Pengertian Modernisasi

Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut.
a. Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
b. Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam buku Sosiologi: suatu pengantar)

Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut.
a. Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
b. Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup dalam masyarakat.

Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu sebagai berikut.
a. Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat.
b. Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
c. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
d. Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
e. Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin, sedangkan di lain pihak berarti pengurangan kemerdekaan.
f. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.

Dari Buku Sekolah
Terima kasih: Duta Pulsa - Persewaan Alat Pesta



. Batik Cantik | Belajar MODE Busana | Besi Beton Murah | Waralaba Depo Air Minum | Pemasangan Depo Air Minum Isi Ulang | Batik Sarimbit

15 komentar:

  1. modernisasi tercipta ketika alam semakin kehilangan pesonanya...

    BalasHapus
  2. keren euy~, mksh y :-3

    BalasHapus
  3. thanks a lot from ur informating

    BalasHapus
  4. siapa yg tau prinsip modernisasi..pusing ni

    BalasHapus
  5. HILANGNYA ARTI MODERNISASI

    Seiring perkembangan zaman intelektualitas semakin hari semakin terkikis dengan pemahaman yang terlalu prakmatis. arti ilmu yang terkandung dalam intinya semakin tidak berbobot.serta masuknya budaya barat yang mengikis budaya indonesia sendiri. lemahnya pemahaman keilmuan yang hanya dipahamai dengan rasionalisme jangka pendek tanpa ada rasionalisasi jangka panjang. bobroknya sistem pemerintahan yang kurang tegas terhadap peraturan - peraturan yang mereka buat. sebagian para ilmuan serta tokoh- tokoh agama yang hanya mempelajari luarnya saja tanpa ada nya pemikiran yang kuat tentang nasib generasi atau hanya asal asalan saja dan berorentasi pada uang semata . semoga bangsa ini mempunya orang orang yng berkualitas untuk mempertahankan kehidupan dunia ini menjadi lebih lama lagi.

    BalasHapus
  6. Bantu buat Kartu Kredit dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, bekerja sama dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- berminat hubungi
    chairul sarto utomo via sms telp
    PIN 52B77BDC TELP 088215334251. 085600125176 alamat kantor RUKO GALAKSI ARTERI SOEKARNO HATTA SEMARANG, LUAR KOTA SEMARANG BERKAS BISA DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com,

    BalasHapus
  7. Metrolagu adalah website penyedia download lagu, video klip, lirik lagu, dan chord gitar terbaru dengan kualitas terbaik yang mudah dan cepat. Kamu bisa download lagu indo, lagu barat, lagu dj terbaru, lagu k-pop, lagu populer, lagu religi, lagu anak-anak, dan beberapa lagu dari belahan dunia yang kamu mau tersedia secara gratis.
    download lagu

    BalasHapus

Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118