Mendatangkan Pengunjung Baru dan Membuat Pengunjung Datang Kembali dan Kembali lagi

Blus Puff Pink
Apapun bisnis kita, pengetahuan tentang blog, bagaimana mengoptimalkan fungsinya, dan hal lainnya, sangat penting untuk kita ketahui. Salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana cara mendatangkan pengunjung, dan bagaimana membuat pengunjung datang lagi.

Tulisan berikut saya salin dari salah satu modul yang dijual di RahasiaBlogging.comyang disusun oleh InfoKreatif. Untuk lebih lengkapnya kita bisa beli buku dan panduannya melalui web tersebut.
Mendatangkan Pengunjung Baru

Jika anda baru memulai blog, tugas awal anda sebagai seorang blogger adalah mendatangkan pengunjung baru. Pada posisi ini, blog anda belum dikenal. Orang tidak tahu akan keberadaan blog anda. Di sini, anda tidak bisa mengharapkan rekomendasi dari siapapun agar ada orang baru mengunjungi dan membaca materi blog anda.

Ini adalah tahap paling membosankan dan menyita waktu. Saya tidak bilang tahap ini sulit… karena memang cara mendatangkan pengunjung baru itu mudah. Namun anda butuh konsistensi. Akibatnya, karena pekerjaan ini mudah namun harus dilakukan secara konsisten, kebanyakan blogger akan menjadi bosan. Mereka merasa harus melakukan kegiatan rutin untuk mengumpulkan sejumput demi sejumput pengunjung baru. Mereka jadi tidak sabar, dan akhirnya berhenti.

Jangan sampai hal ini terjadi pada anda. Pahami dulu bahwa apa yang anda lakukan saat ini adalah sebuah proses. Jika anda harus mengumpulkan sedikit demi sedikit pengunjung, pahamilah bahwa itu hanya sementara. Semakin lama anda berjalan, tugas anda akan semakin ringan. Nanti saya akan jelaskan mengapa bisa demikian.

Nah, untuk mendatangkan pengunjung baru, anda bisa melakukan berbagai cara.

Namun cara-cara yang menurut saya sangat efektif adalah:

- Sering berkomentar di blog lain

- Bertukar link dengan blogger lain

- Menyebarkan artikel anda di sebanyak mungkin tempat

- Mengoptimasi blog untuk meraih posisi teratas hasil pencarian google.

- Atau bahkan membeli traffic.

Cara-cara di atas sudah pernah saya lakukan hampir seluruhnya. Lalu, bagaimana cara terbaik melakukannya, nanti akan kita bahas di masing-masing strategi perolehan traffic tersebut.

Membuat Pengunjung Datang Kembali dan Kembali lagi

Setelah pengunjung baru datang, mereka akan membaca blog anda. Mulai dari sini urusan akan jadi panjang. Anda harus melihat kebelakang. Sebelum mereka datang, anda harus melakukan persiapan sedemikian rupa agar orang-orang yang sudah anda giring dengan susah payah ke blog anda, mau membaca dan menyukai content blog anda.

Mereka baru mau kembali ke blog anda jika content anda bermanfaat. Jika mereka tidak menemukan manfaat apapun di blog anda, maka jangan harap mereka akan kembali. Inilah tugas anda untuk dengan hati-hati memberikan apa yang benarbenar menjadi manfaat untuk para prospek anda. Berikan yang mereka mau, dan dijamin anda akan disukai.

Hal-hal yang bisa anda lakukan adalah:

- Buat topik yang menarik.

- Tulis headline yang memikat.

- Tulis artikel yang penuh manfaat.

Untuk pembahasan ini sudah kita korek habis-habisan di modul CONTENT.

Selain anda melihat ke belakang, anda juga harus melihat ke depan. Maksudnya apa? Sebelum pengunjung datang anda harus sudah menyediakan content yang menarik. Kita sudah tahu itu. Tapi bagaimana setelah pengunjung datang, apa yang bisa anda tawarkan ke mereka sehingga mereka mau kembali lagi? Bukan karena content, tapi karena hal lain.

Ciptakan “sesuatu” yang bisa membuat mereka agar mau datang lagi. Pikirkan sebaik-baiknya apa saja yang bisa anda lakukan untuk membuatnya kembali.

Beberapa diantaranya, anda bisa lakukan:

- Kirim email ke mereka setiap artikel baru anda diposting.

- Tawarkan bonus untuk mereka yang berpartisipasi komentar.

- Buat kuis atau questionaire di blog anda.

Sebenarnya ada banyak cara kreatif lainnya. Nanti kita akan bahas tuntas soal ini.

Tapi yang paling penting adalah, semua pengunjung berulang anda pada mulanya adalah pengunjung baru. Tugas anda sebagai pemilik blog adalah, menyulap sebanyak mungkin pengunjung baru menjadi pengunjung berulang. Semakin tinggi prosentasenya, maka akan semakin besar pula jumlah pengunjung berulang yang anda terima. Dan semakin epat pertumbuhan traffic blog anda.

Repeat Visitors = N% x New Visitors

Di mana N adalah prosentase perubahan pengunjung baru menjadi pengunjung berulang.

Mari kita bahas dalam contoh:

Misalnya dari usaha periklanan, seo, dan sebagainya anda bisa mendatangkan 100 pengunjung baru setiap hari. Kita asumsikan, 100 adalah jumlah pengunjung baru setiap hari. Jika di setiap 100 pengunjung anda bisa menyulap 10%nya menjadi pengunjung berulang, maka hari berikutnya anda akan memiliki 10 orang (10% x 100) pengunjung berulang. Sehingga total pengunjung anda hari itu adalah 110 orang.

Hari berikutnya, rumus yang sama akan terjadi lagi. Begitu seterusnya hingga anda memiliki lebih banyak pengunjung berulang.

- Hari 1: 100

- Hari 2: 100 + (10% x 100) = 110

- Hari 3: 100 + 10 + (10% x 100) = 120

- Hari 4: 100 + 10 + 10 + (10% x 100) = 130 dan seterusnya.

Dan semakin lama ini berlangsung, anda akan punya jauh lebih banyak repeat visitor daripada new visitor hasil promosi anda. Jika kita rumuskan, pengunjung harian anda adalah seperti ini:

Daily Visitors =

New Visitors + Repeat Visitors

Semakin besar prosentase convert/sulap anda, maka akan semakin banyak pengunjung berulang yang anda punya. Dan hanya dengan cara inilah anda bisa mendapatkan tambahan traffic barudan semakin bertambah setiap hari. Selain itu, pengunjung berulang adalah aset anda yang sangat berharga, karena di antara mereka akan lahir pengunjung-pengunjung loyal yang akan membantu anda menghasilkan pengunjung-pengunjung baru lebih banyak lagi.

________________

Semoga berguna, lebih lengkap bisa dibeli bukunya di RahasiaBlogging-nya InfoKreatif

-

1 komentar:

  1. Terimakasih Informasinya ya gan.... Semoga sukses di website Baju Gamis kami

    padahal kami sedang mencari informasi feed burner.. eh nyantolnya kesini.. dahsyat SEO nya...

    BalasHapus

busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini