Alat dan Bahan untuk Mendesain Busana


Untuk menghasilkan suatu rancangan yang baik perlu ditunjang dengan pengadaan alat dan bahan yang menunjang. Peralatan gambar adalah bagian penting yang harus disediakan untuk kelancaran kerja. Peralatan
yang bermutu baik juga akan meningkatkan mutu desainyang dihasilkan, karena akan memberikan kemudahan dalam bekerja sehingga mencapai hasil yang maksimal.
Pengetahuan dan keterampilan tentang alat gambar sangatlah pemting. Kadang kala tidak semua pekerja seni/desainer cocok dan mampu mempergunakan alat tertentu atau alat yang sama dalam mewujudkan desainnya seperti menggunakan cat air/aquarel, pensil warna, cat minyak, tinta, spidol dan lainnya. Pada dasarnya setiap jenis peralatan tersebut mempunyai kebaikan dan keburukan, dan setiap alat-alat tersebut juga mempunyai efek yang berbeda pada hasil desain.
Khusus bagi fashion designer dianjurkan untuk berlatih cara memakai semua alat-alat menggambar termasuk komputer khusus desain bila perlu karena masing-masing alat tersebut penting dan membutuhkan skill tertentu.

Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk mendesain yaitu :
1. Pensil
Pensil yang digunakan adalah lead pensil yang terbuat dari graphite. Pensil ini sangat baik untuk digunakan dan tersedia dalam beberapa ukuran yang berbeda. Untuk goresan yang agak keras dengan kode H/HB, untuk menggambar sketsa busana sebaiknya menggunakan pensil B. Pensil B mempunyai ukuran dari 1 B sampai 8 B. Makin tinggi nomornya maka makin lunak pensilnya. Pensil yang lunak berguna untuk mengarsir atau memberikan bayangan pada desain.

2. Pensil warna (colored pencil)
Pensil warna digunakan untuk menyempurnakan desain agar terlihat lebih menarik. Pensil ini juga dapat diruncingkan sehingga bisa menyempurnakan bagian-bagian yang rumit dan kecil seperti kantong, krah motif tekstil dan lain-lain.........

Istilah-Istilah dalam Bidang Penyiaran

Pemain yang muncul dalam film termasuk pemeran utama, pembantu, figuran dan ekstra. Memilih /seleksi pemain dalam film.
Casting director Orang yang bertanggungjawab atas pemilihan pemain dalam produksi.
Catching Koordinasi yang tepat antara action dengan musik.
Catwalk Titian kucing. Jalan kecil dari lampu ke lampu diatas ruang studio untuk untuk jalan bagi penataan cahaya dan perawatan teknis
Cel Lapisan silloluid yang tembus pandang, terdapat dua atau lebih lubang untuk dikaitkan pada bagian dasar



kamera animasi sehingga tidak bergeser. Ke atas sel ini digambarkan satu gerak yang melalui kamera animasi
akan terekam sebagai gerak berkelangsungan.
Celluloid Bahan dasar yang tembus pandang terbuat dari selolusa. Diatasnya ditaburkan emulsi fotografis
seperti bahan film.
Cement film Lem film. Zat perekat cair yang digunakan untuk nyambung film. Cairan tersebut dapat meluluhkan bahan dasar sehingga bila kedua potong film ditumpangkan dengan perekat tersebut dan ditekan
maka film tersebut akan menyatu.
Chromakey /chroma Singkatan dari chromakey. Proses penempatan citra elektronik pada latar belakang penyiar. Bisa berupa siaran langsung atau dari video/film stock. Chromakey juga dikenal lembaran sparasi. Efek ini digunakan dalam TV dimana satu sinyal dapat dihilangkan secara elektronik dari adegan sehingga obyek atau latar belakang yang berwarna tertentu jadi hilang . gambar lain bisa ditumpangkan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan warna tertentu tersebut. Syarat gambar yang ditumpangkan jangan memiliki warna sama dengan warna yang dihilangkan. Bila demikian warna tersebut akan ikut hilang.
Clapper Sepasang papan kayu yang dihubungkan dengan engsel. Dipukulkan keduanya di depan kamera saat shoot dimulai yang dapat digunakan sebagai petunjuk editor dalam editing film.
Close shoot Jenis frame pengambilan gambar jarak dekat
Clos Medium Shoot CMS. Shot yang besarnya antara CU dan MCU
Close Up CU. Shot dengan penekanan mengundang perhatian terhadap aspek dari subyek . wajah saja, tangan saja, dan sebagainya.
Commercial break Satu atau dua iklan yang menyelingi program siaran.
Compilation film Film kompilasi. Dibuat dari berbagai stock shoot scene-scene yang berlainan.
Composition Komposisi. Framing untuk menentukan keseimbangan cahaya, sosok, bayangan, warna dan gerakan.
Console Meja pengatur/pengontrol yang bertempat di studio yang digunakan untuk mixing, rekaman dsb.
Continuity editing Editing yang menjaga konsistensi urutan dari shoot ke shoot
Continuity title Teks yang digunakan untuk menutup/ menjembatani diskontinuiti gambar. Juga didebut bridging title.
Control room Ruang pengendali/kontrol. Bersebelahan dengan ruang/studio rekaman dimana sutradara,penata teknis,juru lampu, jur suara melaksanakan fungsi produksi.
Cover shoot Shoot yang mengulang action pemeran tertentu dalam sebuah adegan sebagai shoot alternatif.
Crane Derek. Kereta kamera yang besar dan kuat dengan tangan dan leher panjang yang di ujungnya dapat
dipasangkan kamera dan dapat ditempati juru kamera operator dan asisten sutradara. Krane dapat diatur
naik turun scr hidrolik.
Crab dolly Dolly kepiting. Dapat berjalan maju , memenyamping seperti kepiting.
Crawl Penyajian urutan kerabat kerja yang merayap pada layer/frame. Pada TV biasanya ditempatkan diakhir program.
Credyt Daftar nama spesialis yang terlibat produksi (producer,sutradara,naskah dll) yang biasanya
ditempatkan di awal program.
Crawling title Title yang dibuat merayap pada frame TV
Cross plot Ploting menyilang. Rancangan singkat dari brekdown sheet untuk menunjukkan kebutuhan utama shooting.
Pemain , peralatan, properti dsb.
Cross cutting Sunting silang. Dua buah adegan yang berdiri sendiri dimunculkan secara bergantian. Sehingga berkesan hubungan satu sama lain.
Cross cut Selang-seling shoot dari dua scene atau lebih sehingga frahmen dari scane itu muncul bergantian
Crosfade Pembauran bersilang. Transisi memunculkan adegan yang satu dengan menghilankan adegan
sambungannya. Bisa pditerapkan pada sistem gambar, suara atau cahaya.
Cue Tanda yang telah ditetapkan, dalam bentuk action atau simbul untuk mengingatkan pemain untuk mulai
action.
Cut Aba-aba sutradara untuk stop rekam. Potongan film yang berisi shoot.
Cutaway Sebuah shoot sisipan antara scene untuk memperlihatkan kejadian ditempat lain.
Dept of field Ruang ketajaman sebuah kamera.
Diaphragm lens Diaprahma. Celah yang dapat diatur untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk pada kamera.
Director Sutradara. Penanggung jawab tertinggi aspek kreatif produksi.
docudrama Documenter-drama. Film dokumenter yang disajikan setengah fiksi dari kejadian nyata.
Dubing Proses penggabungan dan penyeimbangkan (mixing) dari suara-suara pada beberapa jalur menjadi satu jalur suara saja.
Dub Rekaman ulang jalur suara. Untuk sulih suara/bahasa
Dynamic cutting Editing yang dilakukan dengan sinambungan dan pacing cepat. Film propaganda, dokumenter polemik dsb.
Electromagnet Magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik Editing Penyuntingan . proses seleksi, menyusun dan meletakkan kembali potongan-potongan film dan rekaman suara.
Aditing accelerated Penyuntingan sequence atau kumpulan shoot-shoot yang diperpendek sehingga menciptakan perkembangan yang cepat dan menimbulkan kesan tegang.
Editor Penyunting program film/tv
Educational film Film untuk pendidikan dan pembelajaran
Emulsion Emulsi. Lapisan gelatin yang dilekat-lapiskan pada bahan dasar film.
