Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah

Sumber daya alam dan kenampakan alam merupakan potensi daerah yang dapat digunakan untuk kegiatan ekonomi yakni untuk memenuhi kebutuhan manusia.


Jenis Kebutuhan Hidup

Makan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Jika tidak makan terus-menerus tentu manusia akan mati. Apakah manusia untuk hidup hanya butuh makan? Tentu saja tidak. Selain makan manusia juga butuh pakaian dan tempat tinggal. Selain itu manusia juga butuh kesehatan, sekolah dan sarana-sarana penunjang hidup lainnya.
Pada dasarnya kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua. Yakni kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan. Kebutuhan pokok merupakan  kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Jika kebutuhan pokok tidak dipenuhi maka manusia akan mati. Kebutuhan pokok harus selalu ada setiap hari.
Kebutuhan pokok disebut juga kebutuhan primer. Kebutuhan yang termasuk kebutuhan pokok antara lain pangan, sandang (pakaian), papan (tempat tinggal) dan kesehatan. Pakaian berfungsi terutama untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin. Sedangkan rumah atau tempat tinggal berfungsi untuk melindungi manusia dari cuaca buruk, binatang buas, untuk istirahat atau tidur. Dapatkah kamu menyebutkan fungsi lain dari pakaian dan rumah? Kebutuhan tambahan merupakan kebutuhan yang untuk pemenuhannya dapat ditunda. Jika tidak dapat memenuhi kebutuhan tambahan, manusia tidak terancam mati. Kebutuhan tambahan disebut juga kebutuhan sekunder.
Kebutuhan yang termasuk kebutuhan tambahan misalnya kendaraan, handphone, perhiasan dan rekreasi.

Kegiatan Ekonomi
Potensi Daerah
1. Potensi Alam
2. Potensi Sosial Budaya

--dari  Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 3/24/2012 06:08:00 AM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118