ETNOGRAFI Kebudayaan Suku Bugis

HASIL DAN ANALISIS DATA

Diskripsi Penelitian
Dalam persiapan penelitian, penulis lakukan setelah selesai mengumpulkan data mengenai kebudayaan suku bangsa “Bugis-Makasar”.
Sesuai dengan kemampuan penulis dalam penyelesaian ini, maka penulis mengajukan judul “ETNOGRAFI Kebudayaan Suku Bugis”.


Sedangkan pertimbangan-pertimbangan penulis memilih judul tersebut.
kemampuan penulis
waktu yang tersedia
kemampuan biaya
buku-buku bacaan yang tersedia
hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan dalam menunjang keberhasilan kebudayaan daerah dan pendidikan.

Dalam penelitian ini sebelum penulis melaksanakan penelitian, maka yang dilakukan adalah:
Menyusun Outline
Penyusunan outline merupakan kegiatan awal penelitian sebelum penulis terjun ke perpustakaan. Pertama, penulis terlebih dahulu menentukan topik dan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian. Topik dan permasalahan yang akan dibahas tersebut dirumuskan dalam bentuk judul penelitian yang penulis ajukan adalah “ETNOGRAFI SUKU BUGIS – MAKASAR”. Seterusnya judul tersebut penulis konsultasikan dengan guru pembimbing.


Menentukan Lokasi Penelitian

Dalam penelitian ini pula menerapkan berbagai suku yang berada dari perpustakaan sehingga lokasi penelitian.
Untuk data penelitian ini, penulis mengajukan pada buku Antropologi. Data ini dikumpulkan untuk mengetahui perbandingan pada kebudayaan suku Bugis – Makasar.


Analisis Data Penelitian

Setelah data terkumpul, kemudian penulis menganalisis tersebut dengan tujuan inti atau membuktikan apakah hipotesis yang telah digunakan diterima atau tidak.
Untuk setiap sub pokok bahasan penulis memberikan berhasil tidaknya pencapaian titik disuatu sub bahasa. Hasil tes untuk setiap sub pokok bahasan penulis sertakan pada halaman lampiran.
Data untuk menguji hipotesis penulis mengacu pada buku “ANTROPOLOGI”.
Adapun penulis mengacu pada perbandingan suku kebudayaan bangsa BUGIS – MAKASAR di Sumatera Selatan. Pembuktian ini seluruhnya dapat kita lihat dari gambar-gambar dan data-data yang ada. Sedangkan untuk menguji hipotesis ini menggunakan metode kepustakaan.


Kesimpulan Analis Data

Dengan mengacu kepada perolehan data kiranya penulis dapat menyimpulkan bahwa hipotesis nol dalam penelitian ini tidak ada. Sedangkan untuk mengetahui besarnya perbandingan suku bangsa BUGIS – MAKASAR tersebut telah dicari melalui buku-buku ANTROPOLOGI.
Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa ada perbandingan kebudayaan suku bangsa BUGIS – MAKASAR dengan suku lainnya di Indonesia.
Dalam penelitian yang penulis lakukan ini hanya memfokuskan pada dta-data yang mengenal kebudayaan BUGIS – MAKASAR. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya waktu untuk mengadakan penelitian.


Daftar Pustaka

Prayoga Bestari, (2003), Antropologi untuk SMU kelas 3, Regina, Jawa Barat.
Noto Susanto, Nugroho DKK. Sejarah Nasional Indonesia Jilid I, Depdikbud.
Koentjaraningrat, Dr, Prof. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Djambatan, Jakarta.
Hidayah, Zulyani, Ensiklopedia Suku Bangsa Indonesia.
Hamid, Abu, Drs DKK. Pertumbuhan Pemukiman Masyarakat di Lingkungan Perairan Daerah Sulawesi Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118