Episode Bagian yang utuh dan bersifat sinambung dengan yang lain dalam sebuah film cerita. Bagian tertentu dari serial film action/laga biasanya diakhiri dengan situasi clif hanger sehingga membuat penonton penasaran
menonton kelanjutannya.
Frequency modulation FM. Penyesuaian frekuensi untuk membawa informasi 
Fast motion Perekaman gerak dengan kecepatan lambat, sehingga bila di putar ulang dengan kecepatan normal gambarnya gerakannya cepat. Seperti pada film silat.
Feature Berita kisah yang menarik (human interest). Nilai beritanya tidak terikat pada hari penyiarannya.
Feature film Film cerita. Sebuah film fiksi untuk peredaran di
gedung bioskop.
Final cut Film yang sudah siap dikirim kelaburatorium untuk dicetak atau diperbanyak.
Fine cut Tahap akhir editing film. Memenuhi struktur narasi sesuai dengan scenario.
Flash frame Shoot singkat hanya beberapa frame kadang hanya satu frame sehingga sulit disimak mata tapi bisa membuat rasa ingin tahu penonton.
Flash pan Pengambilan shoot pan yang dilakukan dengan cepat sampai hampir mencapai efek blur
Flat lighting Pencahayaan yang merata atas scene yang akan difilmkan
Flat print Hasil cetakan film yang cocok untuk diproyeksikan dengan lensa standar
Floor Panggung/studio pembuatan film.
Floor plan Rancangan sebuah ruang/studio yang digunakan untuk rekaman film/video/tv
FX Singkatan dari ef-ek./efek. Spesial efek disingkat SpFX
Focal plane Bidang focus. Yang berada pada focus utama lensa
yang berada dalam garis lurus poros optiknya.
Fore ground Action obyek/set yang berada lebih dekat kamera dari pada subyek sebenarnya. Bagian dari ruang adegan yang paling dekat dengan kamer. Daerah antara kamera dengan subyek. Disingkat FG.
Frame Satu gambar tunggal dalam ukuran bingkai tertentu
yang merupakan bagian dari film.
Frame line Garis horisontal yang membatasi frame demi frame
dari film
Frame timing Pengitungan kode waktu maju atau mundur termasuk detik, menit, jam dan bingkai. Bingkai-bingkai berputar pada detik berikutnya setelah 29 bingkai.
Tetapi detik dan menit setelah 59 bingkai.
Framing Menepatkan celah bingkai proyektor sesuai dengan garis frame
Telegraph Perangkat pengirim pesan dengan pulsa-pulsa listrik
melalui kawat penghantar.
Teleprinter Perangkat elektromekanik yang bisa mencetak
langsung telegraph yang diterimanya.
Teletex Mesin telex yanglebih cepat dan canggih untuk
menghubungkan perangkat pengolah kata.
Teletext Sistem penyiaran informasi melalui saluran TV
menggunakan pesawat penerima khusus sepert
seefax(BBC) dan oracle (ITV)
Telex Jaringan internasional yang menghubungkan hampir
semua teleprinter di dunia
TDM Time division multiplexing. Pengiriman lebih dari satu sinyal sekaligus melalui saluran yang sama dengan mengirimkan bagian-bagian sinyal secara bergantian.
Transmisi Pengiriman informasi melalui suara atau peragaan visual menggunakan sinyal listrik atau radio
Take Pengambilan atau pelaksanaan pemotretan yang menghasilkan sebuah shoot. Adegan sering di-take beberapa kali untuk mendapatkan shoot terbaik
Tape Pita. Sering digunakan untuk benda yang berbentuk pita berlapis bahan perekam magnetik. Digunakan semua jenis bahan perekam suara.
Tape splice Cara penyambungan film yang menggunakan bahan perekat transparant.
Technirama Sistem pembuatan film layar lebar menggunakan negatip 35mm yaitu hanya menggunakan setengah bingkai gambar pada waktu shooting. Pada waktu pencetakan/prosesing menggunakan lensa anamorfik yang mengembalikan gambar menjadi penuh satu bingkai. Pada waktu penayangan juga digunakan lensa anarmofik.
Telecast Transmisi Televisi.
Telecine Peralatan untuk menyiarkan film dan slide melalui televisi.
Teleplay Skenario yang khusus ditulis untuktelevisi. Semua jenis naskah untuk program televisi ditulis berdasarkan model screenplay(skenario film).
Telefilm Semula berarti programa televisi yang dikerjakan dengan film. Sekarang berarti semua film cerita yang dibuat khusus untuk ditayangkan lewat layar televisi.
Three color processes Sistem yang digunakan untuk memproduksi warna, dimana spektrum warna yang terlihat dibagi kedalam tiga bagian yaitu merah, hijau dan biru.
Three strip camera Kamera tiga jalur. Kamera film untuk pemotretan warna yang menggunakan tiga jalur terpisah yang mana masing-masing negatif merekam warna merah, hijau dan biru yang terdapat dalam adegan.
Threshold Pencahayaan minimum bahan fotografis yang menghasilkan kepekaan yang dapat dilihat sesudah bidang pengkabutan setelah dilakukan prosesing.
Tight shoot Istilah yang dipakai pada shoot yang lebih sempit dari yang standar. Misalnya two shot lebih sempit dari yang standar, ini akan dikatakan TTS.
Tilt shoot Shoot dengan mendongakkan atau menundukan kamera pada poros horisontalnya.
Timbre Mutu nada. Penyebaran frekuensi dan intensitasnya dalam suara pada tiap waktu tertentu.
