Latihan soal PKN SMP Kelas 7 - dari bank soal - untuk menghadapi ujian sekolah

Anting Kristal Swarovski Bulir AKS06A.
1. Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat terletak pada ...
a. sumbernya
b. isinya
c. sanksinya
d. daerah berlakunya

2. Ada empat macam norma, kecuali ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kepercayaan

3. Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua.
Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

4. Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas adalah norma ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

5. Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
a. keseimbangan
b. keselarasan
c. kepastian
d. ketertiban

6. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...
a. Ius Constituendum
b. Ius Soli
c. Ius Sanguinus
d. Ius Constitutum

7. Salah satu sumber hukum diantaranya adalah ...
a. jurisprudence
b. undang – undang
c. dekrit
d. coup d’etat

8. Hukum yang dicita – citakan oleh bangsa Indonesia adalah ...
a. hukum nasional
b. sistem hukum nasional
c. sub sistem hukum nasional
d. sub hukum nasional

9. Menyebrang jalan melalui zebra cross, sebaiknya dilakukan karena ...
a. ingin dipuji
b. takut
c. sesuai dengan aturan yang berlaku
d. terpaksa

10. Penduduk adalah seseorang yang ...
a. tinggal di suatu tempat
b. tinggal di suatu tempat tertentu
c. tinggal di suatu daerah
d. tinggal di suatu daerah tertentu

_______________________________
B.
1. Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah …
a. untuk menjalin hubungan yang akrab diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
b. dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk menunjukkan kepada dunia luarbahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
d. perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru.

2. Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain adalah ...
a. bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b. untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat.
c. menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air.
d. perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru yang mempunyai tanggungjawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan.

3. Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
a. nilai hak kodrat
c. nilai pemersatu bangsa
b. nilai religius
d. nilai demokrasi

4. Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama bangsa Indonesia disusun oleh wakilwakil rakyat Indonesia yang duduk di BPUPKI yang bersidang dan berdiskusi serta mengambil keputusan dan atas kesepakatan bersama mengenai isi dari Undang-Undang Dasar 1945, oleh karena itu Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama memiliki …
a. nilai hak kodrat
c. nilai pemersatu bangsa
b. nilai religius
d. nilai demokrasi

5. Yang dimaksud nilai hak kodrat yang terdapat dalam Konstitusi pertama adalah …
a. hak yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang melekat pada manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social.
b. hakikat manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang selalu tunduk dan setia kepada Nya.
c. kodrat sebagai bangsa yang merdeka yang memperjuangkan kemerdekaannya dengan jerih payah sendiri bukan dari pemberian bangsa lain;
d. hak atas kehidupan yang layak bagi setiap manusia dengan kewajiban yang hakiki harus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

6. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan

7. Pokok Pikiran III yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.

8. Pokok Pikiran IV yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

9. Berikut ini merupakan contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan …
a. menunggu perintah dari negara untuk menyerang negara musuh;
b. menjadi pengemis untuk menyambung hidup;
c. belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa;
d. berani menentang kebijakan yang lebih populis.

10. Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi Pertama adalah …
a. menjunjung tinggi hukum yang berlaku
b. berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan;
d. bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah

___________________________
C.
1. Unsur – unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah ...
a. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
b. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
c. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga negara, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan negara.
d. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.

2. Yang merupakan instrumen hukum HAM nasional adalah ...
a. Komnas HAM
b. Pengadilan HAM
c. UURI No. 39 Tahun 1999
d. UURI No. 22 Tahun 1999

3. Lahirnya Perundang – undangan HAM nasional terutama di dorong untuk keperluan ...
a. mencegah berkembangnya individualisme
b. memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c. melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d. mengembangkan hak – hak warga negara agar sederajat dengan bangsa – bangsa lain di dunia

4. Dalam menjalankan fungsi mediasi Komnas HAM berperan ...
a. melakukan penelitian berbagai instrumen HAM
b. menyebar wawasan mengenai HAM kepada masyarakat
c. menyelesaikan perkara HAM melalui cara konsultasi, negoisasi, konsiliasi dan penilaian ahli
d. mengamati pelaksanaan HAM
dan menyusun laporan hasil
pengamatan tersebut

5. Manakah yang termasuk sikap positif terhadap upaya penegakan HAM . . .
a. mendukung penyelesaian pelanggaran HAM diserahkan sepenuhnya pada kesadaran masing–masing pelaku pelanggaran
b. mendukung pemberian perlindungan terhadap korban dan saksi pelanggaran HAM dari ancaman pihak manapun
c. tidak setuju terhadap pelaksanaan peradilan HAM yang diperlakukan surut
d. setuju demi penegakan HAM bagi yang didakwa melanggar meskipun tidak terbukti bersalah tidak perlu diberikan hak rehabilitasi

6. Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari iptek, memperoleh informasi, melakukan pekerjaan  sosial merupakan contoh–contoh yang dijamin dalam ...
a. hak untuk hidup;
b. hak mengembangkan diri;
c. hak atas rasa aman
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan

7. Berikut merupakan hak atas kesejahteran adalah ...
a. perlindungan dari ancaman ketakutan
b. memilih dalam pemilihan umum
c. memperoleh pekerjaan yang layak;
d. perlindungan terhadap penyiksaan,

8. Hak perlindungan oleh orang tua, keluarga, masyarakat dan negara, beribadah menurut agamanya, berekspresi, perlindungan dari eksploitasi ekonomi, pekerjaan, pelecehan sexual, perdagangan anak, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, merupakan beberapa contoh ...
a. hak anak;
b. hak memperoleh keadilan;
c. hak atas rasa aman;
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan

9. Berikut ini merupakan tugas Komisi Perlindungan Anak Indonesia kecuali:
a. melakukan penyidikan terhadap berbagai kasus pelanggaran hak anak.
b. melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak;
c. memberikan laporan, saran, masukan, dan pertimbangan kepada Presiden dalam rangka perlindungan anak;
d. mengumpulkan data dan informasi, menerima pengaduan masyarakat, melakukan penelaahan, pemantauan, evaluasi, dan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.

10. Sikap mengikuti “hati sendiri”, enak sendiri, malah juga kaya sendiri, dan lain–lain, mengakibatkan orang dengan begitu mudah menyalahgunakan kekuasaannya, meremehkan tugas, dan tidak mau memperhatikan hak–hak orang lain, dapat menjadi penyebab terjadinya pelanggaran HAM, karena ...
a. mengedepankan hati nurani
b. kurang dan tipisnya rasa tanggungjawab;
c. menonjolkan kolektivisme;
d. kurang berfungsinya lembaga–lembaga penegak hukum (polisi, jaksa dan pengadilan).

_____________________________
D.
1. Kemerdekaan mengemukakan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang diatur dalam ...
a. Pasal 28 B UUD 1945
b. Pasal 28 C UUD 1945
c. Pasal 28 D UUD 1945
d. Pasal 28 E UUD 1945

2. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
a. rakyat
b. warga negara
c. penduduk
d. setiap orang

3. Kemerdekaan mengemukakanpendapat berarti mengeluarkan pendapat secara ...
a. bebas dan bertanggung jawab
b. tanpa pertanggungjawaban
c. bebas dantanpa batas
d. bebas dan sekehendaknya sendiri

4. Dalam menyampaikan pendapatnya di muka umum, setiap warga negara berkewajiban untuk ...
a. menghormati kebebasan orang lain
b. menolak pendapat orang lain
c. mengganggu ketertiban umum
d. tidak perlu berpendapat bila tidak perlu

5. Agar tuntutannya diperhatikan orang banyak dan pemerintah, seseorang mengemukakan pendapatnya de-ngan mengirimkan surat pembaca di surat kabar. Cara tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel

6. Seseorang membuat spanduk untuk mengingatkan orang akan bahaya narkotika. Peringatan melalui spanduk tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel

7. Kemerdekaan mengemukakan secara bebas dan bertanggung jawab adalah ...
a. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan tetap menjaga ketertiban masyarakat
b. Kemerdekakan mengemukakan pendapatdengan mengutamakan kepentingan perorangan
c. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan memajukan kepentingan kelompok
d. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan mengutamakan kepentingan pemerintah

8. Kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam melaksanakan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab, antara lain ...
a. melindungi hak asasi manusia
b. menghargai prinsip praduga tidak bersalah
c. menyelenggarakan pengamanan
d. menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa

9. Apabila kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dilanggar oleh masyarakat, maka dimungkinkan akan terjadi ...
a. masyarakat hidup tenteram
b. konflik kepentingan dalam masyarakat
c. keadaan masyarakat yang berkeadilan
d. terjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa

10. Salah satu bentuk penyampaian pendapat di muka umum adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara demonstratif di muka umum. Kegiatan tersebut disebut ...
a. demonstrasi
b. rapat umum
c. pawai
d. mimbar bebas



Persewaan Alat PestaKoleksi Abaya-Busana Muslim okRek.com · DutaPulsa

dari buku sekolah

56 komentar:

  1. selain ini ada rangkuman,soal, n kuncinya keeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!????????????
    thankks yaaaaaaaaaa......!!!!!!!?????? he...he...he...

    BalasHapus
  2. sok tau,
    gak berguna aja dipost lu bego dasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, emangnya siapa kmu? ngejek2 kaya gitu. uuuuuuu...

      Hapus
    2. Tak ada jawaban susah

      Hapus
    3. Jawabannya cari sendiri lah gan :huahaha:

      Hapus
  3. makasih yo soalnya...
    kebetulan pas butuh nich...
    thx banget deh...

    BalasHapus
  4. thanks yyaa,,,

    BalasHapus
  5. kunci jawabannya mana nih..?

