Prinsip Cara Kerja Air Conditioner

Mendukung Stop Dreaming Start Action
 Sistem dan mekanisme AC banyak dikembangkan oleh para ahli, dan setiap perusahaan produsennya menawarkan berbagai keunggulan dalam setiap sistem yang dipakai. Keunggulan yang ditawarkan biasanya dalam hal pengoperasian dan energi yang digunakan baik sistem yang di luar ruangan (outdoor) juga sistem di dalam ruang (indoor). Secara garis besar prinsip kerja air conditioner adalah sebagai berikut:

1. Udara di dalam ruangan dihisap oleh kipas sentrifugal yang ada dalam evaporator dan udara bersentuhan dengan pipa coil yang berisi cairan refrigerant. Dalam hal ini refrigerant akan menyerap panas udara sehingga udara menjadi dingin dan refrigerant akan menguap dan dikumpulkan dalam penampung uap.

2. Tekanan uap yang berasal dari evaporator disirkulasikan menuju kondensor, selama proses kompresi berlangsung, temperatur dan tekanan uap refrigerant menjadi naik dan ditekan masuk ke dalam kondensor.

3. Untuk menurunkan tekanan cairan refrigerant yang bertekanan tinggi digunakan katup ekspansi untuk mengatur laju aliran refrigerant yang masuk dalam evaporator.

4. Pada saat udara keluar dari condensor udara menjadi panas. Uap refrigerant memberikan panas kepada udara pendingin dalam condensor menjadi embun pada pipa kapiler. Dalam mengeluarkan panas pada condensor, dibantu oleh kipas propeller.

5. Pada sirkulasi udara dingin terus-menerus dalam ruangan, maka perlu adanya thermostat untuk mengatur suhu dalam ruangan atau sesuai dengan keinginan.

6. Udara dalam ruang menjadi lebih dingin dibanding diluar ruangan sebab udara di dalam ruangan dihisap oleh sentrifugal yang terdapat pada evaporator kemudian terjadi udara bersentuhan dengan pipa/coill evaporator yang didalamnya terdapat gas pendingin (freon). Di sini terjadi perpindahan panas sehingga suhu udara dalam ruangan relatif dingin dari sebelumnya.

7. Suhu di luar ruangan lebih panas dibanding di dalam ruangan, sebab udara yang di dalam ruangan yang dihisap oleh kipas sentrifugal dan bersentuhan dengan evaporator, serta dibantu dengan komponen AC lainnya, kemudian udara dalam ruangan dikeluarkan oleh kipas udara kondensor. Dalam hal ini udara di luar ruangan dapat dihisap oleh kipas sentrifugal dan masuknya udara melalui kisi-kisi yang terdapat pada AC.

8. Gas refrigerant bersuhu tinggi saat akhir kompresi di condensor dengan mudah dicairkan dengan udara pendingin pada sistem air cooled atau uap refrigerant menyerap panas udara pendingin dalam condensor sehingga mengembun dan menjadi cairan di luar pipa evaporator.

9. Karena air atau udara pendingin menyerap panas dari refrigerant, maka air atau udara tersebut menjadi panas pada waktu keluar dari kondensor. Uap refrigerant yang sudah menjadi cair ini, kemudian dialirkan ke dalam pipa evaporator melalui katup ekspansi. Kejadian ini akan berulang kembali seperti di atas.

Mendukung Stop Dreaming Start Action

Terima kasih: : Amanah JayasteelPagar Omasae, OmaSae, -JayaSteel-
.

20 komentar:

  1. Ac adalah alat pertukaran kalor sehingga uap gas berubah menjadi uap cair..

    BalasHapus
  2. Ac adalah alat pertukaran kalor,uap gas menjadi uap cair.....sehinggah menimbulkan suhu yang dingin,,,,,

    BalasHapus
  3. AC itu prinsip kerjanya simple kok...cuma freon ditiup huuuuft...jadi deeh dingin...gampang kan...?AC itu prinsip kerjanya simple kok...cuma freon ditiup huuuuft...jadi deeh dingin...gampang kan...?

    BalasHapus
  4. mau nanya bos...klo thermostat sudah open...atau memerintahkan AC mati...maka yg diperintahkan mati motor compressornya ato kipas kondensernya??

    BalasHapus
  5. thanks infonya sangat membantu saya

    BalasHapus
  6. thanks infonya sangat membantu

    BalasHapus
  7. jadi jadi udara yang disemburkan AC ya udara dari ruangan itu juga? jadi klo ruangan tidak ada ventilasi ya udaranya muter2 doang, dingin tapi CO2nya nambah?

    BalasHapus
  8. halo aku dari Timor leste aku lagi ada servise Ac, aku lagi cari tenaga teknisi ahli dalam perbaikan Ac mobil, window, split ac, kulkas, mesin cuci pakain dan ac, kalo adayg tertarik kita bisa negosiasi linksoca@gmail.com

    BalasHapus
  9. Kenapa dari ac ada tetesan air?

    BalasHapus
  10. Kenapa dari ac ada tetesan air?

    BalasHapus
  11. thanks infonya sangat bermanfaat gan salam kenal dari Service AC Surabaya, Service AC Sidoarjo

    BalasHapus
  12. Very nice post. I just stumbled upon your blog and
    wished to say that I have truly enjoyed browsing your blog posts.
    In any case I will be subscribing to your rss feed and I hope you write
    again very soon!

    BalasHapus
  13. DAEWOO SPLIT AC Issue = Strange smells happen.

    BalasHapus
  14. I enjoy this fishfinder. Exceptional job. All in a single app.

    BalasHapus
  15. Hello, i think that i saw you visited my weblog thus i came to “return the favor”.I'm attempting to find things to enhance my website!I suppose its ok
    to use some of your ideas!!

    BalasHapus
  16. Thanks for the marvelous posting! I truly enjoyed reading it,
    you will be a great author.I will be sure to bookmark your blog and will eventually come
    back at some point. I want to encourage continue your great writing, have a nice holiday weekend!

    BalasHapus
  17. Hi there colleagues, its fantastic piece of writing on the topic of
    teachingand completely defined, keep it up all the time.

    BalasHapus

Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118