Timelapse Selang waktu. Teknik sinematografi yang memungkinkan untuk mengekspose setiap bingkai berdasarkan selang waktu yang telah ditetapkan dari awal. Bila direkam dan diputar ulang dengan kecepatan normal akan terlihat proses yang sesungguhnya melalui waktu panjang kedalam waktu yang dipadatkan. Contoh : proses mekarnya bunga, memetasnya telur ayam dsb.
Timing Manipulasi action oleh sutradara untuk mendapatkan tempo atau efek tertentu dalam scene. Dalam laboratorium berarti evaluasi warna dan densiti tiap-tiap frame sebelum pencetakan film. Arti umum adalah pencatatan panjang waktu pemutara cerita atau bagian film.
Timing sheet Pencatatan oleh ilustrator musik dalam melakukan breakdown dialog dan action dalam ukuran waktu yang tepat detik demi detik. Juga disebut CUESHEET.
Title Tulisan yang muncul pada layar film/TV dan bukan bagian dari adegan. Misalnya Main, Creti, End dsb.
Track Soundtrack
Tracking shoot Shoot yang dilakukan dengan menggerakkan kamera kedepan atau kebelakang.
Tranducer Alat yang dapat meneruskan aliran tenaga dari transmisi yang satu ke alat transmisi yang lain
Travel ghost Bayangan hantu. Bayangan halus yang selalu menyertai citra utama. Dihasilkan oleh kamera atau proyektoryang disebabkan pemasangan rana yang tidak tepat/keliru.
Treatment Tahap pertengahan dalam proses pembuatan skenario. Yaitu setelah dibuat sinopsis. Memuat perkembangan penuh dari jalan cerita termasuk pokok-pokok ucapan yang akan dikembangkan dalam pembuatan dialog pada skenario.
Tripot Cagak berkaki tiga untuk menempatkan kamera Trolley Dolly
Trucking shoot Shoot yang diambil diatas trolly yang bergerak
Two shoot Shoot yang merekam dua orang. Biasanya dari pinggang keatas.
Undercrank Memperlambat jalannya film pada kamera pada waktu perekaman, sehingga bila diputar dengan kecepatan normal(24gbd) menghasilkan gerak yang cepat atau fast motion.
Unit manager Orang yang bertanggung jawab atas anggaran produksi yang mengcover pengeluaran dan organisasi dari unit produksi.
View data Suatu jaringan yang memungkinkan para pelanggan telepon berkomunikasi dengan komputer sentral.
Variable area recording Jenis perekaman suara secara optis, yang membagi jalur suara ke dalam bagian yang hitam pekat dan tembus pandang. Garis batas yang tajam diantaranya membentuk suatu jejak ascillografis gelombang suara dari sinyal yang direkam tersebut.
Variabel density recording Jenis perekaman suara secara optis dimana suara direkam kedalam bentukserentetan gradasi densitas sejajar sepanjang jalur suara. Jarak diantaranya ditempatkan oleh frekuensi yang direkam, sedangkan amplitudo sinyal akan menetapkan kepekatan atau dinsitasnya sehingga dapat ditelusuri perbedaan densitasnya. Juga disebut striation.
VCR Video Casette Recorder. Alat perekam program TV saat menonton tayangan lain pada waktu yang berbeda. Dapat digunakan untuk memperlihatkan program (film, acara TV dan home movie) yang telah direkam kedalam pita video.
VTR Video Tape Recorder. Metode eleltronis perekaman gambar kedalam pita magnetis. Tidak perlu diproses program yang direkam dapat langsung diputar ulang.
VHS Video home Sistem. Piranti VTR setengah inci yang diperuntukkan bagi para konsumen. Sekarang digunakan scr luas untuk produksi program TV pada tahap preview dan editing off line.
Videotex, Istilah generik yang memperlihatkan text, data atau grafik pada layar TV. Sinyal ditransmisikan oleh penyiaran satu arah (teletext) atau dengan kabel atau dengan sambungan telepon (on line videotext).
Wide angle lens Lensa bersudut lebar. Focal length lebih pendek dari yang normal sehingga menghasilkan magnifikasi lebih rendah atau sudut yang lebih lebar.
Widescreen Perbandingan luas layar lebih besar 1 : 1,33. merupakan ciri film bersuara. Saat ini digunakan layar dengan perbandingan 1 : 1,65.
Wild shooting Pengambilan gambar pada film bersuara tapi tanpa merekam suara scr langsung.
Wild sound Setiap suara yang direkam scr bebas dan tidak sinchron dengan kamera dikenal dengan wildtrack.
wildtrack Rekaman suara extra seperti suara sekelompok orang, potongan dialog, mungkin dapat digunakan oleh editor. Sebuah jalur suara yang direkam. Dalam pembuatan film wildtrack mengandung sound efek, dialog tanpa gerak bibir pada gambar dan suara latar belakang. Disebut juga non-sync-track
Wipe Efek optik sebagai transisi dari adegan satu ke adegan berikutnya. Pada layar nampak sebuah garis menghapus gambar, sementara gambar lain muncul pada layar. Efek visual khusus pembersihan gambar dengan bentuk atau gambar lain. Menghapus gambar dan atau suara pada pita rekam video/suara.
Woofer Unit berfrekuensi lemah/rendah/bass pada speaker
Xenon lamp Lampu yang dibuat dengan tekanan tinggi dalam pelontaran cahayanya, berisi gas xenon, banyak digunakan untuk lampu proyektor, sebagai pengganti coolspit (carbon arc)
Yagi aerial Antene Yagi. Antene yang ditemukan oleh Yagi yang digunakan untuk transmisi low power.
Z.O Singkatan dari zoom out.
Zoom Gerakan lensa kamera yang menuju subyek atau meninggalkan subyek.
Zoom lens Semua lensa yang memiliki magnifikasi variable

