Tidak tepat jika periklanan ditujukan hanya untuk mempengaruhi penjualan, sebab banyak variabel yang mempengaruhi penjualan, termasuk iklan itu sendiri. Pendekatan yang lebih tepat adalah bila tujuan periklanan diarahkan pada tahap-tahap kesiapan pembeli untuk membeli produk, yaitu mengubah pelanggan dari tidak tahu menjadi memahami, mengambil sikap, lalu membeli. Oleh karena itu pemasar harus menentukan tahap mana yang perlu digarap lewat iklan.
Ada beberapa cara untuk menentukan tujuan periklanan, yaitu :
1. Inventory Approach
Dalam pendekatan ini tujuan pengiklanan ditentukan atau diambil dari kumpulan berbagai tujuan perusahaan dilihat dari seluruh sudut pandang pemasaran perusahaan. Dengan pendekatan ini pemasar dapat menyadari bahwa ada banyak tujuan berbeda yang bias ditekankan dalam pengiklanan, dan pemilihan tujuan hendaknya mempertimbangkan tujuan pemasaran lainnya. Akan tetapi kelemahan dari pendekatan ini adalah bahwa tujuan yang dapat dipilih mungkin tidak feasible atau malah bertentangan.
2. Hierarchy Approach
Pendekatan ini didasarkan pada dugaan bahwa sebelum membeli produk, pelanggan melewati tahapan-tahapan variabel psikologis.
Oleh karena itu, tujuan periklanan haruslah menggerakkan tahapan-tahapan tersebut dalam suatu hirarki. Tujuan periklanan misalnya menarik perhatian awal pelanggan, persepsi, lalu perhatian yang lebih besar, dan minat membeli. Atau dapat pula mempengaruhi pemahaman perasaan, emosi, motivasi, keyakinan, minat, keputusan, citra, asosiasi, ingatan dan pengenalan pelanggan. Meskipun demikian, sulit sekali menghubungkan tujuan-tujuan itu dengan tujuan pemasaran. Selain itu pengukuran variabel psikologis juga sulit dilakukan dan bersifat subjektif apabila dibandingkan pengukuran pencapaian tujuan, seperti laba misalnya.
3. Attitudinal Approach
Pendekatan ini menyarankan agar sasaran tujuan periklanan adalah mempengaruhi struktur sikap.
Tujuan-tujuan periklanan dapat berupa penyataan-pernyataan berikut :
• Mempengaruhi kekuatan yang paling berpengaruh dalam pemilihan kriteria untuk mengevaluasi merek dari kelas produk tertentu.
• Menambah karakteristik pada hal-hal yang dianggap menonjol pada kelas produk.
• Mengubah persepsi terhadap merek perusahaan pada beberapa karakteristik produk tertentu yang menonjol atau penting.
• Mengubah persepsi terhadap merek-merek yang bersaing pada beberapa karakteristik produk tertentu yang menonjol atau penting.
Pendekatan ini adalah penyempurnaan dari pendekatan hirarki, di mana pendekatan ini berupaya menghubungkan tujuan periklanan dengan tujuan pemasaran. Pendekatan sikap tidak hanya menunjukkan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan iklan, tetapi juga menunjukkan hasil-hasil tertentu yang akan dicapai. Tugas-tugas periklanan tersebut selanjutnya bisa dipakai untuk menentukan tujuan media.
PERSEWAAN ALAT PESTA SIDOARJO + SURABAYA
🍉 Bro, kamu lagi butuh alat pesta buat acara kamu nanti? Gak usah pusing deh, kami kasih tau nih tempat yang bisa ngebantu kamu banget. Namanya Suwur, sedang n...WUJUDKAN RUMAH IMPIANMU DENGAN SENTUHAN KREATIVITAS OMASAE
JASA PEMBANGUNAN RUMAH BARURumah bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga wadah ekspresi kreativitas kita. Omasae hadir untuk mewujudkan rumah impianmu d...PERSEWAAN ALAT PESTA TENDA SUWUR : WEDDING ORGANIZER
Persewaan Alat Pesta Tenda Suwur : Wedding organizer Tenda Suwur Services.TENDA SUWUR melayani persewaan alat pesta lengkap, catering, dan wedding organize...
- Kanopi Baja Ringan Dengan Sistem Penguncian | Omasae
- Kanopi Baja Ringan dengan Atap Polikarbonat: Pilihan Elegan untuk Rumah Modern
- Kanopi Teras: Pilihan Desain untuk Kenyamanan dan Gaya Rumah Anda
- Pasang Kanopi Premium di Prajurit Kulon, Mojokerto
- Pemasangan Kanopi Baja Ringan Sendiri: Hemat Biaya, Tetap Kokoh!
Jaya Steel
- Teknik Pemasangan Besi Beton yang Tahan Gempa: Kunci Bangunan Kuat dan Aman
- Cara Pasang Wiremesh yang Benar untuk Lantai Beton: Panduan Lengkap untuk Hasil Maksimal
- Sejarah Penggunaan Besi Beton dalam Dunia Konstruksi: Revolusi yang Mengubah Wajah Bangunan
- Update Harga Wiremesh Terbaru 2025 Berdasarkan Ukuran dan Berat
- Mengenal Lebih Dekat Harga dan Penggunaan Besi Beton per Kg
Tugas dan Catatan Sekolah
-
ARSITEKTUR
Agama
Air
Akuntansi
Artikel
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bank Soal
Biologi
Budaya
Cerita
Cerpen
Fiksi
Fisika
Gizi
Internet
Kesehatan
Kesenian
Kimia
Komputer
Latihan Soal
Marketing
Matematika
Naskah Drama
Patiseri
Pengetahuan
Puisi
Resep Masakan
Sejarah
Sekretaris
Seks
Struktur
Teknologi
Tips
USAHA
bisnis
iklan
manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar