Tentang Buku Siswa
Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas VI
1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan
para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku
sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih
guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan
ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang
ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke
dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.
5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu
ke-4 diisi dengan berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan
gagasan pada subtema 1-3. Kegiatan pada minggu terakhir ini diarahkan untuk mengasah
daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman
belajar bermakna yang diterjemahkan melalui sub judul Ayo Cari Tahu, Ayo Belajar, Ayo
Ceritakan, Ayo Bekerja Sama, Ayo Berlatih, Ayo Amati, Ayo Lakukan, Ayo Simpulkan, Ayo
Renungkan, Ayo Kerjakan, Ayo Mencoba, Ayo Diskusikan, Ayo Bandingkan, Ayo Menulis,
Ayo Temukan Jawabannya, Ayo Menaksir, Ayo Berkreasi, Ayo Analisis, Ayo Kelompokkan,
Ayo Bernyanyi, Ayo Berpetualang, Tahukah Kamu, dan Belajar di Rumah.
7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas
belajar siswa di rumah.
8. Di setiap awal tema, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul Belajar di Rumah.
Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak
bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua dapat belajar dari
lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.
Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada
setiap akhir pembelajaran.
9. Buku siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para
siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
10. Guru dan siswa dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi
dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa. Pengembangan dan atau penambahan
kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada siswa terhadap
pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan.
Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan atau menambah kegiatan
sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sedapat mungkin memaksimalkan potensi semua
sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan
kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
12. Pada beberapa bagian dalam buku siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan
laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam
menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan.
Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.
(Disalin dari Buku Sekolah kelas 6 SD, Tema 4 Globalisasi)
ARSITEKTUR
Agama
Air
Akuntansi
Artikel
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bank Soal
Biologi
Budaya
Cerita
Cerpen
Fiksi
Fisika
Gizi
Internet
Kesehatan
Kesenian
Kimia
Komputer
Latihan Soal
Marketing
Matematika
Naskah Drama
Patiseri
Pengetahuan
Puisi
Resep Masakan
Sejarah
Sekretaris
Seks
Struktur
Teknologi
Tips
USAHA
bisnis
iklan
manajemen
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Hapus