............... Bersambung...

Latihan soal IPS kelas 9 - (simbol-simbol utama yang lazim digunakan dalam peta) dari bank soal untuk menghadapi ujian sekolah

1. Berikut ini merupakan simbol-simbol utama yang lazim digunakan dalam peta, kecuali ... .
a. simbol titik                             c. simbol abjad
b. simbol garis                           d. simbol area

3. Peta yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pembuatan profil atau diagram penampang melintang ialah ... .
a. peta kontur                                 c. peta curah hujan
b. peta geologi                               d. peta geomorfologi

4.  ▼ 3.350, artinya ... .
a. terdapat gunung api di dasar laut setinggi 3.350 meter
b. kedalaman lembah 3.350 meter
c. kedalaman laut 3.350 meter
d. ketinggian kurang dari 3.350 meter

5. Kondisi lereng akan semakin curam jika jarak garis antarkonturnya ... .
a. renggang                             c. besar
b. seragam                              d. rapat

6. Pola dan bentuk fisik muka bumi diperoleh dari hasil interpelasi peta ... .
a. penggunaan lahan                             c. persebaran penduduk
b. hasil perkebunan                              d. topografi

7. Simbol jangkar dalam lingkaran di peta menunjukkan ... .
a. pantai                             c. mercusuar
b. objek wisata                  d. pelabuhan

8. Warna hijau pada peta digunakan untuk menggambarkan bentuk permukaan bumi berupa ... .

Pemilihan Busana Santai

Busana santai adalah busana yang dipakai pada waktu santai atau rekreasi. Busana santai banyak jenisnya, hal ini  disesuaikan dengan tempat dimana kita melakukan kegiatan santai atau rekreasi tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih busana santai diantaranya yaitu :

a). Pilihlah desain yang praktis dan sesuaikan dengan tempat bersantai. Jika santai di rumah pilihlah model yang agak longgar, bila santai kepantai pilih model leher yang agak terbuka agar tidak panas, jika santai kegunung pilihlah model yang agak tertutup agar udara dingin dapat diatasi.

b) Pilihlah bahan yang kuat dan mengisap keringat.

c. Perkembangan Mode
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mode busana juga berkembang dengan pesat, walaupun kadang kala mode tersebut tidak sesuai dengan tata cara berbusana yang baik, namun mode tetap bergulir dari waktu ke waktu.

