Komunikasi
merupakan suatu proses yang mempunyai komponen dasar  sebagai berikut :
Pengirim pesan,
penerima pesan  dan  pesan
Semua fungsi
manajer melibatkan  proses komunikasi.
Proses komunikasi dapat dilihat pada
skema dibawah ini :  
Diagram Proses Komunikasi
1.      Pengirim pesan (sender) dan isi
pesan/materi
Pengirim pesan adalah orang
yang mempunyai ide  untuk disampaikan
kepada seseorang dengan harapan   dapat
dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.
Pesan adalah informasi yang akan disampaikan 
atau diekspresikan  oleh pengirim
pesan.  Pesan dapat verbal atau non
verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.
     
Materi pesan dapat berupa :
a.       Informasi
b.      Ajakan
c.       Rencana kerja
d.      Pertanyaan dan sebagainya
2.      Simbol/ isyarat 
Pada
tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat       dipahami oleh  orang lain. Biasanya seorang manajer
menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan,
kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan 
penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap,
perilaku atau menunjukkan arah tertentu.
3.      Media/penghubung 
Adalah alat untuk
penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar,  papan pengumuman, telepon dan lainnya.
Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan  yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan,
situasi dsb.
4.      Mengartikan kode/isyarat
Setelah  pesan diterima  melalui indera (telinga, mata dan seterusnya)
maka  si penerima pesan  harus dapat mengartikan  simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga
dapat dimengerti /dipahaminya.
5.      Penerima pesan 
Penerima pesan adalah
orang yang dapat memahami pesan  dari
sipengirim  meskipun dalam bentuk
code/isyarat  tanpa mengurangi arti pesan  yang dimaksud oleh pengirim 
6.      Balikan (feedback)
Balikan adalah isyarat
atau tanggapan yang berisi  kesan dari
penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang
pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal
ini penting  bagi manajer atau pengirim
pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar
dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang
bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya
merupakan balikan langsung  yang
mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan
itu akan dilaksanakan atau tidak 
Balikan yang diberikan
oleh orang lain  didapat dari pengamatan
pemberi balikan  terhadap perilaku maupun
ucapan penerima pesan. Pemberi balikan 
menggambarkan perilaku penerima pesan 
sebagai reaksi  dari pesan  yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk
memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu
untuk menumbuhkan  kepercayaan serta
keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.
7.      Gangguan
Gangguan bukan merupakan
bagian dari proses komunikasi  akan
tetapi mempunyai pengaruh dalam  proses
komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu kita.
Gangguan adalah  hal yang  merintangi atau menghambat  komunikasi 
sehingga penerima salah menafsirkan pesan  yang diterimanya.
Defini dan Tujuan KOMUNIKASI
HAMBATAN KOMUNIKASI
BENTUK KOMUNIKASI
JENIS KOMUNIKASI
 
 
 


 Share ke Pinterest . 


 
 


sangat bersyukur sekali ada orang yang mau merelakan waktu untuk memberikan pembelajaran melalui media informasi :) Terima kasih
BalasHapusmakasih materi pembekajaranya
BalasHapusap itu kah
BalasHapusmakasih ilmunya
BalasHapus👍
BalasHapusSangat Bermanfaat. Terima Kasih.
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusmaaksih banyak sudah share
BalasHapussolder uap tangan