSIP PERANCANGAN RUANG DALAM

Proporsi adalah suatu prinsip, tidak hanya dari arsitek tetapi dari kehidupan sehari-hari, misalnya: hukum proporsi alam bahwa bintang bersinar dimalam hari, air sungai mengalir ke laut … dan sebagainya.
Dari kenyataan ini bahwa arsitektur adalah sesuatu yang berkualitas baik seni dan proporsi (The Art Of Proportion). Dalam arsitektur Proporsi adalah:
1.VITRUVIUS (1486)
Proporsi adalah sesuatu yang berhubungan dengan ukuran dengan ukuran dari seluruh aspek pekerjaan dan bagian tertentu yang dijadikan standar.
2. ALBERTI
Proporsi berasal dari kata concinnitas, yang artinya suatu kebrhasilan kombinasi dari angka, ukuran dan bentuk (numerus, fiinitio, collocatio).
Jadi proporsi merupakan hubungan antar bagian dari suatu desain atau hubungan antara bagian dengan keseluruhan. Oleh karena itu suatu perbandingan (ratio) akan merupakan dasar dari setiap sistem proporsi yaitu suatu nilai yang memiliki harga tetap dapat digunakan sebagai pembanding yang lain. Bahwa, suatu proporsi yang baik terletak pada hubungan antara bagian-bagian suatu bangunan atau antara bagian bangunan dengan bangunan secara keseluruhan. Hal ini menumbuhkan satu sistem proporsi yang menarik untuk dikembangkan yaitu: Golden Section.
Dalam sistem ini mempunyai 2 arti, secara matematis dan geometris.
-Secara Matematis
Golden Section merupakan sistem proporsi yang berasal dari konsep pytagoras dimana “semua ukuran adalah angka”. Dan merupakan kepercayaan keharmonisan bagi seluruh struktur bangunan.
-Secara Geometris
Golden Section dapat diartikan sebagai sebuah garis yang dibagi-bagi sedemikian rupa sehingga bagian yang lebih pendek dibanding dengan bagian yang panjang adalah sama dengan bagian yang panjang berbanding dengan panjang keseluruhan atau dapat dijabarkan dalam persamaan sebagai berikut:
A : B = B : (A + B)
..... Lebih lengkap tentang PRINSIP PERANCANGAN RUANG DALAM

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar











.





.

.














Tampil di blog ini