Perkembangan mode sangat besar pengaruhnya pada kepribadian seseorang, sehingga setiap mode yang muncul selalu saja ada yang pro dan ada yang kontra, apalagi Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku yang masing-masingnya mempunyai busana yang beraneka ragam.
Bagi masyarakat yang terlalu kaku dan fanatik dengan tata cara aturan berbusana tentu akan sulit mengikuti perkembangan mode. Hal ini masih diannggab wajar, karena tanpa disadari mode tersebut pada umumnya dipengaruhi oleh mode yang datang dari manca negara yang mungkin akan besar pengaruhnya terhadap kepribadian seseorang, namun semua ini terpulang kepada pribadi kita masing-masing dalam memilih mode yang sedang berkembang.

______________________________________
Selengkapnya tentang memilih Busana

.


Blus Nurul Emi ( Busana Muslimah Ca...

Dress Maroon V ( Busana Cantik dari...

Blus V Biru ( Blus Batik Murah )

Baju (Pakaian / Busana) untuk Ibu M...

Jubah Pria Krem04

Blus New Ritna - Seragam Kantor

Konsep Dasar Menghias Busana


Ditinjau dari tekniknya, menghias kain dibedakan atas 2 macam yaitu
1) menghias permukaan bahan yang sudah ada dengan bermacammacam tusuk hias baik yang menggunakan tangan maupun dengan menggunakan mesin dan
2) dengan cara membuat bahan baru yang berfungsi untuk hiasan benda. Menghias permukaan kain atau bahan yaitu berupa aneka teknik hias seperti sulaman, lekapan, mengubah corak, smock, kruisteek, terawang dan metelase. Sedangkan membuat bahan baru yaitu berupa membuat kaitan, rajutan, frivolite, macrame dan sambungan perca. Yang akan dibahas pada bab ini hanyalah menghias busana dengan cara menghias permukaan bahan atau busana dengan beberapa teknik hias.
Sebelum kita membuat hiasan pada suatu benda atau busana baik dengan cara menghias kain maupun dengan membuat bahan baru, terlebih dahulu kita perlu membuat suatu rencana tentang hiasan yang akan dibuat yang disebut dengan desain hiasan busana..............
......Selengkapnya>>Konsep Dasar Menghias Busana

.

Konsep Dasar Pecah Pola Busana Wanita

Busana wanita memerlukan teknik pecah pola yang lebih cermat dibandingkan pakaian pria dan anak-anak. Pakaian wanita yang dibuat hendaklah dapat menonjolkan sisi feminim dari wanita dan dapat
menonjolkan kelebihan yang dimilikinya sehingga dalam berpenampilan terlihat cantik, rapi dan menarik. Untuk itu dalam pembuatan pakaian perlu dilakukan pecah pola yang benar sesuai dengan desain dan bentuk tubuh sipemakai. Agar pola yang dihasilkan sesuai dengan desain dan bentuk tubuh maka terlebih dahulu perlu dilakukan analisa bentuk tubuh dan analisa desain.
Bentuk tubuh wanita secara umum ada 5 macam yaitu ideal, kurus tinggi, gemuk tinggi, kurus pendek dan gemuk pendek. Bentuk tubuh wanita yang baik tentunya adalah bentuk tubuh yang ideal dimana terdapat keseimbangan antara berat badan dan tinggi badan dan mempunyai proporsi tubuh yang seimbang.
Desain pakaian yang dibuat adakalanya terlihat indah karena dibuat pada proporsi tubuh yang seimbang atau bentuk tubuh yang ideal.
Namun belum tentu desain yang sama cocok di pakai oleh orang yang bertubuh kurus atau gemuk. Jadi dari analisa bentuk tubuh ini kita dapat menyesuaikan pola dengan bentuk tubuh sipemakai, dengan kata lain kekurangan bentuk tubuh dapat tertutupi dengan teknik pengembangan pola yang tepat. Misalnya untuk bentuk tubuh yang gemuk hendaklah hindari pakaian yang mengembang atau yang berkerut banyak seperti rok kerut atau rok kembang dan model lengan balon atau lonceng. Jika menggunakan lengan balon atau lengan yang lebar pada ujung lengan hendaklah pengembangannya disesuaikan dengan bentuk tubuh gemuk tersebut artinya pengembangannya tidak terlalu lebar.
Selain analisa bentuk tubuh di atas dilakukan analisa desain. Analisa desain pakaian dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Memperhatikan desain secara keseluruhan.
Lihat gaya berdiri dari model. Umumnya desain digambarkan dengan gaya berdiri menghadap kedepan atau miring tiga per empat. Perbandingan letak bagian-bagian busana pada sikap berdiri model akan lebih memudahkan kita memahami desain pakaian yang akan dibuat.........
.....SELENGKAPNYA>>> Konsep Dasar Pecah Pola Busana Wanita
.

