Ciri Khusus pada Hewan -Kelelawar -Cicak -Bebek -Unta

Yuk, kita bahas tentang hewan-hewan unik dan punya ciri khusus yang menarik perhatian kita. Mulai dari kelelawar, cicak, bebek, dan unta yang menarik dan bikin kita penasaran. Ada apa saja ya ciri khusus dari hewan-hewan tersebut?
Pertama, ada hewan yang terkenal dengan sayapnya yang besar, yaitu kelelawar. Ciri khusus dari kelelawar ini adalah hewan ini punya kemampuan terbang. Iya bener, kelelawar bisa terbang di malam hari dengan menggunakan sayap-sayapnya yang besar. Kelelawar juga punya kemampuan untuk mengeluarkan suara ultrasonik yang membantu mereka dalam menemukan mangsa atau menghindari halangan saat terbang. Keren banget kan?

Kedua, ada cicak yang sering kita temukan di sekitar rumah. Ciri khusus dari cicak ini adalah kemampuan mereka untuk memanjat dinding dan plafon. Cicak punya jari-jari yang lengket, sehingga memudahkan mereka untuk memanjat ke atas atau merayap di dinding dan plafon. Selain itu, cicak juga punya kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya, terutama saat sedang mencari makan atau dalam situasi yang mengancam.

Ketiga, ada bebek yang menjadi hewan ternak yang populer di Indonesia. Ciri khusus dari bebek adalah kemampuan mereka untuk berenang dan menyelam di air. Selain itu, bebek juga punya kemampuan untuk mencari makan di air, seperti ikan dan serangga yang hidup di sekitar air. Bebek juga memiliki kemampuan untuk terbang, meskipun tidak sejauh kelelawar.

Terakhir, ada unta yang biasanya ditemukan di daerah gurun atau padang pasir. Ciri khusus dari unta adalah kemampuan mereka untuk bertahan hidup di daerah yang kering dan tandus. Unta punya kemampuan untuk menyimpan air dalam tubuhnya, sehingga bisa bertahan hidup tanpa minum air selama beberapa waktu. Selain itu, unta juga punya kaki yang besar dan lebar, sehingga memudahkan mereka untuk berjalan di atas pasir atau tanah yang keras.

Nah, itu tadi ciri khusus dari kelelawar, cicak, bebek, dan unta. Hewan-hewan tersebut memang unik dan menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Siapa tahu, masih banyak lagi hewan-hewan unik dan punya ciri khusus lainnya yang belum kita ketahui.

Kelelawar
Kita jarang melihat kelelawar terbang pada siang hari, karena hewan ini hidup pada malam hari. Kelewar termasuk hewan mamalia, yaitu hewan yang menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan ini sangat unik, karena kemampuannya dalam terbang dan mencari makan pada malam hari.
Kelelawar banyak dijumpai di gua yang sangat gelap. Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, kelelawar menggunakan sistem sonar. Kelelawar mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin. Kemudian, ia mendengarkan bunyi pantul tersebut dengan indra pendengarannya. Dengan cara itu, kelelawar dapat mengetahui letak suatu benda dengan tepat, sehingga kelelawar mampu terbang dalam keadaan gelap tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya.
Kemampuan kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi. Ciri khusus lain dari kelelawar adalah kemampuan terbangnya. Hewan mamalia ini dapat terbang karena memiliki selaput kulit yang tipis terdapat di antara tulang lengannya. Ciri lain yang dimiliki hewan ini, yaitu posisi tidur pada siang hari dengan cara menggantung dan posisi badan yang terbalik.


Cicak
Cicak termasuk hewan melata. Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.
Ciri lain dari cicak adalah kemampuan memutuskan ekornya. Hal ini dilakukan cicak untuk melindungi diri dari musuhnya. Cicak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cicak dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri. Untuk memperoleh makanan, cicak mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.

Bebek
Ciri khusus yang menarik pada hewan berikutnya adalah bebek. Hewan ini memiliki berbagai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air.
Adapun ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.
Bebek mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.
Selain lapisan minyak pada tubuh bebek, hewan ini mempunyai ciri khusus berupa kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika kita perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.

Unta
Unta merupakan salah satu "makhluk hidup istimewa". Hal ini disebabkan struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun.
Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Selain itu, unta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup.
Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir.Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung.
Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Dengan demikian, unta dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air.
Kaki unta memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus "diciptakan" untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas. Unta diciptakan dengan ciri-ciri khusus fisik yang luar biasa untuk membantu umat manusia. Umat manusia sendiri diwajibkan untuk bersyukur atas penciptaan di seluruh jagat raya ini.

dari buku sekolah....

25 komentar:

  1. seohyun_stella_snsd_sm entertaiment28 Juli 2011 pukul 18.49

    kan kelelawar hewN Mmalam jd trmsuk hwan ap..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hewan nokturnal

      Hapus
    2. nokturnal:hewan yg aktif pd mlm hr

      Hapus
  2. toplong tambahin ciri ciri hewan yang lain supaya lebih muda untuk di pelajari sama kita semua

    BalasHapus
  3. Seohyun_stella_snsd_sm entertainment
    Kelelawar termasuk hewan noktural. Yaitu hewan yg aktif pada malam hari.

    BalasHapus
  4. indera apakah yg digunakan kelelawar untuk mengenali makanannya???


    AYO JAWAB OK!!!

    BalasHapus
  5. mkasih ya ciri ciri nya ...

    BalasHapus
  6. KEREN...GW BISA KEBANTU DGN INI

    BalasHapus
  7. Gomawo^^ bwt yg ngebikin ini blog. Soalnya I disuruh sama guru I bwt bikin kliping tentang ciri2 hewan. Gomawo Oppa/Eunnie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus, silakan datang kembali ya.
      semoga nanti sudah ada yang baru untuk kamu :suip:

      Hapus
  8. kelelawar itu bermetamorfosis atau enggak?https://lh6.googleusercontent.com/-hIVRIc7IAJw/T2WEaO5ASUI/AAAAAAAACaw/FLmCvzeMSbc/s36/15.gif

    BalasHapus
  9. Jerapah ciri khususnya apa dan kegunaanya ?

    BalasHapus
  10. mengapa kelelawar bisa terbang

    BalasHapus
  11. Apasih istilah hewan merayap dan hewan yg punya lidah panjang n lengket?

    BalasHapus

Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118