Kewarganegaraan,

Para mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti pendidikan kewarganegaraan. Jelaskan apa itu kewarganegaraan ?


Jawab:
Penanaman ideologi pada warga negara merupakan keharusan bagi setiap negara. Demikian pula bagi negara Indonesia. bagi negara kita salah satu jalur yang ditempuh dalam menanamkan ideologi negara terutama kepada anak didik/generasi muda adalah melalui jalur pendidikan. Membahas sejarah kewarganegaraan di Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan moral.

Jelaskan pengertian demokrasi dan berikan contoh-contoh ?
Jawab:
Demokrasi terdiri dari 2 kata yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya pemerintahan. Sehingga demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan yang berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
Secara garis besar demokrasi terbagi 2 yaitu:
Demokrasi parlementer  susunan kabinet diisi oleh orang-orang parpol
Demokrasi presidensil  susunan kabinet dipilih sendiri oleh presiden
Setiap negara menganut faham salah satu demokrasi diatas namun memberikan nama yang berbeda-beda sebagai contoh: demokrasi Pancasila, demokrasi liberal, demokrasi terpimpin.

Mengapa bangsa Indonesia mempunyai wawasan yang disebut wawasan nusantara, jelaskan yang tersirat dalam geo politik ?
Jawab:
Bangsa Indonesia mempunyai wawasan nusantara karena WANUS dianggap sebagai penyelenggara pembangunan nasional untuk mencapai tujuan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 yaitu cara pandang bangsa Indonesia tentang jati dirinya dalam menegara dengan lingkungan strategi yang mempengaruhinya. Perwujudannya adalah merupakan satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.
Yang tersirat dalam geopolitik adalah bahwa suatu negara harus memiliki wilayah untuk tempat tinggal dan untuk mempertahankan hidup, merdeka dan berdaulat serta mampu mempertahankan wilayahnya jangan sampai diduduki/dijajah bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118