Welcome to Facebook

facebook
Hi Afi,
Your account has been created — now it will be easier than ever to share and connect with your friends.
Here are three ways for you to get the most out of it:
Find Friends
Find people you know on Facebook using our simple tools.
Upload a Profile Photo
Personalize your profile and help your friends recognize you.
Edit Your Profile
Describe personal interests, contact information, and affiliations.
If you have any questions, reference our New User Guide.
Thanks,
The Facebook Team
Sign in to Facebook and start connecting
Get Started
This message was intended for  If you do not wish to receive this type of email from Facebook in the future,
Facebook's offices are located at 1601 S. California Ave., Palo Alto, CA 94304.

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (8) (Kegiatan-kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat…)


1. Kegiatan-kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat adalah ... .
a. menghimpun dana dalam bentuk simpanan tabungan
b. memberikan pinjaman kepada masyarakat
c. menerima simpanan berupa giro
d. menghimpun dana dalam bentuk simpanan deposito

2. Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang telah disepakati. Syarat-syarat tertentu penarikan artinya ... .
a. sesuai perjanjian yang telah dibuat antara bank dengan si penabung
b. sesuai jenis tabungan dan fasilitas yang diberikan pada penabung
c. sesuai perintah pembayaran lainnya
d. sesuai jangka waktu yang telah ditentukan

3. Setiap Pak Setyo mendapatkan gaji, Pak Setyo selalu menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung. Motif Pak Setyo menabung adalah untuk ... .
a. transaksi                                       c. spekulasi
b. berjaga-jaga                                 d. memperoleh laba

6. Sebuah buku paket IPS Ekonomi kelas IX harganya Rp45.000,00. Uang Rp45.000,00 tersebut termasuk sebagai ... .
a. satuan hitung
b. penunjuk harga
c. alat tukar-menukar
d. alat pembayaran

7. Pak Andi memiliki tanah seluas 200 m2 di kota Semarang. Pak Andi sekeluarga bermaksud pindah ke kota Bandung. Tanah yang di Semarang dijual dan dari hasil penjualan tersebut dibelikan tanah di Bandung. Contoh di atas menunjukkan uang sebagai ... .

Latihan soal IPS kelas 9 – dari bank soal untuk menghadapi ujian semester sekolah dan ujian nasional (7) (kedatangan pasukan Sekutu ke Indonesia...)

1. Tujuan utama kedatangan pasukan Sekutu ke Indonesia adalah ... .
a. berkuasa dan menjajah Indonesia
b. membantu Belanda untuk menjajah Indonesia kembali
c. membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Jepang
d. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang

2. Perjuangan rakyat Surabaya terhadap pasukan Sekutu salah satu penyebabnya dipicu oleh Civil Affairs Agreement tanggal 24 Agustus 1945 yang isinya ... .
a. ancaman Inggris terhadap rakyat Surabaya agar menyerahkan senjata
b. tentara Inggris diberi wewenang untuk menguasai Surabaya
c. Inggris akan menyerahkan pelaksanaan pemerintahan sipil di Indonesia kepada Belanda
d. melegalkan kedatangan pasukan Belanda yang bernama NICA dengan
membonceng pasukan Sekutu

3. Puputan Margarana merupakan wujud semangat rakyat Bali dalam menegakkan kedaulatan RI sekaligus sebagai wujud ketidaksetujuannya atas pembentukan ... .
a. Negara Sumatra Timur
b. Negara Indonesia Timur
c. Negara Pasundan
d. Republik Maluku Selatan

4. Keberhasilan TKR mengusir Sekutu dari Ambarawa menjadi satu peristiwa penting, sebab ... .
a. TKR memiliki strategi baru yaitu infantri
b. TKR dapat mempertahankan Ambarawa yang letaknya strategis
c. mengangkat karier dan pangkat Jenderal Soedirman
d. berhasil mengamankan Jawa Tengah dari pendudukan Sekutu

5. Dampak Serangan Umum 1 Maret 1949 yang menunjang perjuangan diplomasi adalah ... .

Lihat profil Facebook saya

facebook

Afandi Kusuma memiliki:
4.997 teman
174 foto
0 catatan
328 kiriman dinding
74 grup

Lihat profil Facebook saya


Hai  teman sekolah,

Saya membuat profil Facebook yang dapat saya kirimi foto, video, dan acara saya dan saya ingin menambahkan Anda sebagai teman sehingga Anda dapat melihatnya. Sebelumnya, Anda perlu bergabung dengan Facebook! Setelah bergabung, Anda dapat juga membuat profil Anda sendiri.

Terima kasih,
Afandi

Untuk mendaftar ke Facebook, ikuti tautan berikut:
http://www.facebook.com/p.php?


kamu diundang untuk bergabung di Facebook oleh Afandi Kusuma. Jika Anda tidak ingin lagi menerima email sejenis dari Facebook.
Kantor Facebook beralamat di 1601 S. California Ave., Palo Alto, CA 94304.

HASIL REUNI AKBAR 2009 - MEMBENTUK KEMBALI IKAPAL (IKATAN ALUMNI STM NEGERI PERKAPALAN)


Dari Muhammad Abdul Jumali 09 Desember jam 13:09

DIPILIH PERWAKILAN DARI 16 ANGKATAN (TEAM 16 FORMATUR) UNTUK MEMBENTUK KEMBALI IKAPAL (IKATAN ALUMNI STM NEGERI PERKAPALAN) YANG TERDIRI DARI :
1. KUSPRIYATNO (ANGKATAN 1) (WAKIL) / 08123015287
2. HANDOYO (ANGKATAN 2) /081331923817
3. HENDRO K (ANGKATAN 3) /081332931277
4. BAIHAQI (ANGKATAN 4) (BENDAHARA)/081357042487
5. SARIM (ANGKATAN 5) (SEKERTARIS)/085645467467
6. M. ABDUL JUMALI (ANGKATAN 6) (KETUA) /03170743472
7. IRWAN HIDAYAT (ANGKATAN 7) /085730581908
8. SEPTI E.B.S (ANGKATAN 8) /081553717717
9. SLAMET YULIADI (ANGKATAN 9) /08563332663
10.AGUNG DENTO L. (ANGKATAN 10) /081331787028
11.HADI NASUTION (ANGKATAN 11) /081330994671
12.MARTEN S. (ANGKATAN 12) /085648187441
13.APRISETIAWAN (ANGKATAN 13) /085850003807
14.NUR AHMAD SHOLEH (ANGKATAN 14) /085746779187
15.JUAN V. (ANGKATAN 15) /085732972127
16.YANUAR ADI K. (ANGKATAN 16) /083857105562


YANG BERTUGAS UNTUK MEMBENTUK PENGURUS (IKATAN ALUMNI STM NEGERI PERKAPALAN) DAN ALHAMDULILLAH TELAH TERBENTUK DENGAN SUSUNAN :
1. ZAIM AL-IKHSANI (KETUA)
2. M. ABDUL JUMALI (WAKIL KETUA)
3. SARIM (SEKERTARIS)
4. BAIHAQI (BENDAHARA)
DAN 13 ORANG SEBAGAI KEPALA BIDANG YANG AKAN DITENTUKAN DALAM RAPAT DALAM WAKTU DEKAT


TERIMAKASIH

Contoh Soal Cerita -Matematika kelas 6, dari bank soal untuk latihan menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah


Carilah bilangan yang dimaksud pada soal-soal berikut.
1. Aku adalah bilangan kubik. Jika aku dikalikan dengan bilangan berapapun hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Berapakah aku?
2. Aku adalah bilangan kubik. Aku juga merupakan volume balok yang berukuran 20 × 45 × 30. Berapakah aku?
3. Aku adalah bilangan bulat. Jika aku dipangkatkan tiga dan ditambah dengan 2164 hasilnya 6260. Berapakah aku?
4. Aku adalah bilangan bulat. Jika aku dipangkatkan tiga dan dikali 8 hasilnya 4096. Berapakah aku?
5. Aku adalah bilangan bulat. Jika aku dipangkatkan tiga, aku lebih besar dari 11.000 tapi aku kurang dari 13.000. Berapakah aku?.......
...........Selengkapnya>> Contoh Soal Cerita -Matematika kelas 6, dari bank soal untuk latihan menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah

.

Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118