Perancangan Arsitektur -Penjelasan Alur Pemikiran -INFORMASI DAN PELAYANAN PARIWISATA

1. Latar Belakang
Diawali dengan adanya latar belakang yang memuat uraian yang menjadikan proyek ini perlu segera ditangani. Uraian ini berupa identifikasi suatu permasalahan dengan pokok bahasan tentang kondisi yang ada, kecenderungan yang terjadi dan kondisi ideal yang diharapkan berdasarkan suatu pedoman atau sumber yang diakui validitasnya, sehingga permasalahan ini aktual dan relevan pada masa ini .
2. Permasalahan
Permasalahan yang dimaksud adalah kesimpulan berupa rumusan inti yang merupakan aksi penanganan dengan sifat arsitektural dan spesifik serta memuat perkiraan penanganan yang akan dilakukan sesuai latarbelakang yang ada.
3. Judul Tugas
Merupakan jawaban dari latar belakang dan permasalahan. Dalam hal ini kami mengambil judul Informasi dan Pelayanan Pariwisata
4. tujuan dan sasaran
Tujuan yang dimaksut adalah kalimat – kalimat deklaratif yang menjawab permasalahan untuk kemudian digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan sasaaran.
5. Batasan
Batasan yang dimaksut adalah penekanan bahasan yang akan dilakukan berdasarkan permasalahan yang menggambarkan prediksi waktu perencanaan dan perancangan.
6. Pemahaman Obyek Rancangan
Pemahaman yang bersifat umum dari obyek, meliputi pengertian judul, studi literatur, aspek legal, studi banding, filosofi.
a. Pengertian judul
Pengertian judul yang dimaksut adalah pemahaman fungsi dan linkup pelayanan proyek yang berisi tentang ragkaian pemahaman judul proyek yang di ambil dari sumber yang di akui.
b. studi literatur
Merupakan paparan kajian literatur tentang aspek-aspek atau komponen-komponen yang terkait dalm judul dan permasalahan proyek, diambil dari pustaka yang terkait.
c. aspek Legal
Aspek legal disini adalah uraian tentang kebijakan undang-undang dan peraturan yang berlaku sehubungan dengan proyek yang hendak dirancang.
d. Studi banding
Kajian terhadap obyek lain yang sama atau mirip dengan judul proyek kita, baik sebagian maupun keseluruhan fungsi dan kondisi yang diambil dari lapangan sebagai pengenalan dan penambahan wawasan.
e. Filosofi
Rumusan tentang karakter umum tentang obyek rancangan yang disesuaikan dengan frase penting yang ada dalam judul.
7. Internal study
Internal studi merupakan tinjauan struktur organisasi pemakai, aktifitas, study gerak, study perabot, ruang dan massa.
8. Exsternal study
Exsternal study merupakan tinjauan tentang pemilihan lokasi, pemilihan tapak dan analisa. Dimana analisa tapak yang dimaksut adalah tautan lingkungan, kondisi fisik, panca indra, ukuran, iklim, aspek hukum, manusia dan budaya.
9. Konsep dasar
Suatu kalimat acuan yang dijadikan pedoman karakter yang akan mendasari seluruh rangkaian dalam proses perencanaan dan perancangan
10. Konsep Rancangan
Adalah uraian secara verbal dan grafis yang menjebatani antara konsep dasar dan konsep desain, di mana konsep rancangan ini berisi tentang analisa yang terkait dalam parameter desain.
11. Produk Rancangan
Produk rancangan ini terdiri dari gambar-gambar rencana proyek yang meliputi: site plan, lay out, tampak, potongan, perspektip, detail struktur dan detail arsitektural.

Dari Catatan Sekolah
Thank to grosir.suwur.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118