Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan mesti dirawat sebaik-baiknya, karena jika terjadik erusakan akan sangat berat dan sulit untuk memperbaikinya. Dibawah ini ada beberapa tindakan menjaga dan merawat saluran pencernaan dan cara mencegah penyakit saluran pencernaan.
1. Mencuci tangan secara cermat dengan sabun dan air sebelummenyentuh makanan.

2. Makanan sebaiknya yang higienis.
3. Makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan gizi yang cukup dan seimbang.
4. Makan dalam suasana yang santai tidak tergesa-gesa. Tidaklah dianjurkan makan dalam keadaan tegang atau gugup.
5. Jangan asal menelan, ambil cukup waktu mengunyah sehingga tercampur dengan saliva baru kemudian menelan. Istirahat beberapa menit setelah makan untuk memberi kesempatanpencernaan melaksanakan tugasnya.
6. Makanan cukup sederhana namun mengandung segala keperluan tubuh, termasuk sayuran dan buah segar.
7. Hindari kegiatan mental atau berpikir yang berat setelah makan.
Soalnya darah sebagian besar dialirkan ke perut untuk mencernamakanan sehingga waktu berpikir menjadi tidak efisien.
8. Agar lancar buang air besar dianjurkan mengkonsumsi makananberserat setiap harinya dan hindari makanan yang menyebabkansembelit seperti keju, roti putih, dan makanan yang rendah residunya. Makan makanan yang cukup mengandung sayurankarena sayuran banyak mengandung serat kasar. Dalam bahasaInggris makanan seperti itu disebut roughages, terdiri dari sayursayuranyang berserat-serat, kulit buah-buahan, jagung, dan lainlain.
Dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah, buang air besar (BAB) menjadi lancar. Serat yang terdapat di dalamkeduanya bisa mendorong tinja untuk keluar. Karena itu, anakatau orang dewasa yang kurang mengkonsumsi buah dan sayurbiasanya akan mengalami kesulitan dalam buang air besar. Kalaumakanan yang dikonsumsi banyak mengandung serat, maka sisamakanan relatif mampu menyerap air sehingga kotoranmengembang, volumenya bertambah dan reflek BAB terjadi setiaphari. Ini merupakan pola yang sehat karena kotoran dapat segeradibuang dari tubuh. Masa transit kotoran pun menjadi lebihsingkat karena pembuangan kotoran berlangsung setiap hari.
Tetapi jika konsumsi makanan miskin serat akibatnya sisamakanan yang menumpuk di rektum jadi lebih lama. Untukmembuangnya memerlukan waktu sampai volumenya cukup
untuk merangsang berak. Akhirnya terjadilah sembelit dan susahbuang air besar karena kotoran berhenti bahkan mengeras.
Kalaupun bisa dikeluarkan biasanya akan berbentuk sepertikotoran kambing. Usus besar pun akan bekerja lebih berat. Takjarang buang air besar harus disertai mules-mules terlebih dahulu
untuk mendorong kotoran yang menumpuk itu. Kalau sampaiterjadi berhari-hari tak bisa buang kotoran, dapat dibayangkanbagaimana akibatnya.
9. Jangan menahan-nahan bila mau BAB. Biasakan diri buang air besar pada waktu-waktu yang tertentu. Pengaruh sembelit pada tubuh. Orang yang sering-sering menderita sembelit sering tidak merasa sehat badannya, pusing-pusing. Hal ini desebabkan karena ada zat-zat yang sebenarnya harus sudah dikeluarkan, diserap kembali oleh usus. Ada yang beranggapan, bahwa sembelit lama-lama dapat mengakibatkan tumor usus, apendisitis,luka-luka pada usus dan sebagainya. Hal ini belum atau tak dapatdinyatakan kebenarannya. Yang terang terdapat ialah penyerapankembali dari zat-zat yang harusnya sudah hilang. Bila hal ini berlangsung terus menerus, tentu tubuh akan menderita.

5 komentar:


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118