Pendidikan Islam sesuai Fitrah Manusia

🏳🏴 *EDUVISA Consulting#001*
Bismillahirrahmanirrahim.

*Pendidikan Sesuai Fitrah Manusia*



Sesungguhnya pendidikan yang terjadi saat ini merupakan pendidikan yang Kapitalistik Sekuleristik. Orientasinya materi, pengelolaannya dikapitalisasi, outputnya sangat individualis namun dijauhkan dari agama.
Maka output nya pun sangat rawan kering ruhiyah, rapuh kepribadian nya, kurang daya tahannya, mudah goncang kejiwaannya.
Terkait penyakit gangguan kejiwaan ini, menurut laporan WHO tahun 2010 tentang Global Burden Disease, terjadi perubahan jenis penyakit yang jadi beban negara. Jika sebelumnya kematian ibu & anak yang paling besar, maka kini bergeser ke penyakit kronis termasuk penyakit gangguan kejiwaan. *Inilah hasilnya!* Inilah pendidikan yang dilakukan saat ini ternyata tidak mampu menguatkan fitrah manusia malah menjauhkannya.

*Sangat berbeda dengan Islam!*☝


Pendidikan Islam sangat sesuai dengan fitrah manusia.

Ada 4 fitrah yang disentuh dalam pendidikan Islam, yaitu:

👉 *1) Fitrah Manusia sebagai Makhluk Hidup.*
Sesungguhnya manusia berbeda dg makhluk yg lain, baik hewan, tumbuhan maupun makhluk abiotik. Kemampuan manusia berpikir & adanya ayat-ayat Al-Quran yg memerintah utk mengamati alam semesta, menyadarkan manusia bahwa dirinya hanyalah makhluk. Ada Al-Khaliq yg menciptakan dirinya & alam ini. Maka Islam menuntun manusia dalam mencari Al-Khaliq yg Haq, yakni Allah SWT. Maka pembelajaran apapun tdk boleh dilepaskan dari peran serta Al-Khaliq yakni Allah SWT. Hal ini akan mencegah munculnya ilmuwan-ilmuwan atheis!

👉 *2) Fitrah Manusia sebagai Hamba Allah SWT.*
Saat memahami dirinya sebagai makhluk, maka dia juga harus memahami apa fungsi makhluk. Yakni sbg hamba Allah yang beribadah kepada-Nya. Beribadah tidak hanya dlm tata cara yang khusus saja, namun seluruh aktivitas hidupnya untuk beribadah. Hal ini akan memberikan visi & misi hidup manusia secara benar!

👉 *3) Fitrah Manusia sebagai Laki-laki atau Perempuan.*
Islam memberikan identitas & perlakuan yang jelas terkait jenis kelamin. Karena masing-masing punya tugas yg umum & khusus. Untuk tugas khusus dilakukan agar *fitrah laki-laki memiliki jiwa qawwam*, sedangkan *fitrah perempuan memiliki jiwa Ummu wa rabbatul bait.*Dan ini dilakukan sejak anak lahir. Pendidikan seperti ini akan mencegah munculnya LGBT, menguatkan pondasi konsep keluarga & meminimalkan terjadinya perceraian!

👉 *4) Fitrah Manusia sebagai Khalifah di Bumi.*
Kemampuan manusia untuk berpikir menjadikan nya subyek kehidupan. Dalam Islam manusia diberi amanah sbg khalifah di bumi yag mampu mengelola bumi & isinya. Disinilah tsaqofah Islam menyediakan konsep-konsep pengelolaan alam dll.

Nah, dg konsep pendidikan Islam yg sesuai fitrah manusia ini maka siapapun yang belajar dengan metode pendidikan Islam, dia tidak akan bisa menolak:
√ keberadaan Allah SWT sebagai Al-Khaliq
√ kesempurnaan Islam & kebenaran Islam.

Pada akhirnya jika dia *kafir akan berubah menjadi muslim!* Dan jika dia *muslim akan menjadi muslim yang kafah!*

Wallahu a'lam []

By Aries Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118