Jenis Narkoba

Jenis Narkoba Berbahaya

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Alkohol, dan Obat-obat berbahaya. Kadang disebut juga Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif). Zat-zat tersebut dapat membuat berbagai efek samping seperti Halusinasi, ketagihan, dan efek psikologi lainnya. Cara penggunaan bisa melalui suntikan, dimakan, dihisap, atau dihirup. Contoh zat-zat berbahaya yang dikonsumsi dengan cara dihisap adalah Opium yang menggunakan pipa hisapan.

Zat-zat berbahaya tersebut tergolong menjadi:;

- Narkotika
- Psikotropika
- Zat-zat Adiktif

Narkotika

Narkotika berasal dari bahasa Inggris "narcotics" yang artinya obat bius. Narkotika adalah bahan yang berasal dari 3 jenis tanaman Papaper Somniferum (Candu), Erythroxyion coca (kokain), dan cannabis sativa (ganja) baik murni maupun bentuk campuran. Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun. Jenis-jenisnya adalah:

- Ganja atau Cannabis (kanabis) atau Marijuana/Marihuana/Mariyuana
- Heroin atau Putaw
- Morfin
- Kokain
- Opium atau Opioid atau Opiat atau Candu
- Codein atau Kodein
- Methadone (MTD)
- LSD atau Lysergic Acid atau Acid atau Trips atau Tabs
- PC
- mescalin
- barbiturat
- Demerol atau Petidin atau Pethidina
- Dektropropoksiven
- Hashish (Berbentuk tepung dan warnanya hitam. Ia dinikmati dengan cara diisap atau dimakan. Narkotika jenis yang kedua ini dikatakan agak tidak berbahaya hanya karena jarang membawa kematian)

Psikotropika

Psikotropika adalah bahan lain yang tidak mengandung narkotika, merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. Mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya. Jenis-jenisnya adalah:

- Ekstasi atau Inex atau Metamphetamines
- Demerol
- Speed
- Angel Dust
- Shabu-shabu (Sabu/Syabu/ICE)
- Sedatif-Hipnotik (Benzodiazepin/BDZ), BK, Lexo, MG, Rohip, Dum
- Megadon
- Nipam

Jenis Psikotropika juga sering dikaitkan dengan istilah Amfetamin, dimana Amfetamin ada 2 jenis yaitu MDMA (metil dioksi metamfetamin) dikenal dengan nama ekstasi. Nama lain fantacy pils, inex. Kemudian jenis lain adalah Metamfetamin yang bekerja lebih lama dibanding MDMA (dapat mencapai 12 jam) dan efek halusinasinya lebih kuat. Nama lainnya shabu, SS, ice.

Zat Adiktif

Zat adiktif adalah zat-zat yang bisa membuat ketagihan jika dikonsumsi secara rutin.

- Alkohol
- Nikotin
- Kafein
- Zat Desainer

Zat adiktif merujuk pada substansi-substansi yang memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan apabila dikonsumsi secara teratur. Beberapa contoh zat adiktif meliputi alkohol, nikotin, kafein, dan zat desainer.

Alkohol:
Alkohol merupakan zat adiktif yang umumnya ditemukan dalam minuman beralkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis. Efek sampingnya meliputi gangguan kesehatan mental, masalah pernapasan, dan risiko tinggi terhadap kecelakaan.

Nikotin:
Nikotin merupakan zat adiktif yang utama terdapat dalam produk tembakau, seperti rokok. Ketergantungan terhadap nikotin dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk merokok, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan ketergantungan fisik dan psikologis.

Kafein:
Kafein adalah zat adiktif yang sering terdapat dalam kopi, teh, minuman berenergi, dan beberapa jenis cokelat. Meskipun kafein dianggap aman dalam jumlah moderat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan efek samping seperti gangguan tidur, kegelisahan, dan peningkatan detak jantung.

Zat Desainer:
Zat desainer adalah jenis zat adiktif yang dirancang secara sintetis untuk menghasilkan efek psikoaktif. Zat ini sering kali dikembangkan dengan tujuan menghindari regulasi hukum terkait narkotika. Penggunaan zat desainer dapat menyebabkan efek samping yang tidak terduga dan berpotensi merugikan kesehatan pengguna.

Penting untuk memahami bahwa konsumsi zat adiktif dapat memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Oleh karena itu, kesadaran akan risiko dan upaya untuk mencegah atau mengurangi konsumsi zat adiktif merupakan langkah penting dalam menjaga kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

8 komentar:

  1. narkotika dapat merusak saraf dan cara kerja tubuh(wiznu_volvo@yahoo.com)

    BalasHapus
  2. benar,narkobabisa mempengaruhijantung ,hati,saraf,dan emosional

    BalasHapus
  3. gunakan secara bijak broo

    jika lagi stresss pengen jantung tenang pke heroien
    klo pengen pede, jantung berdebar pake sabu
    klo pengen halusinasi,, rasa di awang-awang pke ekstasi or ganja azzzzzzzzza

    BalasHapus
  4. hehehe narkoba semakkin di bahas semakin jadi penasaran,lalu ingin tau dan lalu penasaran ingin cabo nya, wow jangan jangan jangan deh, lupakan saja anggap sy tidak kenal samasekali, dan cari aktivitas yg lain aja buat masa depat kita

    trim,s

    BalasHapus
  5. Yup!! Betul sekali. Semoga semua yang tertera diatas hanya dipelajari bukannya dicoba oleh anak" bangsa

    BalasHapus
  6. bagi yg mau, ane jual tuh; hub aja di pinbb = 2944ded1 / mbahmar1jan@yahoo.com (email atau YM)

    BalasHapus
  7. terima kasih atas info nya.. semoga kita tak terjerumus..salam sukses,

    BalasHapus

Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118