    BalasHapus
  6. Yaaa Ampun,, mirip kya buku saya niee. . .
    dari "Contextual Teaching and Learning, BSE(Buku Sekolah Elektronik) Heheh.. bener kan..?

    BalasHapus
  7. Lanjutan: Yang Penulisnya "A.T Sugeng Priyanto,..."

    BalasHapus
  8. tanks yaaaaaaaaaaa gw jd lebih bs ngerjain tugas....hehehehe.....

    BalasHapus
  9. makasih ya...tp ada pembahasannya gak?

    BalasHapus
  10. kereen!! cool! hmm.. ada pembahasannya gak??? hehehe.. biar nilai ujian smt ntar gak pas- pas an

    BalasHapus
  11. bagus bangeeeeeeettt tpi kyanya gak ad kunci jawabannya y....???????

    BalasHapus
  12. haha yess kayanya guee bakal gede nih nilainya AMIN
    ya ALLAH semoga nilaiku gede AMIN
    thank's ya..It's for you

    BalasHapus
  13. godai aku lagi. .

    BalasHapus
  14. thank's.
    kalau bisa soalnya ditambah lagi,okey

    BalasHapus
  15. yailah sama persis kayak dibuku. padahal lagi butuh bgt ni.

    BalasHapus
  16. hy aku butuh bgt bku ini tlg aku minta jawaban nya yach tlggggg ...>?????

    BalasHapus
  17. kunci jwbanya mna nih...
    klo gtu mah sma aj...
    jiahhhh................

    -_______-

    BalasHapus
  18. coba ada JAwabanya ..
    hehehehehehehe ...

    BalasHapus
  19. wooow...
    soal x bgus bngtzz

    tpi syang gg ada kunci jwaban x

    percuma dechhh...!!!

    BalasHapus
  20. Thanks ya, lengkap ...........
    Bisa bantu buat cerdas cermat besok

    BalasHapus
  21. aku suka soal ini, bisa meningkatkan kelancaran pas ULUM besok,.

    BalasHapus
  22. ada kunci jawabannya ga

    BalasHapus
  23. Titania cyank alipp pholepell29 Januari 2012 11.40

    yeachh, payah bnget dagh .. masa gak ada Kunci jawaban'y
    uuqhh, gak seru !!!!!! ;(

    BalasHapus
  24. kunci jawabanya donk, hehe

    BalasHapus
  25. JABANYA mana?? :)

    BalasHapus
  26. jawabany mana nich???

    BalasHapus
  27. rooidatun nahda6 Juni 2012 18.46

    Thanksss yA, tapi jwbnya mana?
    mokasiak dedau au kinaite nam men.

    BalasHapus
  28. Terimakasih atas soal y ya...

    BalasHapus
  29. wooooy kunci jawabanya mana woooooy, susah nih ngerjainnya... yeeee

    BalasHapus
  30. ayo dong da kuncinya biar pr gue selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, ayo teman-teman yang lain,
      bantu bikinkan jawabannya ya.
      tinggal ditulis dikomentar ini saja.
      misalnya:
      A.
      1 = a
      2 = d
      ...

      Hapus
  31. ayo dong ada kuncinya biar pr saya selesai

    BalasHapus
  32. JAWABANNYA FRIEND DIBAWAH INI:
    1.C
    2.D
    3.B
    4.D
    5.D
    6.C
    7.B
    8.B
    9.C
    10.A

    BalasHapus
  33. terima kasih untuk yang telah memberikan jawaban,
    bagi teman-teman yang lain, silakang jika berkenan melanjutkan atau mengoreksi.
    Terima kasih

    BalasHapus
  34. makasih yach buat soal nya .. :)

    BalasHapus
  35. bagus juga soalnya tapi masa ga ada kunci jawabannya?

    BalasHapus
  36. JAWABAN YANG BENAR :

    1. D
    2. D
    3. B
    4. D
    5. D
    6. A
    7. A
    8. A

    BalasHapus
  37. GIMANA CR MENG HADAPI ULANGAN SEMESTER SATU?

    BalasHapus
  38. vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv

    BalasHapus
  39. ngomong ngomong kunci jawabannya gk Ad

    BalasHapus
  40. 6 yg A jawabannya apa gan?

    BalasHapus
  41. mana kunci jawabannya??
    alay ah

    BalasHapus
  42. kok gg ad K.J-nya sih -_-"

    BalasHapus
  43. https://lh5.googleusercontent.com/-nkyzLkHUPg8/T2WEYdFqFxI/AAAAAAAACaQ/Mu1yPq91yuc/s36/10.gif

    BalasHapus
  44. gk ada yang sma soalnya ,, dan jga soalnya gk bagus bagus

    BalasHapus
  45. gk ada soal yg laen aph

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus

busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

CV GMP: Penjual Depot air minum Isi Ulang

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Teman Blog Ini