Re: [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah] Periode Sejarah di Indonesia

Secara umum sejarah manusia di dunia ini dibagi menjadi dua zaman atau periode. Yakni zaman sejarah dan zaman pra sejarah. Zaman sejarah adalah zaman dimana manusia sudah mulai mengenal tulisan. Sedangkan zaman pra sejarah merupakan zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Sejarah di Indonesia dibagi menjadi 6 zaman yakni :


1. Zaman Batu
Pada zaman ini manusia masih banyak menggunakan peralatan dari batu untuk membantu melakukan kegiatan seharihari.
Contohnya: Kapak Perimbas (kapak dari batu) untuk menggali dan memotong umbi-umbian. Untuk membuat api mereka menggesekgesekan dua buah batu


2. Zaman Logam
Pada zaman ini manusia sudah mulai mengenal logam. Logam digunakan untuk membuat peralatan hidup dan perhiasan. Logam yang banyak dikenal antara lain besi dan emas.


3. Zaman Hindu-Budha
Zaman ini merupakan zaman masuk dan berkembangnya ajaran Hindu-Budha. Zaman ini ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Budha. Misalnya Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Singosari, dan Majapahit. Pada zaman ini banyak dibangun candi, keraton, dan patung.


4. Zaman Islam
Pada zaman ini ajaran Islam masuk dan berkembang. Zaman ini ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan Islam di nusantara. Contohnya Kerajaan Samudera Pasai, Aceh, Demak, Banten, dan Ternate. Pada zaman ini banyak dibangun masjid dan makam.


5. Zaman Kolonial atau Penjajahan
Zaman ini merupakan zaman dimana nusantara dikuasai oleh bangsa-bangsa penjajah, seperi Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Pada zaman ini, di Indonesia diwarnai perjuangan dan perlawanan melawan penjajah. Pada zaman ini banyak dibangun benteng serta dibuat senjata api, seperti meriam.

6. Zaman Indonesia Modern
Zaman ini merupakan zaman Indonesia setelah merdeka dari penjajah hingga sekarang.

dari  Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini